sign up SIGN UP

SKINCARE

Hati-Hati! Deretan Makanan Ini Bikin Jerawat Semakin Parah

Sylvia Yuliasar | Selasa, 13 Oct 2020 09:30 WIB
Hati-Hati! Deretan Makanan Ini Bikin Jerawat Semakin Parah
caption

Jerawat merupakan masalah kulit paling umum yang dialami kebanyakan orang baik pria maupun wanita. Munculnya jerawat bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor di antaranya hormon, kotoran atau debu, sebum, pori-pori yang tersumbat dan stres.

Selain karena faktor yang sudah disebutkan tadi, ternyata makanan juga menjadi sumber munculnya jerawat. Kamu pasti pernah mendengar istilah “You are what you eat” bukan?

Dari istilah tersebut kita sadar jika makanan yang kita makan akan berpengaruh besar dengan kondisi kulit kita. Makanan juga bisa memicu jerawat jadi semakin parah lho. Apa saja jenis makanan yang bisa membuat jerawat semakin parah? Berikut ini deretan makanan yang harus kamu waspadai.


Makanan dengan Kandungan Karbohidrat Olahan

Makanan yang mengandung karbohidrat olahan bisa memperparah jerawat
kue / pexels.com by Lisa Fotios

Hampir semua orang paham kalau makanan olahan itu nggak baik untuk kesehatan termasuk kulit. Tapi belum banyak yang tahu kalau makanan dengan karbohidrat olahan seperti roti, kue kering, pasta dan sereal juga nggak bagus untuk kulit sehingga dapat memperparah jerawat di wajah.

Makanan dengan karbohidrat olahan dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang mana dapat meningkatkan aktivitas hormon androgen. Dengan begitu produksi sebum akan meningkat sehingga bisa menyebabkan kulit berjerawat.

Dairy atau Produk Susu Olahan

Keju bisa memperparah jerawat
Keju / pexels.com by Steve

Bagi kamu pecinta keju, yoghurt, es krim dan produk susu olahan lainnya, sebaiknya mulai sekarang harus lebih membatasi konsumsi makanan dan minuman dairy tersebut. Produk olahan susu ini dapat menstimulasi hormon yang mirip dengan insulin. Hormon inilah yang menjadi penyebab jerawat kamu semakin parah.

Cokelat

Cokelat bisa memperparah jerawat
Cokelat / unsplash.com by Heather B

Kalau lagi galau dan sedih, cokelat memang bisa jadi penenang untuk kita. Sayangnya, cokelat atau cemilan yang mengandung cokelat biasanya mengandung gula dan susu yang tinggi sehingga hal itu menyebabkan jerawat yang muncul jadi semakin meradang.

Seafood

Seafood bisa memperparah jerawat
Seafood / pexels.com by Terje Sollie

Salah satu makanan yang nggak terduga dapat membuat jerawat semakin parah ialah seafood. Seafood merupakan makanan yang mengandung iodine yang tinggi jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Hal ini yang dapat menjadi penyebab jerawat di wajah jadi semakin parah.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id