sign up SIGN UP

SKINCARE

Hati-hati, Kebiasaan Buruk Sehari-hari Ini Sebabkan Jerawat Batu di Dagu

Kiki Herlina | Kamis, 17 Oct 2019 04:00 WIB
Hati-hati, Kebiasaan Buruk Sehari-hari Ini Sebabkan Jerawat Batu di Dagu
caption
Tumbuhnya jerawat batu di dagu memang bikin penampilan jadi tidak oke. Bukan datang tanpa sebab Ladies, berikut beberapa kebiasaan buruk sehari-hari yang sebabkan jerawat batu muncul di dagu!

1. Tidak Menjaga Kebersihan Wajah dengan Baik


Foto: Istimewa

Jerawat batu di dagu bisa muncul karena kamu tidak menjaga kebersihan wajah dengan benar. Mungkin secara tidak sadar, kamu hanya memberikan fokus ke daerah pipi saja, sehingga bagian dagu tidak tersentuh secara maksimal. Padahal, dagu juga memiliki pori-pori yang perlu mendapat perhatian juga. 

Selain itu, biasakan untuk tidak membersihkan muka hanya dengan sabun pembersih saja. Namun aplikasikan pembersih makeup juga. Kemudian, sederet skincare seperti tonner, acne pad dan lain-lain juga perlu kamu pakai, supaya tidak mudah terkontaminasi debu dan kotoran penyebab jerawat. Jadi, jangan lagi malas membersihkan seluruh bagian wajah ya, Ladies


2. Faktor Perubahan Hormon


Foto: Istimewa

Penyebab jerawat batu didagu yang selanjutnya adalah faktor perubahan hormon. Mungkin, Ladies pernah mengalami jerawat batu didagu, hanya pada saat menstruasi saja? Itu adalah pertanda bahwa tubuh kamu sedang mengalami perubahan hormon.

Biasanya saat sedang haid, kadar hormon androgen meningkat secara drastis. Menyebabkan kelenjar minyak diproduksi secara berlebihan. Alhasil pori-pori diwajah jadi tersumbat, dan jerawat mulai muncul. Apalagi jika kamu tidak menjaga kebersihan diwajah secara rutin. Jerawat batu didagu akan muncul lebih parah dibanding yang seharusnya. 

3. Rambut yang Tumbuh Ke Dalam


Foto: Istimewa

Ini adalah faktor penyebab jerawat batu yang dialami oleh para Pria. Biasanya, hal ini didukung karena mereka salah melakukan cukur rambut disekitar dagu. Alhasil, rambut jadi tumbuh ke dalam, dan menyebabkan peradangan berubah sebuah benjolan.

Benjolan tersebut sering dikira jerawat, padahal bukan. Enggak heran, jika benjolan yang dikira jerawat tersebut tidak bisa hilang bahkan ketika kamu sudah melakukan berbagai treatment menggunakan obat-obat anti jerawat. 


4. Cara Mengatasi Jerawat di Dagu


Foto: Istimewa

Selain rutin menjaga kebersihan wajah, kamu juga perlu mengkonsultasikannya ke dokter kulit jika jerawat batu di dagu sudah terlihat cukup parah. Ini adalah hal penting yang harus dilakukan, jika ingin jerawat batu tersebut segera teratasi. 

Kemudian, kamu juga bisa pakai obat jerawat yang mengandung retinoic acid, benzoil peroksida, dan antibiotik topical untuk mengurangi peradangan akibat jerawat batu. Namun, obat jerawat yang memiliki kandungan tersebut, harus dipakai dalam pengawasan dokter ya, Ladies. 

Dan lagi, jangan sekali-kali memencet jerawat yang muncul di dagu. Karena hal tersebut, hanya akan membuat jerawat semakin meradang. Kompres saja menggunakan air dingin, selama 5 menit dan lakukan secara rutin. 


5. Cara Mencegah Munculnya Jerawat Di Dagu


Foto: Istimewa

Terakhir, lakukan cara-cara ini supaya jerawat batu di dagu tidak muncul lagi. 

        
  1. Hindari makanan berminyak dan makanan yang mengandung gula berlebih.
  2.     
  3. Jangan terlalu merasa stress. Jika dirasa pikiranmu sudah terlalu lelah, carilah aktivitas yang bisa menghibur diri. Seperti menonton film, hangout bersama teman, dll.
  4.     
  5. Hindari menyentuh wajah dengan tangan atau jari-jari secara berlebihan.
  6.     
  7. Ganti sprei dan sarung bantal secara berkala, supaya tetap bersih.
  8.     
  9. Gunakan tabir surya bebas minyak secara teratur.
Jika semua rangkaian solusi dan cara mencegah diatas sudah dilakukan secara rutin, maka saatnya untuk bilang 'bye' kepada jerawat di dagu. 
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id