sign up SIGN UP

SKINCARE

Hati-Hati Pakai Masker Kunyit! Hindari 5 Kesalahan Ini Biar Wajah Gak Kuning

Budi Rahmah Panjaitan | Rabu, 28 Oct 2020 11:30 WIB
Hati-Hati Pakai Masker Kunyit! Hindari 5 Kesalahan Ini Biar Wajah Gak Kuning
caption

Kunyit adalah salah satu bahan alami yang dikenal mempunyai banyak khasiatnya. Tidak hanya sebagai rempah masakan, kunyit juga bisa digunakan untuk mempercantik kulit. Kandungan antioksidan yang tinggi serta sifat anti inflamasi di dalamnya merupakan dua hal yang tidak terbantahkan. Salah satu cara memanfaatkannya yang cukup sering digunakan pada bidang kecantikan ialah dengan menggunakannya sebagai masker.

Meskipun demikian, baru-baru ini terdapat kejadian cukup memberi warning dalam hal pemakaian masker kunyit. Hal ini memang tidak terlepas dari kesalahan penggunaannya. Penasaran seperti apa kejadiannya dan apa saja kesalahan yang harus dihindari ketika menggunakan masker kunyit? Simak selengkapnya di bawah ini.

Kejadian Viral Penggunaan Masker Kunyit               

viral di twitter, @ibuibuyakult memperlihatkan wajahnya yang tetap menguning walaupun sudah membilas masker kunyit
masker kunyit/twitter.com/ibuibuyakult

Penggunaan masker kunyit belum lama ini menjadi salah satu peristiwa viral di media sosial Twitter. Hal ini bermula saat akun @ibuibuyakult mengunggah foto seorang wanita yang tampak seperti masih menggunakan masker kunyit. Namun ternyata, dari keterangan fotonya diketahui bahwa wanita itu sudah membersihkan masker kunyit yang dipakainya.

“Kata mama kunyit bagus dipake buat maskeran tapi kenapa KUNINGNYA NGGA BISA ILANG allahuakbar" tulis akun tersebut.

Hal ini mengundang banyak komentar hingga jumlah reetweet postingannya lebih dari 11 ribu. Banyak warganet yang merasa lucu dengan kejadian tersebut karena menganggapnya sebagai hal yang kocak dan ada juga yang menyarankan cara penggunaan masker kunyit yang tepat. Ternyata dengan segala usaha, akhirnya wanita dalam  foto itu berhasil menghilangkan warna kuning bekas masker kunyit yang dipakainya dua hari kemudian.

Mulai dari micellar water, olive oil, putih telur hingga tisu basah turut menjadi serangkaian bahan pembersih yang digunakannya. Usut punya usut, penggunaan masker kunyit yang dilakukan wanita tersebut memiliki durasi waktu cukup lama. Ia diketahui menggunakan masker tersebut mulai pukul 19.30 sampai pukul 22.00.  

Nah, ternyata penggunaan masker kunyit juga tidak sembarangan lho. Untuk itu, kamu harus tahu hal-hal yang harus dihindari berikut ini:

Mencampur dengan Bahan yang Tidak Perlu

Air, susu dan rose water bisa kamu jadikan pilihan yang tepat sebagai bahan campuran.
campuran masker/freepik.com

Kesalahan pertama yang harus kamu hindari ketika menggunakan masker kunyit adalah mencampurnya dengan bahan yang tidak perlu. Ya, kunyit merupakan bahan alami yang cukup kuat sehingga memilih campurannya juga harus seksama.

Air, susu dan rose water bisa kamu jadikan pilihan yang tepat sebagai bahan campuran. Masukkan ketiga-tiganya ketika kamu membuat masker kunyit. Dengan begitu, manfaat yang diperoleh bisa lebih maksimal.

Membiarkan Masker Terlalu Lama

Perlu kamu garisbawahi bahwa durasi penggunaan masker kunyit ini tidak boleh lebih dari 20 menit
durasi pakai masker/freepik.com

Selanjutnya adalah membiarkan masker kunyit terlalu lama menempel di wajah. Perlu kamu garisbawahi bahwa durasi penggunaan masker kunyit ini tidak boleh lebih dari 20 menit. Hal ini dilakukan guna menghindari warna kuning kunyit yang akan menempel kuat di wajah sehingga sulit dibersihkan.

Seperti hal nya kesalahan yang dilakukan wanita di media sosial twitter tersebut, durasi pemakaian maskernya memang melebihi ketentuan yang dianjurkan. Jika tidak mau bernasib sama, jangan sepelekan masalah durasi pemakaian ini ya.

Tidak Mencampur dengan Air

Pastikan bahwa air adalah salah satu bahan campuran yang akan melarutkan masker kunyit tersebut.
masker kunyit/freepik.com

Air merupakan pelarut murni yang sangat baik digunakan untuk campuran masker. Demikian hal nya ketika kamu ingin menggunakan masker kunyit. Pastikan bahwa air adalah salah satu bahan campuran yang akan melarutkan masker kunyit tersebut. Adanya campuran air dalam masker akan membantu wajah agar terlihat lebih bersinar, ternutrisi dan lebih cerah.

Mengaplikasikan Masker Tidak Merata

Namun, sebenarnya kamu juga perlu lho mengoleskan masker hingga bagian leher.
mengoleskan masker/freepik.com

Hal ini juga sering menjadi kesalahan karena banyak dari kamu yang berpikir bahwa wajah lah yang menjadi fokus utama penggunaan masker. Namun, sebenarnya kamu juga perlu lho mengoleskan masker hingga bagian leher. Ini perlu dilakukan untuk menghindari warna kulit tidak merata. Tentu kamu bisa bayangkan apa yang terjadi jika warna kulit di bagian wajah lebih cerah dari bagian leher.

Tidak Membilas dengan Benar

Pastikan bahwa ketika kamu membilas masker kunyit, semua bagian wajah harus ikut.
membilas wajah/freepik.com

Nah, kesalahan terakhir yang juga harus dihindari adalah tidak membilas masker dengan benar. Pastikan bahwa ketika kamu membilas masker kunyit, semua bagian wajah harus ikut. Alirkan air hingga ke sudut-sudut wajah dan pastikan semua sisa-sisa masker sudah hilang. Jika sudah, keringkan wajah menggunakan handuk bersih.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id