sign up SIGN UP

SKINCARE

Hentikan Pemakaian Skincare Jika Muncul 5 Tanda Ini di Wajah Kamu

ira syafira | Sabtu, 01 May 2021 09:30 WIB
Hentikan Pemakaian Skincare Jika Muncul 5 Tanda Ini di Wajah Kamu
caption
Jakarta -

Mencari sebuah skincare yang memang cocok untuk kulit itu memang susah-susah gampang, lho. Dari sekian banyak pilihan produk yang ada di pasaran, perjuangan untuk menemukan satu yang terbaik bisa memakan waktu cukup lama.

Tidak semua skincare mampu memberikan hasil yang sama pada setiap orang, missal jika produk tersebut digunakan oleh temanmu dan membuat wajahnya menjadi mulus tapi ketika kamu gunakan malah timbul jerawat, itu artinya produk tersebut tidak cocok. Nah, jika kamu tidak ingin menambah masalah kulit, lebih baik hentikan pemakaian produk skincare tersebut. Untuk lebih tahu bagaimana skincare tersebut tidak cocok untuk kita, kamu bisa pahami beberapa tanda berikut ini.

Kulit Terasa Gatal

foto: Kulit Terasa Gatal/freepik.com
foto: Kulit Terasa Gatal/freepik.com

Rasa gatal bisa menjadi reaksi awal yang paling sering terjadi jika kulitmu tidak cocok dengan suatu produk. Biasanya, kulit akan merasa gatal karena sensitivitas formula skincare, misalnya seperti fragrance.

Jika sudah terasa gatal seperti ini, sebaiknya hentikan dahulu penggunaannya agar tidak menimbulkan masalah kulit yang lain. Selain itu, produk skincare yang mengandung fragrance, biasanya kurang cocok digunakan oleh pemilik jenis kulit sensitif dan berjerawat. kalau memang kulit sudah terasa gatal, usahakan untuk tidak menggaruknya dengan kuku ya, karena hal itu akan membuatmu kulitmu lecet.

Kulit Nampak Kemerahan

foto: Kulit Nampak Kemerahan/freepik.com
foto: Kulit Nampak Kemerahan/freepik.com

Reaksi lain yang bisa timbul pada kulit wajah kamu adalah ruam kemerahan. Masalah satu ini biasanya lebih sering dialami oleh pemilik jenis kulit sensiitif. Tapi tidak jarang juga kulit normal ikut mengalami reaksi ini.

Salah sati kandungan dalam skincare yang memicu timbulnya kemerahan pada wajah ini adalah retinol. Kandungan ini sebetulnya baik untuk menyamarkan flek hitam di kulit. namun, jika dosis yang digunakan berlebih, retinol akan menimbulkan efek samping yang cukup agresif. Selain itu, kemerahan pada kulit biasanya terjadi dibarengi dengan rasa panas yang cukup mengganggu.

Kulit Terasa Kering dan Mengelupas

foto: Kulit Terasa Kering dan Mengelupas/freepik.com
foto: Kulit Terasa Kering dan Mengelupas/freepik.com

Jika kulitmu terasa kering atau mengelupas ketika menggunakan produk skincare baru, itu adalah hal yang wajar. Biasanya kandungan yang menyebabkan efek samping ini adalah krim yang memiliki kandungan retinoid.

Retinoid memang bekerja memicu pengelupasan sel kulit mati dan mendorong tumbuhnya kolagen baru. Tujuannya, untuk mengurangi tampilan garis halus serta meratakan warna alami kulit. Namun, jika kandungan ini sampai membuat kulitmu mengelupas berlebihan, maka tandanya skincare ini tidak cocok untuk kamu. Jika diteruskan, kulitmu akan mengalami peradangan kronis dan malah mempercepat penuaan dini.

Muncul Jerawat di Wajah

foto: Muncul Jerawat di Wajah/freepik.com
foto: Muncul Jerawat di Wajah/freepik.com

Apa kamu pernah mendengar istilah breakout? Istilah ini sudah tidak umum digunakan dalam dunia kecantikan ketika kulit mengalami suatu masalah yang cukup parah, biasanya terjadi seusai mencoba produk skincare baru.

Masalah tersebut bisa dari komedo, hingga ke berbagai jenis jerawat yang sifatnya meradang. Penyebabnya hampir sama dengan yang sebelumnya, yaitu kesalahan kandungan yang ada dalam produk tersebut. Dalam dunia skincare, silicon sering disebut sebagai dimethicone. Nah, produk-produk yang memiliki kandungan silikan ini biasanya bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Warna Kulit Menjadi Lebih Gelap

foto: Warna Kulit Menjadi Lebih Gelap/freepik.com
foto: Warna Kulit Menjadi Lebih Gelap/freepik.com

Munculnya bintik cokelat atau area kulit yang berubah menggelap ternyata bukan hanya pertanda penuaan, lho.

Faktanya, tanda ini bisa jadi salah satu reaksi kulit ketika tidak cocok dengan kandungan bahan tertentu yang terdapat pada skincare. Kondisi ini akan muncul sebagai efek samping dari bahan pencerah kulit, seperti asam kojic, hidrokuinon, dan arbutin. Jika kamu sampai mengalami gejala ini, lebih baik segera hentikan penggunaan skincare tersebut dan cepat konsultasikan ke dokter kulit.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id