sign up SIGN UP

SKINCARE

Hindari Iritasi, Ini Tips Eksfoliasi Wajah Sesuai dengan Jenis Kulit

Esra Dopita | Sabtu, 29 Aug 2020 19:30 WIB
Hindari Iritasi, Ini Tips Eksfoliasi Wajah Sesuai dengan Jenis Kulit
caption

Eksfoliasi atau pengelupasan merupakan metode perawatan kulit dengan cara mengangkat sel kulit mati dari lapisan terluar kulit sehingga kulit tampak lebih bersih, halus, cerah, hingga glowing. Eksfoliasi dapat dilakukan di tubuh serta wajah.

Eksfoliasi dibagi menjadi dua jenis, eksfoliasi fisik dan eksfoliasi kimiawi. Pengelupasan fisik melibatkan penggosokan kulit dengan formula abrasif (partikel halus) seperti gula, kristal garam, batu apung, dan sikat perawatan kulit, atau spons. Pengelupasan kimiawi melibatkan penggunaan produk yang mengandung formula alfa hydroxy acids (AHA) dan beta hydroxy acids (BHA). 

Eksfoliasi atau pengelupasan merupakan metode perawatan kulit dengan cara mengangkat sel kulit mati dari lapisan terluar kulit.
https://unsplash.com/@hemptouch

Dua kandungan itu membantu mengangkat sel kulit mati, noda hitam atau bekas jerawat, serta mengurangi pigmentasi. Namun, hasil baik itu bisa didapat maksimal dilakukan dengan benar serta tergantung pada jenis kulit yang dimiliki. Nah, berikut ini jenis eksfoliasi sesuai dengan jenis kulit dilansir dari lama Skincare.com


Kulit Kering

Dengan eksfoliasi, kulit tampak lebih bersih, halus, cerah, hingga glowing.
https://wolipop.detik.com/

Pemilik kulit kering perlu menggunakan produk eksfoliasi dengan formula lembut demi mengangkat sel kulit mati sekaligus mengembalikan kelembapan kulit. Eksfoliasi dapat dilakukan sekali atau dua kali seminggu dan meningkatkan frekuensinya sesuai dengan kondisi.

“Jenis kulit kering harus mencari eksfoliasi dengan formula AHA, BHA, atau butiran kecil untuk membantu proses pengelupasan,” kata Josie Holmes, ahli kecantikan di SKINNEY Medspa, New York, Amerika Serikat.

Kulit Berminyak

Pemilik kulit berminyak dapat menggunakan formula asam salisilat dan pengelupasan fisik dengan bahan yang menyerap minyak untuk eksfoliasi.
https://www.beautynesia.id/

Dokter kulit bersertifikat, Hadley King, mengatakan formula asam salisilat dan pengelupasan fisik dengan bahan yang menyerap minyak seperti arang atau clay merupakan pilihan tepat untuk pemilik kulit berminyak.

King menyarankan agar menggosok secara perlahan bila memakai eksfoliasi fisik karena partikel yang besar dan kasar dapat membuat mikro-tears di kulit sehingga menyebabkan iritasi dan peradangan kulit. Jenis kulit berminyak umumnya dapat melakukan eksfoliasi sebanyak tiga kali seminggu. 

Kulit Kusam 

Retinol adalah salah satu pilihan terbaik untuk kulit kusam karena dapat mengelupas permukaan kulit, tapi tidak sekeras eksfoliasi fisik.
https://wolipop.com/

Joanne Yun Lee, asisten dokter di bidang dermatologi di Glamoi Med Spa, menjelaskan, retinol adalah salah satu pilihan terbaik untuk kulit kusam. Sebab, dapat mengelupas permukaan kulit, tapi tidak sekeras eksfoliasi fisik. Eksfoliasi untuk kulit dewasa dapat dilakukan sekitar dua hingga tiga kali dalam seminggu.

“Bagi mereka yang perhatian utamanya keriput dan kulit kasar, asam retinoat atau retinol adalah jenis eksfoliasi yang bekerja di dalam lapisan permukaan kulit lebih dalam untuk meningkatkan pergantian sel kulit di permukaan dan tampilan kulit yang lebih muda serta lebih halus,” katanya. 

Kulit Sensitif

Kulit sensitif harus menghindari eksfoliasi fisik dan bahan acids yang keras. Sebagai gantinya, pilih eksfoliasi kimiawi berbahan ringan.
https://wolipop.detik.com/

Jenis kulit sensitif memang sulit mencari produk skincare yang tepat. Kulit sensitif harus menghindari eksfoliasi fisik dan bahan acids yang keras. Sebagai gantinya, pilih eksfoliasi kimiawi berbahan ringan.

Dokter kulit bersertifikat, Caren Campbell, mengatakan enzim alami seperti eksfoliasi berbahan dasar buah adalah pilihan yang baik untuk kulit sensitif membersihkan sel-sel kulit mati dengan lembut. Cukup lakukan eksfoliasi kulit sekali atau dua kali dalam seminggu. 

Kulit Normal

pemilik kulit normal dapat melakukan pengelupasan dengan cara apa pun, baik fisik maupun kimiawi, serta formula apa saja.
https://wolipop.detik.com/

Kulit normal menjadi jenis kulit yang mudah untuk mengaplikasikan produk skincare, termasuk eksfoliasi. Bahkan, menurut dokter kulit bersertifikat, Nazanin Saedi, pemilik kulit normal dapat melakukan pengelupasan dengan cara apa pun, baik fisik maupun kimiawi, serta formula apa saja. Kamu biasa melakukan eksfoliasi dua hingga tiga kali dalam seminggu. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id