sign up SIGN UP

SKINCARE

Hindari Kulit Kusam Selama Puasa dengan Tips Sederhana Ini

Shinta Nikmah | Jumat, 30 Apr 2021 04:00 WIB
Hindari Kulit Kusam Selama Puasa dengan Tips Sederhana Ini

Ladies, tahu enggak sih saat puasa biasanya muncul masalah kulit. Yap, tak hanya kulit menjadi kering tapi juga kusam. Hal ini terjadi akibat kulit yang kurang terhidrasi. Kurangnya asupan cairan dalam tubuh memperburuk kondisi kulit sehingga semakin terlihat kusam.

Nah, agar kulitmu tetap glowing selama bulan puasa, Beautynesia punya tips sederhana yang bisa kamu terapkan agar terhindar dari kulit kusam selama berpuasa.

1. Stay Hidrated

Minum
Perbanyak Minum Air Putih/ Foto: freepik.com

Tubuh manusia terdiri dari air yang berfungsi untuk menyeimbangkan suhu dalam tubuh. Apabila tubuh kekurangan air, maka tubuh akan mengalami dehidrasi dan kulit menjadi kering serta kusam. Meskipun saat puasa kamu tidak bisa mencukupi kebutuhan minum di siang hari, maka kamu bisa memenuhi kebutuhan air dalam tubuh selama berbuka hingga sahur.

Normalnya kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari. Kamu bisa mengakalinya dengan meminum 2 gelas air putih di saat buka puasa, 2 gelas air putih saat selesai sholat tarawih, 2 gelas air putih saat akan tidur, dan 2 gelas air putih saat sahur.

Tercukupinya kebutuhan air dalam tubuh bisa menghindarkanmu dari kulit kering dan kusam. Selain itu  kulit akan terasa lembap sepanjang puasa.

2. Hindari Mandi Air Hangat

Mandi
Mandi Air Dingin/ Foto: freepik.com

Saat puasa kamu memang dianjurkan untuk tidak mandi menggunakan air hangat. Alasannya, ketika mandi air hangat, tubuhmu akan kehilangan cairan akibat penguapan yang terjadi pada kulit. 

Sebaiknya kamu mandi menggunakan air dingin. Selain menyegarkan, mandi menggunakan air dingin juga mengurangi penguapan dari permukaan kulit sehingga kulit tidak mudah kering. 

Saat puasa kamu juga tidak diperbolehkan untuk sering-sering mandi lho Ladies. Meskipun cuaca di luar sangat panas, namun kamu cukup mandi 2 kali sehari saja.

Mandi terlalu sering menggunakan sabun bisa mengikis kelembaban alami kulit. Begitu pula dengan mencuci muka menggunakan sabun bisa kamu lakukan maksimal 2 kali sehari. Lebih dari itu bisa membuat kulit wajah mudah kering dan justru terlihat kusam.

3. Lakukan Eksfoliasi

scrub
Lakukan Eksfoliasi Seminggu 1-2 Kali/ Foto: freepik.com

Menghindari kulit kusam juga bisa kamu lakukan dengan melakukan eksfoliasi kulit. Eksfoliasi berfungsi untuk membersihkan kulit secara menyeluruh dan mengangkat sel kulit mati yang mungkin tidak dapat dibersihkan oleh sabun cuci muka biasa.

Eksfoliasi juga bisa menghindarkanmu dari munculnya jerawat yang biasa timbul akibat adanya penumpukan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit. Selain itu, eksfoliasi juga membantu penyerapan skincare seperti toner dan serum agar lebih mudah terserap dalam kulit.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id