sign up SIGN UP

SKINCARE

Ingin Dapatkan Aura Kecantikan para Putri Keraton Jawa? 5 Perawatan Ini Wajib Dicoba

Anisalestari | Selasa, 29 Sep 2020 19:15 WIB
Ingin Dapatkan Aura Kecantikan para Putri Keraton Jawa? 5 Perawatan Ini Wajib Dicoba
caption

Para Putri Keraton Jawa meyakini bahwa kecantikan merupakan kesatuan yang utuh melingkupi dua ruang, yakni kecantikan dari luar dan dari dalam. Maka tidak mengherankan jika para Putri Keraton Jawa memiliki tutur kata dan sikap lemah lembut serta paras cantik dengan aura kecantikan yang terlihat memesona. 

Para Putri Keraton Jawa sendiri memiliki cara perawatan kecantikan yang berasal dari bahan-bahan alami, Ladies. Cara perawatan tersebut diwariskan secara turun-temurun dari leluhur.

Simak 5 perawatan kecantikan para Putri Keraton Jawa yang bisa kamu coba berikut, yuk!


Lulur dari Bahan Alami

Lulur dengan bahan-bahan alami menjadi andalan para putri keraton untuk merawat diri
Lulur Bahan Alami/Foto: Freepik.com

Lulur dengan bahan-bahan alami menjadi salah satu rahasia kecantikan Putri Keraton Jawa untuk mendapatkan kulit tubuh yang sehat, bersih, dan halus. Salah satu lulur yang sering digunakan adalah mangir. 

Lulur mangir berasal dari temu giring dan kunyit yang ditumbuk atau digiling hingga berbentuk pasta, lalu dioleskan di atas kulit dan digosok untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Hasilnya, kulit terlihat lebih cantik dan lebih cerah. 

Selain itu, ada beberapa bahan alami lain yang juga sering digunakan sebagai lulur untuk para Putri Keraton Jawa. Di antaranya adalah bubuk kopi, alpukat, bengkuang, wortel, dan teh hijau. 

Bedak Dingin

Bedak dingin merupakan perawatan ala putri keraton untuk menjaga kulit dari penuaan dini
Bedak Dingin/ Foto: Freepik.com

Bedak dingin merupakan perawatan tradisional yang menjadi rahasia kecantikan Putri Keraton Jawa selanjutnya. Biasanya, bedak dingin yang dipakai oleh Putri Keraton terbuat dari padi, gandum, dan tumbuhan lainnya. Bedak dingin ini digunakan untuk membuat kulit terasa lebih nyaman, melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari dan membuat kulit terlihat awet muda. 

Jamu 

Jamu menjadi andalan putri keraton untuk menjaga kecantikan dari dalam
Jamu/ Foto: Freepik.com

Kecantikan para Putri Keraton Jawa tidak hanya sebatas pada tampilan fisik, melainkan juga kesempurnaan seluruh tubuh. Salah satu rahasia kecantikan Putri Keraton Jawa dari dalam adalah minum jamu. 

Jamu yang dikonsumsi terbuat dari bahan-bahan alami, seperti beras kencur, kunyit, sirih, dan bahan alami lainnya. Jamu memiliki berbagai khasiat, di antaranya mencerahkan kulit, menghilangkan bau badan, menghilangkan masalah keputihan, melangsingkan tubuh, dan berbagai khasiat lainnya. 

Minyak Cem-ceman 

Untuk perawatan rambut para putri keraton menggunakan minyak cem-ceman
Minyak Cem-Ceman/Foto: Freepik.com

Rambut merupakan mahkota bagi wanita. Para Putri Keraton pun sangat memperhatikan perawatan rambut. Perawatan tradisional dengan minyak cem-ceman menjadi rahasia kecantikan mereka. Minyak cem-ceman yang terbuat dari campuran minyak kelapa, daun waru, daun mangkokan, irisan daun pandan, bunga kenanga, dan bunga melati ini dapat menyehatkan dan menutrisi akar rambut sehingga tidak mudah rontok. 

Tapel 

Tapel menjadi perawatan pasca melahirkan para putri keraton
Tapel/ Foto:instagram.com/atiqahhasiholan

Terakhir, perawatan tradisional yang satu ini khusus untuk wanita yang baru saja melahirkan. Tapel dapat membantu kulit perut kembali kencang, segar, dan sehat.

Bahannya terdiri dari tepung beras, kencur, adas, pulosari, bangle, klabet, jahe dan kayu manis. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perawatan tradisional ini dilakukan selama 40 hari setelah melahirkan. 

Tertarik buat coba rahasia cantik para Putri Keraton Jawa?

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id