sign up SIGN UP

Jangan Sembarangan Pencet! Ini Perbedaan Jerawat Batu dan Jerawat Biasa

Vindi Fitriana | Senin, 02 Mar 2020 09:30 WIB
Jangan Sembarangan Pencet! Ini Perbedaan Jerawat Batu dan Jerawat Biasa
caption
Muncul Jerawat pada kulit dapat terjadi pada siapa saja, mulai dari jerawat yang biasa hingga jerawat batu. Tentunya membuat sebagian orang merasa tidak percaya diri. Nah, buat kamu yang penasaran dengan perbedaan antara jerawat biasa maupun jerawat batu langsung simak ya!

1. Berdasarkan Ukuran




Foto: https://image.freepik.com

Jika pada kulitmu muncul dengan jerawat yang berbentuk kecil. Artinya kamu terkena jerawat biasa. Tetapi jerawat batu umumnya berukuran lebih besar, keras, merah menyala yang menimbulkan peradangan pada kulit, bahkan disertai dengan nyeri. Bahkan jerawat batu bisa menyerang pada area kulit lainnya, seperti leher, punggung dan lengan tangan
 


2. Penyebab Munculnya Jerawat Biasa dan Jerawat Batu




Foto: https://image.freepik.com

Jerawat biasa maupun jerawat jenis lainnya umumnya bermula dari pori-pori yang tersumbat oleh kelebihan minyak (sebum), kotoran, dan sel-sel kulit mati. Tetapi yang membedakan jerawat batu dengan lainnya terletak pada peran hormon. Jerawat batu umum dipicu oleh peningkatan produksi hormon androgen yang di luar batas wajar.

Hormon androgen fungsi utamanya adalah mendukung fungsi organ seksual. Namun, hormon ini juga merangsang kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) untuk menghasilkan sebum. Nah, yang biasanya memiliki hormon androgen tinggi terjadi pada remaja dan wanita yang sedang mengalami siklus menstruasi, menopause, kehamilan, atau yang menderita sindrom ovarium polikistik.


3. Segi Penanganan




Foto: https://image.freepik.com

Jerawat batu memang sedikit membutuhkan penangan khusus karena tidak bisa disembuhkan hanya dengan memakai obat jerawat yang dijual bebas di pasaran. Jika kamu memiliki jerawat batu jangan anggap sepele karena bisa berakibat menjadi tambah parah.

Kamu harus mengunjungi dokter kulit untuk berkonsultasi agar jerawat batumu dapat dengan cepat diatasi. Selain itu kamu tidak disarankan untuk memencet jerawat batu yang kamu miliki karena dapat menimbulkan bekas luka dan dapat menyebabkan penyebaran infeksi.

Inilah beberapa perbedaan jerawat biasa dengan jerawat batu yang perlu kamu ketahui.  Agar kamu dapat membedakan jenis jerawat yang kamu alami, terutama jika kamu terkena jerawat batu, dapat segera mengunjungi dokter kulit untuk segera mendapat penanganan mengenai masalah jerawat batu pada kulitmu. Makanya kamu juga harus melakukan perawatan pada area wajahmu  agar terhindar dari jerawat. 


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id