sign up SIGN UP

SKINCARE

Jangan Sembarangan Pilih Facial Wash untuk Wajah Berjerawat, Ikuti Tips Berikut Ini!

Arofah Khoirunnisa | Selasa, 26 Mar 2019 07:30 WIB
Jangan Sembarangan Pilih Facial Wash untuk Wajah Berjerawat, Ikuti Tips Berikut Ini!
caption
Facial wash menjadi salah satu produk penting dalam sebuah rangkaian perawatan wajah. Setelah membersihkan makeup dan kotoran dari wajah dengan micellar water atau toner, facial wash akan membersihkan lebih menyeluruh lagi agar sisa kotoran di wajah hilang. Karena sisa kotoran yang tidak bersih akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Jika sudah begitu, kamu perlu facial wash untuk wajah berjerawat. Namun jangan asal pilih ya, kamu perlu baca tips di bawah ini.

Mengenali Jenis Kulit Wajah


Setiap orang pastinya memiliki jenis kulit yang berbeda satu dengan lainnya, ada yang normal, kering, berminyak, kombinasi, bahkan sensitif. Nah, sebelum membeli facial wash untuk wajah kalian yang sedang berjerawat, kenali jenis kulit kalian seperti apa, jika kering dan sensitif maka pilih facial wash yang tidak beralkohol ataupun berfragrance, lalu untuk kulit berminyak pilih produk yang non comedogenic dan untuk kalian yang menggunakan makeup setiap hari pilih facial wash yang membersihkan secara mendalam.


Foto: https://id.pinterest.com/pin/707768897663629549/

Mecari Tahu Penyebab Jerawat


Penyebab jerawat bisa bermacam-macam, mulai dari iritasi karena tidak cocok menggunakan sebuah produk, terlalu berminyak sehingga pori-pori terseumbat, kering karena kurang terhidrasi dengan baik, bahkan hormonal sebelum haid tiba. Nah, setelah mengetahui penyebab jerawat, pilih facial wash sesuai dengan penyebabnya.

Untuk kulit berminyak, normal, dan kombinasi pilih facial wash berbentuk gel, Untuk kulit kering dan cenderung sensitif bisa memilih jenis pembersih bertekstur balm atau cream, kulit yang berminyak, kombinasi dan sensitif bisa meilihi jenis foam cleanser.


Foto: https://id.pinterest.com/pin/844284261371992055/

Jangan Pilih Yang Berbusa Terlalu Banyak


Sodium sulfat adalah kandungan dalam produk pembersih yang membuat busa menjadi banyak, tetapi busa yang terlalu banyak akan menyebabkan kulit menjadi terlalu kering. Kondisi kulit yang kering akan menimbulkan jerawat yang lebih banyak. Kalau jenis kulit kalian sudah kering, jangan gunakan facial wash yang busanya banyak, apalagi jika kulit kalian berjerawat. Pilih produk dengan jenis seperti ini akan memperparah kondisi jerawat kalian. 


Foto: https://id.pinterest.com/pin/433401164137285172/

Pilih Facial Wash Kandungan Khusus Untuk Jerawat


Untuk kulit yang berjerawat, pilih produk facial wash dengan kandungan seperti tea tree, hyaluronic acid, benzoyl peroxide, salicylic acid, dan glycolic acid yang akan mengontrol minyak di wajah, membersihkan pori-pori, dan membersihkan wajah dari bakteri penyebab jerawat. Memilih produk dengan bahan-bahan aktif khusus jerawat juga  akan menenangkan jerawat dan meminimalisir terjadinya inflamasi. 


Foto: https://id.pinterest.com/pin/491173903108427691/

Hindari Produk Kandungan Alkohol


Kandungan alkohol akan membuat wajah kalian menjadi semakin kering dan berminyak. Jika wajah kalian berjerawat dan kulit kering makan akan semakin kering dan jerawat menjadi meradang. Jika kulit berminyak akan semakin berminyak kemudian menyumbat pori-pori dan jerawat baru akan tumbuh semakin banyak. 


Foto: https://id.pinterest.com/pin/75576099982790995/

Kira-kira seperti itulah cara memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Memilih bahan natural lebih baik namun tetap sesuaikan dengan tipe kulit kalian ya.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id