sign up SIGN UP

SKINCARE

Jarang Bersihkan Brush Makeup? 5 Masalah akan Kamu Hadapi

Putri Arya | Kamis, 04 Jun 2020 12:00 WIB
Jarang Bersihkan Brush Makeup? 5 Masalah akan Kamu Hadapi
caption

Brush atau kuas sangat penting bagi kamu pecinta makeup. Brush makeup membantu kita mendapatkan hasil makeup yang sempurna. Tapi, menjaga kebersihan peralatan makeup juga sama pentingnya lho, ladies! Jangan sampai peralatan makeup yang kamu gunakan malah menimbulkan sejumlah masalah untuk kulit karena jarang dibersihkan.


Sadar enggak sih jika penggunaan peralatan makeup termasuk brush setiap hari berakibat pada penumpukan bakteri dan sisa-sisa makeup. Menumpuknya kotoran hingga sisa makeup ini dapat membuat kulit mu bermasalah dan berjerawat.

Tak hanya itu, setelah pemakaian biasanya kamu meletakkan brush sembarangan dan tak menaruhnya di tempat khusus. Seperti meletakkannya secara sembarangan di dalam tas, di meja rias atau bahkan kamar mandi. Padahal, meja rias atau tas yang terlihat bersih belum tentu benar-benar bersih dari bakteri yang bisa menempel di brush makeup-mu lho, ladies.

Berikut 5 alasan pentingnya membersihkan brush makeup secara rutin seperti dilansir dari Boldsky:


Pori-pori Tersumbat dan Breakouts

Foto: Istimewa

Saat kamu menggunakan brush makeup setiap hari, sisa makeup, minyak dan kotoran dari kulit akan menempel dan menumpuk di brush. Karenanya, kamu perlu membersihkan brush makeup secara rutin agar tak menyebabkan timbulnya jerawat dan breakouts.

Hasil Makeup Tak Sempurna

Foto: https://pixabay.com/

Tujuan utama menggunakan peralatan makeup seperti brush dan spons adalah agar kamu mendapatkan hasil makeup yang sempurna. Menggunakan brush yang kotor hanya akan membuat makeup di wajahmu mudah luntur, bergaris-garis dan tak sesuai keinginanmu.  

Iritasi Kulit

Foto: https://pixabay.com/

Menggunakan brush yang penuh dengan tumpukan bakteri dan sisa makeup tak hanya menyumbat pori-pori tapi juga dapat membuat iritasi kulit kamu. Kemerahan pada kulit, gatal dan peradangan adalah beberapa keluhan yang biasanya terjadi saat kamu menggunakan brush makeup yang kotor.

Infeksi Mata

Foto: https://pixabay.com/

Salah satu dampak serius dari penggunaan brush makeup yang kotor adalah infeksi mata. Kuman dan bakteri dari brush dapat masuk ke mata dan menyebabkan mata merah atau dikenal dengan konjungtivitis.

Umur Brush Makeup Menurun

Foto: https://pixabay.com/

Jarang atau bahkan tidak membersihkan brush makeup akan mengurangi jangka waktu pemakaiannya. Sehingga kamu akan lebih cepat membutuhkan peralatan makeup baru. Jadi, nggak ada salahnya kan rutin membersihkan brush makeup agar lebih hemat dan usia pemakaiannya lebih lama.

(kik)

Our Sister Site

mommyasia.id