sign up SIGN UP

SKINCARE

Jarang Diketahui, Ini 10 Manfaat Minyak Biji Bunga Matahari yang Multifungsi

Pavita Sevilla | Senin, 15 Feb 2021 16:15 WIB
Jarang Diketahui, Ini 10 Manfaat Minyak Biji Bunga Matahari yang Multifungsi
caption

Minyak biji bunga matahari atau yang kerap disebut sunflower oil ini memiliki berbagai fungsi. Sayangnya, dibandingkan dengan minyak lain, minyak ini jarang diketahui jika memiliki banyak fungsi dan manfaat. Minyak ini dapat digunakan baik untuk perawatan luar tubuh maupun untuk dikonsumsi.

Kira-kira, apa saja fungsinya dalam kehidupan sehari-hari, ya? Penasaran? Simak di bawah ini!

1. Melembabkan bagian-bagian tubuh yang kering

Melembabkan bagian anggota tubuh/freepik.comMelembabkan bagian anggota tubuh/freepik.com

Karena diperkaya dengan kandungan vitamin E nya, minyak ini dapat melembabkan bagian-bagian yang kering. Tidak hanya bagian-bagian tubuh seperti kaki dan tangan, minyak ini juga dapat melembabkan rambut, bibir bahkan kulit wajah sekalipun.

2. Merawat rambut rusak

https://www.freepik.com/free-photo/frustrated-young-woman-having-bad-hair_6774052.htm#query=hair-problem&position=29
Ilustrasi rambut rusak/freepik.com

Selain melembabkan rambut yang kering, minyak ini juga dapat merawat rambut rusak, contohnya seperti rambut bercabang dan rambut rontok. Berkat adanya kandungan vitamin E, rambut-rambut yang rusak dapat kembali terlihat sehat apabila rutin memakai sunflower oil beberapa menit sebelum mencuci rambut.

3. Berfungsi sebagai anti aging

Sunflower oil mengandung vitamin E yang berfungsi juga sebagai antioksidan. Kandungan antioksidan dapat melindungi kulit dari pengaruh buruk serta bahaya sinar UV. Salah satu pengaruh buruk dari sinar UV yaitu mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan. Sehingga, sunflower oil ini dapat berfungsi sebagai anti aging.

4. Mengatasi dan mencegah jerawat

Wajah berjerawat/freepik.comWajah berjerawat/freepik.com

Lagi-lagi, fungsinya yang satu ini didapatkan karena kandungan vitamin E nya. Vitamin E dikenal bagus untuk merawat kulit. Kandungan yang terdapat di dalam vitamin E juga dapat berfungsi sebagai anti bakteri. Selain itu, sunflower oil ini dikenal sebagai minyak yang non-comedogenic. Oleh karena itu, minyak ini dipercaya dan mengatasi jerawat meradang dan juga dapat mencegah jerawat untuk muncul.

5. Mengurangi risiko penyakit jantung, pencernaan, dan kanker

Pada saat digunakan sebagai minyak goreng atau margarine, minyak ini dapat berfungsi mengurangi risiko penyakit jantung dan pencernaan. Kandungan lemak tak jenuh tunggal atau omega 9 yang ada dalam sunflower oil dapat mengurangi kadar kolesterol jahat. Di samping itu, vitamin E yang bersifat sebagai antioksidan pun turut berperan dalam mengurangi risiko penyakit-penyakit ini.

6. Membantu proses diet

Ilustrasi diet/freepik.comIlustrasi diet/freepik.com

Minyak ini dapat digunakan dalam kuliner bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Ini disebabkan karena adanya berbagai macam nutrisi dan manfaat yang sehat. Kandungan lemak tak jenuh ganda atau omega 6 nya dapat berfungsi sebagai sumber energi. Dengan begitu, tubuh tetap terjaga nutrisinya walaupun sedang mengurangi porsi makan biasanya.

7. Bermanfaat sebagai obat

Dengan banyaknya kandungan yang bermanfaat dalam sunflower oil seperti antioksidan dan anti bakteri, minyak ini dapat dijadikan sebagai obat-obatan. Biasanya, obat tersebut berbentuk kapsul.

Obat yang terbuat dari minyak ini pun memiliki bermacam-macam manfaat seperti berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol, mengatasi kutu air, masalah pencernaan serta untuk menjaga metabolisme tubuh agar dapat mencegah penyakit dan tetap sehat.

Sangat banyak manfaat dari sunflower oil ini. Tentunya, diperlukan proses yang berbeda saat pembuatan minyak untuk perawatan luar dan untuk dikonsumsi. Maka dari itu, gunakanlah sunflower oil untuk dikonsumsi atau sebagai perawatan luar sesuai fungsinya dan tetap perhatikan ukuran penggunaannya.

Pastikan untuk menggunakan secukupnya sesuai kebutuhan agar tidak mengurangi khasiatnya.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id