sign up SIGN UP

SKINCARE

Jarang Disukai Karena Baunya, Ternyata Belerang Bermanfaat Untuk Kesehatan Kulit Lho!

LIFIA MAWADDAH PUTRI | Sabtu, 27 Jun 2020 19:00 WIB
Jarang Disukai Karena Baunya, Ternyata Belerang Bermanfaat Untuk Kesehatan Kulit Lho!
caption
Jakarta -

Belerang atau yang biasa disebut sulfur kini sudah banyak dijadikan bahan dasar pembuatan sabun badan maupun wajah. Selain untuk kulit, belerang juga bermanfaat untuk otot, tulang, gigi, dan rambut. Tapi sayangnya, enggak banyak yang menggunakan produk kecantikan dengan bahan belerang. Alasannya karena baunya yang kurang sedap. Padahal, belerang memiliki banyak sekali manfaat lho! Mau tau apa saja manfaat belerang untuk kulit? Yuk simak artikel berikut ini.

Mengatasi Masalah Jerawat

Belerang mampu mengusir jerawat
Manfaat Belerang/freepik.com

Yup! Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami dan sangat mengganggu. Tapi jangan khawatir. Salah satu manfaat belerang yang paling banyak diketahui adalah dapat mengatasi jerawat. Sebab, belerang memiliki zat anti bakteri yang mampu mengatasi jerawat hingga menghilangkan rasa perih dan gatal. Selain dapat mengobati jerawat, penggunaan belerang juga bisa mencegah munculnya jerawat.


Menghilangkan Gatal

Jika kamu merasa gatal akibat alergi maupun terkena gigitan nyamuk, hindari untuk menggaruknya ya, Beautynesian. Sebab jika kamu menggaruknya, hal ini justru akan menimbulkan iritasi atau luka pada kulit. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan belerang. Alasannya karena belerang memiliki zat anti bakteri yang mampu menghilangkan rasa gatal tersebut. Saat ini, sudah banyak produk-produk kesehatan kulit seperti sabun dan lulur yang mengandung belerang. Nah, kamu bisa mandi menggunakan produk tersebut untuk mengatasi rasa gatal.

Membersihkan Kotoran Pada Pori-Pori

Belerang mampu membersihkan kotoran pada pori-pori
Manfaat Belerang/freepik.com

Kotoran pada pori-pori memang enggak terlihat dan sulit untuk dijangkau. Tapi, kamu bisa membersihkan kotoran pada pori-pori kulitmu dengan menggunakan belerang. Penggunaan belerang pada kulit akan membuat bakteri yang ada pada pori-pori kulitmu jadi tertarik keluar. Bukan hanya itu saja. Minyak di wajah yang menyumbat pori-porimu juga bisa dibersihkan dengan belerang lho!

Mengobati Panu dan Kurap

Panu dan kurap juga merupakan salah satu masalah kulit yang mengganggu serta membuat tidak percaya diri. Nah, kamu bisa mengobati panu dan kurap tersebut dengan menggunakan belerang. Caranya, campurkan bubuk belerang dengan minyak sayur, kemudian oleskan pada bagian kulit yang terdapat panu dan kurap.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Belerang dapat mengangkat sel kulit mati
Manfaat Belerang/freepik.com

Belerang yang masih utuh berupa bongkahan berwarna kuning keemasan bisa dimanfaatkan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Caranya, tumbuk bongkahan belerang tersebut hingga halus dan aplikasi sebagai scrub tubuh. Belerang mempu mengatasi sel kulit mati karena memiliki kandungan zat keratolitik. Kandungan ini bisa menghilangkan sel kulit mati yang sudah mengelupas. Sebab jika sel kulit mati tersebut tidak diangkat, maka akan menimbulkan jerawat.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id