sign up SIGN UP

SKINCARE

Jenis-jenis Bekas Jerawat yang Pemula Wajib Tahu

Meydiana Adinda | Minggu, 30 May 2021 17:45 WIB
Jenis-jenis Bekas Jerawat yang Pemula Wajib Tahu
caption

Jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit paling umun dan paling dimusuhi. Mulai dari kemunculan jerawat hingga bekas yang ditinggalkannya, semuanya merupakan masalah kulit yang sangat menyebalkan ya, Ladies.

Ada berbagai jenis dari bekas jerawat, mulai dari perubahan warna hingga perubahan tekstur kulit. Bekas jerawat yang muncul dapat berbeda-beda, tergantung pada tingkat peradangan jerawat itu sendiri.

Sebelum merawat bekas jerawat, penting bagi kita untuk mengenali jenis dari bekas tersebut. Hal ini bertujuan agar kita dapat menemukan perawatan yang tepat bagi kulit. Untuk lebih jelasnya, Ladies bisa simak artikel di bawah ini!

1. PIE (Post-Inflammatory Erythema) 

Berbagai Jenis Bekas Jerawat
PIE/freepik.com

PIE (Post-Inflammatory Erythema) merupakan warna kemerahan atau keunguan yang muncul setelah inflamasi pada kulit. Peradangan dapat memicu membesarnya pembuluh darah di sekitar kulit sehingga memunculkan PIE.

Jerawat yang radang, kebiasaan memencet jerawat, atau menggunakan skincare yang terlalu keras dapat memicu munculnya PIE pada kulit. Jika bekas kemerahan ini muncul pada kulitmu, ada beberapa opsi perawatan yang bisa Ladies pilih.

Yang pertama, jika ingin menggunakan produk OTC (over the counter), maka Ladies bisa memilih skincare dengan kandungan Niacinamide, Vitamin C, Ceramide, Retinol, Licorice, atau Green Tea. Kedua, Ladies bisa berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan resep dokter ataupun tindakan medis seperti IPL atau chemical peeling.

2. PIH (Post-Inflammatory Hyperpigmentation) 

Berbagai Jenis Bekas Jerawat
PIH/freepik.cpm

PIH (Post-Inflammatory Hyperpigmentation) merupakan noda dengan warna yang cenderung coklat atau hitam. Noda ini muncul akibat produksi melanin yang berlebih akibat peradangan. Melanin sendiri merupakan pigmen yang bekerja untuk memberikan warna pada kulit dan rambut.

Noda kehitaman ini dapat muncul akibat peradangan jerawat atau paparan sinar matahari yang berlebihan. Sama seperti PIE, ada beberapa opsi yang dapat Ladies lakukan dalam merawat PIH.

Pertama, jika Ladies ingin menggunakan produk skincare OTC, maka bisa menggunakan skincare dengan kandungan Arbutin, Kojid Acid, Tranexamic Acid, Hidroxy Acid, Niacinamide, atau Retinol. Pilihan lainnya, Ladies bisa berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan resep atau tindakan medis seperti chemical peeling.

3. Perubahan Tekstur Kulit

Berbagai Jenis Bekas Jerawat
Perubahan Tekstur Kulit/freepik.com

Bekas jerawat lain yang dapat muncul adalah perubahan tekstur kulit. Perubahan tekstur ini terbagi pada dua jenis, ada yang cekung/bopeng dan ada yang cembung atau menonjol.

Jika Ladies mengalami perubahan tekstur akibat peradangan, maka tindakan medis sangat disarankan. Ladies dapat berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan perawatan dan tindakan yang sesuai dengan jenis bopeng atau tonjolan pada kulitmu.

Baik, itu dia penjelasan lengkap mengenai berbagai bekas jerawat yang dapat muncul. Hal penting lainnya, jangan lupa gunakan sunscreen secara rutin agar bekas jerawatmu tak semakin bandel, Ladies. Semoga bermanfaat, ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id