sign up SIGN UP

SKINCARE

Jenis Masker yang Cocok untuk Masing-masing Jenis Kulit

Anisalestari | Selasa, 15 Sep 2020 22:30 WIB
Jenis Masker yang Cocok untuk Masing-masing Jenis Kulit
Jenis Masker yang Cocok untuk Masing-Masing Jenis Kulit/ Foto: Freepik.com

Masker wajah menjadi salah satu produk skincare andalan untuk merawat kulit agar lebih cerah dan sehat. Ada banyak jenis masker yang beredar di pasaran, masing-masing masker dibuat untuk memenuhi kebutuhan berbagai jenis kulit yang berbeda.

Untuk mengetahui jenis masker yang cocok dengan jenis kulitmu, simak penjelasan di bawah ini!

Sheet Mask 

Memiliki kandungan essence yang banyak sheet mask dapat menghidrasi kulit lebih banyak
Sheet Mask/ Foto: Freepik.com

Sheet mask menjadi salah satu jenis masker wajah yang sangat populer saat ini. Produk ini sangat mudah digunakan serta memberikan hasil instan dan membuat wajah terasa lebih halus, lembap, dan cerah.


Selain itu, masker wajah ini memiliki kelebihan dengan kandungan essence-nya yang cukup banyak sehingga memberikan hidrasi yang cukup tinggi pada kulit wajah. Memiliki banyak varian, sheet mask cocok digunakan oleh semua jenis kulit. Pilihlah varian yang sesuai dengan jenis kulit kamu ya, Ladies. 

Clay Mask 

Clay mask sangat cocok untuk jenis kulit berminyak karena kemampuannya menyerap minyak
Clay Mask/ Foto: Freepik.com

Clay mask merupakan masker wajah berbahan tanah liat yang bermanfaat untuk membersihkan kotoran yang mengendap di dalam pori-pori dan menyerap kelebihan minyak. Masker yang satu ini cocok untuk jenis kulit normal dan berminyak. 

Mud Mask 

Mud mask merupakan masker berbahan lumpur yang cocok untuk semua jenis kulit
Mud Mask/ Foto: Freepik.com

Masker wajah berbahan dasar lumpur ini sekilas mirip dengan clay mask, namun mud mask memiliki kandungan air yang lebih banyak sehingga dapat menghidrasi kulit dan membuat kulit lebih lembap. Jenis masker wajah ini cocok untuk semua jenis kulit. 

Peel Off Mask 

Peel of mask berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit menjadi lebih cerah
Peel Off Mask/ Foto: Freepik.com

Masker wajah yang biasanya berbentuk gel dan krim ini akan mengering selama beberapa menit setelah dioleskan ke wajah. Saat sudah kering, teksturnya pun akan berubah menjadi seperti karet dan dapat dikelupas.

Peel off mask efektif mengangkat komedo, minyak, kotoran, dan sel kulit mati. Bagi pemilik kulit sensitif, tidak disarankan untuk menggunakan masker wajah yang satu ini karena proses pengelupasan dapat membuat kulit terasa perih dan iritasi. 

Wash Off Mask 

Wash off mask merupakan masker yang harus tunggu hingga kering dan dibilas dengan air
Wash Off Mask/ Foto: Freepik.com

Sesuai dengan namanya, masker wajah yang satu ini digunakan dengan cara dioleskan ke kulit, lalu setelah menyerap, bilas dengan menggunakan air. Wash off mask memiliki beberapa tekstur seperti krim, gel, dan bubuk. Masker ini cocok untuk digunakan oleh semua jenis kulit dan dapat membantu kulit menjadi lebih lembut. 

Exfoliating Mask 

Memiliki butiran scrub exfolioting mask ampuh mengangkat kotoran
Exfoliating Mask/ Foto: Freepik.com

Exfoliating Mask memiliki butiran halus yang diformulasikan untuk mengangkat sel kulit mati sekaligus mencerahkan wajah. Masker wajah ini sebaiknya tidak digunakan terlalu berlebihan, apalagi bagi pemilik kulit sensitif karena dapat membuat kulit iritasi. 

Sleeping Mask 

Sleeping mask digunakan sebelum tidur dan dibersihkan keesokan harinya berfungsi untuk menghidrasi kulit
Sleeping Mask/ Foto: Freepik.com

Terakhir, masker wajah yang digunakan sebelum tidur ini biasanya memiliki tekstur gel yang dapat menyerap ke dalam kulit dan baru dibersihkan pada keesokan harinya. Sleeping mask berfungsi menghidrasi kulit wajah dan cocok untuk semua jenis kulit. 

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id