sign up SIGN UP

SKINCARE

Kenali Efek Samping Filler dan Botox, Bahaya Nggak Sih?

Ayuliy Lestari | Sabtu, 10 Jul 2021 21:15 WIB
Kenali Efek Samping Filler dan Botox, Bahaya Nggak Sih?
caption

Apa aja sih efek samping filler dan botox? Apakah berbahaya atau bisa diminimalisir?

Pertanyaan-pertanyaan semacam itu sangat umum, Beauties. Banyak perempuan yang merasa was-was bahkan masih maju-mundur saat akan memilih prosedur tersebut. Tapi tak sedikit pula yang sudah mantap melakukannya demi menunjang penampilan.

Seperti yang kamu tahu, filler bisa difungsikan untuk menambah volume pada bibir, kantung mata, pipi dan lain-lain. Sedangkan botox, bisa membuat wajah terbebas dari keriput dan garis-garis halus.

Namun sebelum kamu menggunakan prosedur kecantikan tersebut, ketahui dulu yuk, apa saja efek sampingnya.

1. Kulit Kebiruan

filler dan botox
Filler dan botox/Foto: Freepik.com/Cookie_studio

Sesaat setelah tindakan filler ataupun botox, umumnya warna kulit akan berubah menjadi kebiruan. Sebenarnya kondisi tersebut sangatlah wajar bahkan tidak dibutuhkan penanganan khusus karena akan hilang dengan sendirinya.

Namun, agar tidak khawatir, cobalah untuk berkonsultasi kembali dengan dokter untuk memastikan apakah kondisi kulit tersebut baik-baik saja atau ada terapi khusus yang harus dilakukan.


2. Risiko Infeksi

Filler dan Botox
Filler dan botox/Foto: Freepik.com/Cooki_studio

Efek samping filler dan botox selanjutnya adalah risiko terkena infeksi. Umumnya infeksi tersebut akan muncul di area-area lokasi injeksi. Di area tersebut akan muncul peradangan yang cukup mengganggu.

Ketika kamu mengalami infeksi, segera hubungi dokter atau datang kembali ke tempatmu memasang filter atau botox. Biasanya pasien akan segera ditangani dan diterapi menggunakan antibiotik topikal berupa salep.

3. Granuloma

Filler dan botox
Filler dan botox/Foto: Freepik.com/Master1305

Dikutip dari detikHealth, granuloma adalah tonjolan yang bisa muncul akibat proses peradangan. Sama seperti infeksi, granuloma bisa muncul di lokasi injeksi. Namun kejadian ini tergolong sangat jarang. Biasanya pasien dengan komplikasi granuloma memiliki riwayat infeksi virus atau trauma wajah.


4. Menimbulkan Bekas Luka

filler dan botox
Filler dan botox/foto: Freepik.com/Orionproduction

Bekas luka juga merupakan salah satu efek samping filler dan botox. Biasanya hal tersebut terjadi karena teknik penyuntikan yang salah. Jika mengalaminya, kamu bisa segera melakukan konsultasi pada dokter. Biasanya dokter akan menyuntikkan sejenis kortikosteroid ke bekas luka untuk mengatasinya.

5. Alergi

filler dan botox
Filler dan botox/Foto: Freepik.com/User18526052

Untuk beberapa pasien yang memiliki kulit sensitif, penggunaan filler atau botox memungkinkan terjadinya alergi. Reaksi tersebut akan muncul dengan gejala seperti kulit terasa panas, sensasi terbakar dan muncul ruam merah di wajah. Itulah mengapa, sebaiknya kamu benar-benar mengkonsultasikan dulu ke dokter tentang keadaan kulitmu sebelum melakukan tindakan filler atau botox.

Itulah  beberapa efek samping yang diakibatkan dari filler dan botox. Pastikan dokter yang kamu pilih ialah yang bersertifikat, dan kamu juga perlu memahami segala tindakan, efek samping hingga risiko yang akan dijalani dari penjelasan dokter.

Untuk itu, tak perlu ragu menanyakan semua hal, mulai dari jenis zat yang akan disuntikkan, serta keamanan peralatan yang digunakan. Satu lagi, jangan mudah tergiur dengan penawaran harga yang murah, Beauties!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id