sign up SIGN UP

SKINCARE

Kenapa Perlu Menggunakan Skincare yang Sudah BPOM?

Rini Apriliani | Minggu, 30 Aug 2020 15:00 WIB
Kenapa Perlu Menggunakan Skincare yang Sudah BPOM?
caption

Merawat wajah agar selalu sehat dan terawat memang gampang-gampang susah ya, Ladies. Salah-salah memilih produk perawatan, wajahmu yang sebelumnya sehat bisa malah terancam.

Di pasaran sendiri, saat ini produk perawatan wajah sudah sangat menjamur, dengan berbagai macam janji atau klaim yang diberikan. Ada yang mengklaim wajah bisa putih, bersih, sehat dengan waktu sekejap, ada yang mengklaim bisa buat awet muda, sampai ada juga yang mengklaim bahwa produk tersebut bisa menyembuhkan permasalahan yang sedang kamu derita. 

Menjamurnya produk perawatan wajah inilah yang membuat kita kini makin sulit untuk mencari produk yang benar-benar berkualitas. Namun yang pasti, produk perawatan wajah yang aman adalah produk yang sudah memiliki izin dari BPOM.


Kenapa Perlu Menggunakan Skincare Ber-BPOM?

Produk skincare ilegal
Skincare Product/sumber: freepik.com/skincare

BPOM merupakan singkatan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. Dimana secara garis besar, lembaga ini berperan untuk mengawasi sampai menyeleksi apakah obat-obatan dan makanan yang diuji tersebut layak atau tidak untuk disebarkan ke masyarakat luas. Salah satu produk yang diuji oleh BPOM adalah produk skincare

Untuk mendapatkan label BPOM pada sebuah produk skincare ini tidaklah mudah. Dibutuhkan waktu yang cukup panjang untuk menyelesaikan tahapan-tahapannya sampai hasil "aman" dikeluarkan. 

Produk perawatan wajah aman
Skincare Product/sumber: freepik.com/skincare

Sebuah produk skincare yang nantinya akan disebarluaskan kepada masyarakat harus didaftarkan terlebih dahulu pada BPOM untuk selanjutnya diuji. Adapun tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh produk skincare, seperti: uji validasi, formula, stabilitas produk, sampai dengan kandungan bahan yang digunakan pada produk skincare tersebut. 

Jika dari hasil pengujian tersebut menyatakan aman tanpa adanya kandungan yang dapat merugikan masyarakat, barulah BPOM mengeluarkan nomor registrasi pada produk tersebut. Tidak usai sampai di sini, produk skincare yang telah beredar di pasaran tersebut akan kembali diuji secara berkala. 

Pengujian kembali ini bertujuan untuk memastikan apakah produk tersebut benar-benar terjaga keamanan kandungan produknya atau tidak. Jika ditemukan hal yang menyalahi aturan, produk akan ditarik secara sepihak oleh BPOM. Tahapannya yang selektif dan panjang inilah, yang membuat suatu produk benar-benar terjaga kualitas dan keamanannya untuk masyarakat luas.

Apa Dampak Penggunaan Skincare Tanpa Izin BPOM?

Dampak skincare ilegal
Skincare Product/sumber: freepik.com/skincare

Wajah putih, bersih, awet muda memang idaman sekali. Namun dibalik itu semua, kulit sehatlah yang paling terpenting untuk kita miliki. Penggunaan skincare tanpa izin resmi dari BPOM dapat memberikan dampak buruk yang luar biasa hebatnya. 

Adapun beberapa dampaknya yang bisa terjadi adalah sebagai berikut:

  • Memicu tumbuhnya jerawat,
  • Menimbulkan reaksi alergi sampai iritasi pada kulit,
  • Beresiko menyebabkan kanker kulit,

Dari beberapa dampak tersebut, bukankah sangat menyeramkan jika terjadi Ladies? Maka dari itu, pilihlah produk perawatan wajah yang benar-benar resmi dan berizin BPOM. Beautynesian, menikmati hasil akan lebih baik daripada nantinya diserang bahaya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id