sign up SIGN UP

SKINCARE

Kesalahan dalam Perawatan Kulit Berjerawat, Hindari Ya!

Henny Alifah | Jumat, 04 Sep 2020 23:00 WIB
Kesalahan dalam Perawatan Kulit Berjerawat, Hindari Ya!
caption

Berbagai jenis skincare sudah kamu coba, berbagai tips dan trik merawat kulit berjerawat sudah kamu terapkan, tetapi jerawat tak kunjung hilang? Pertama-tama, mengobati kulit berjerawat memang bisa jadi rumit dan memakan banyak waktu. Kedua, bisa jadi kamu memiliki kebiasaan yang justru memperparah jerawat.

Misalnya seperti berikut ini. Simak yuk, Ladies!

1. Menggunakan acne spot treatment sepanjang waktu

acne spot treatment dapat menghilangkan jerawat tetapi tidak dapat mencegah timbulnya jerawat baru
Kesalahan Perawatan Kulit Berjerawat/ Foto: Freepik.com

Acne spot treatment memang cara paling cepat untuk menghilangkan jerawat, namun perawatan ini tidak bisa mencegah munculnya jerawat baru. Buat tipe kulit berjerawat, tentunya ini akan jadi masalah karena hanya mengatasi jerawat di permukaan dan tidak sampai ke akar.


Penting untuk diketahui juga, penggunaan acne spot treatment yang terlalu dini, saat jerawat baru muncul, kurang baik untuk kulit. Infeksi yang terjadi pada jerawat perlu dikeluarkan terlebih dahulu, jika kamu langsung menggunakan acne spot treatment saat jerawat baru tumbuh maka lapisan permukaan kulit kering mati dan menghalau keluarnya infeksi. Akibatnya, bekas jerawat yang tertinggal akan semakin gelap. Untuk itu, biarkan jerawat tumbuh terlebih dahulu selama kurang lebih tiga hari, baru kemudian gunakan acne spot treatment untuk mengeringkan jerawat.

2. Hanya melakukan perawatan saat sedang berjerawat

alih-alih menunggu jerawat muncul, perawatan kulit berjerawat sebaiknya dilakukan setiap hari dengan memakai skincare yang dapat mencegahnya
Kesalahan Perawatan Kulit Berjerawat/ Foto: Freepik.com

Jika kulit rentan berjerawat, jangan tunggu jerawat muncul untuk merawatnya. Daripada mengobati jerawat saat muncul, akan lebih efektif menggunakan produk lembut yang mengandung salicylic acid setiap hari. Langkah ini akan membantu mencegah munculnya jerawat dan salicylic acid adalah bahan anti inflamasi, jadi juga meminimalkan iritasi.

3. Eksfoliasi berlebihan 

eksfoliasi berlebihan tidak bagus untuk kulit berjerawat karena dapat membuat jerawat meradang
Kesalahan Perawatan Kulit Berjerawat/ Foto: Freepik.com

Kamu mungkin tergoda untuk mencoba mengelupas lapisan kulit luar dengan harapan jerawat akan ikut terkelupas. Namun, mengelupas jerawat dapat menarik sel-sel kulit yang sehat dan menciptakan luka terbuka serta risiko lebih tinggi untuk jaringan parut.

Lakukan eksfoliasi hanya satu atau dua kali seminggu. Hindari scrub apa pun yang bersifat abrasif, termasuk scrub fisik, dan coba eksfoliator dengan kandungan fruit acids atau alpha hydroxy acids yang lembut, seperti Kate Somerville ExfoliKate Cleanser Daily Foaming Wash.

4. Menggunakan benzoyl peroxide dengan jumlah yang tinggi

perawatan kulit berjerawat menggunakan benzoyl peroxide dengan jumlah yang tinggi punya efek samping bikin kulit iritasi
Kesalahan Perawatan Kulit Berjerawat/ Foto: Freepik.com

Salah satu perawatan kulit berjerawat yang ampuh adalah menggunakan benzoyl peroxide. Tetapi terlalu berlebihan menggunakannya tidak selalu berarti lebih baik. Pemakaian benzoyl peroxide dalam jumlah tinggi (biasanya yang tertinggi adalah 10 persen) diketahui dapat lebih mengiritasi tetapi tidak lebih efektif daripada yang kadarnya lebih rendah. Pertimbangkan untuk menggunakan produk dengan kandungan benzoyl peroxide sebanyak 2.5 persen seperti Paula's Choice Clear Daily Skin Clearing Treatment in Regular Strength, produk ini juga dilengkapi dengan bisabolol dan allantoin yang menenangkan serta menghilangkan noda tanpa membuat kering kulit di sekitarnya.  

5. Buru-buru membilas wajah

buru-buru membilas wajah dapat membuat produk pembersih tidak bekerja maksimal dalam mengatasi kulit berjerawat
Kesalahan Perawatan Kulit Berjerawat/ Foto: Freepik.com

Kamu mungkin sudah menggunakan pembersih salicylic acid yang terbaik tetapi jerawat masih saja muncul lagi dan lagi. Ini bukan selalu berarti produknya yang salah atau tak cocok di kulit.

Pembersih membutuhkan waktu kontak pada kulit untuk dapat bekerja. Jika hanya berada di wajah selama beberapa detik, produknya tidak punya waktu untuk melakukan tugasnya. Setidaknya pijatkan dulu pembersih ke wajah sambil nyanyikan lagu alfabet, baru kemudian bilas sampai bersih.

6. Tidak menggunakan pelembap

kulit berminyak tetap membutuhkan pelembap agar tidak kekeringan yang kemudian dapat membuat kulit berjerawat
Kesalahan Perawatan Kulit Berjerawat/ Foto: Freepik.com

Kulit berminyak sekalipun tetap perlu diberi pelembap. Kadar minyak dan kadar air dalam kulit adalah sesuatu yang berbeda. Kamu mungkin memiliki kulit berminyak, tetapi itu tidak menghalangi terjadinya kekeringan di kulit. Kekeringan yang berlebihan akan menyebabkan iritasi dan memperparah jerawat.

Melewatkan pelembap justru akan menyebabkan kulit mengalami toleransi berlebihan dengan lebih banyak minyak. Buat kulit berminyak, gunakan pelembap bebas minyak seperti Neutrogena Hydro Boost Water Gel.

7. Percaya pada setiap tips perawatan kulit berjerawat yang kamu lihat di media sosial

untuk perawatan kulit berjerawat, jangan mudah percaya dengan trik-trik yang beredar di media sosial tanpa cek-ricek kebenarannya terlebih dahulu
Kesalahan Perawatan Kulit Berjerawat/ Foto: Freepik.com

Kamu mungkin pernah membaca atau mendengar bahwa pasta gigi efektif untuk menghilangkan jerawat. Nyatanya, tidak selalu demikian. Mentol atau kayu manis dalam pasta gigi sangat mengiritasi dan bahkan dapat menyebabkan luka bakar kimiawi ringan pada kulit. Perawatan kulit berjerawat lainnya seperti lem sebagai penghilang komedo juga sebaiknya tidak kamu lakukan.

Itu tadi tujuh kesalahan dalam perawatan kulit berjerawat. Selain ketujuh kesalahan tersebut, kadang sarung bantal yang jarang diganti, kacamata yang tak pernah dibersihkan, atau produk rambut yang kamu pakai juga dapat menimbulkan jerawat. Jadi, pastikan kebersihan barang yang kamu pakai sehari-hari, terutama yang berpotensi akan bersentuhan dengan kulit wajah.

Foto: Freepik.com
Foto: Freepik.com
Tidak Selalu Merawat Kulit/ Pexels.com
Tidak Selalu Merawat Kulit/ Pexels.com
Obat Jerawat/ Foto: Pexels.com
Obat Jerawat/ Foto: Pexels.com
Bersihkan Wajah/ Foto: Pexels.com
Bersihkan Wajah/ Foto: Pexels.com
Foto: Freepik.com
Tidak Selalu Merawat Kulit/ Pexels.com
Obat Jerawat/ Foto: Pexels.com
Bersihkan Wajah/ Foto: Pexels.com
(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id