sign up SIGN UP

SKINCARE

Kesalahan Eksfoliasi yang Membuat Kulit Wajah Rusak

Sulistiowati | Selasa, 15 Oct 2019 08:15 WIB
Kesalahan Eksfoliasi yang Membuat Kulit Wajah Rusak
caption
Sel-sel kulit yang tidak segera dibersihkan aka terus menumpuk. Memicu munculnya masalah kulit, seperti wajah kusam, jerawat, sampai kerutan dibagian tertentu. Untuk mencegahnya, lakukan eksfoliasi yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati.

Saat ini banyak sekali trend perawatan untuk membersihkan kotoran pada kulit wajah. Pasalnya sel kulit mati dan kotoran tidak dapat terangkat hanya dengan cuci muka saja. Salah satu cara merawat wajah yang paling populer adalah eksfoliasi.


Eksfoliasi terbukti membuat kulit tetap cerah dan tidak kusam. Caranya mudah Ladies, bisa menggunakan scrub atau produk berbahan dasar kimia khusus eksfoliasi. Tapi sayangnya, banyak yang belum memahami penggunaan eksfoliasi dengan benar. Kesalahan ini dapat merusak kulit wajah.
 


Tidak Mengetahuai Waktu yang Tepat Untuk Eksfoliasi


Memang eksfoliasi memiliki banyak manfaat yang baik untuk kulit. Akan tetapi, perawatan wajah ini tidak dianjurkan dilakukan setiap hari. Eksfoliasi yang berlebihan membuat wajah kehilangan minyak alaminya. Lama kelamaan kulit menjadi kering dan mudah iritasi.


Foto: Istimewa

Penggunaan facial wash yang dilengkapi dengan scrub juga tidak baik digunakan setiap hari. Penggunaan eksfoliasi tergantung jenis kulit yang dimiliki. Kulit sensitif disarankan melakukan eksfoliasi setidaknya dua kali dalam seminggu. Untuk kulit normal lakukan tiga kali dalam seminggu. Sementara untuk kulit berminyak, lakukan eksfoliasi lima kali seminggu.
 


Eksfoliasi Hanya pada Area Tertentu Saja


Ketahui bahwa semua kulit dapat menghasilkan sel kulit mati. Tapi sering kali terjadi, Ladies melakukan perawatan wajah hanya dibagia T-Zone saja. Menekankan eksfoliasi pada bagian dahi, hidung, pipi, dan dagu. Padahal semua area wajah memerlukan eksfoliasi. Hasilnya akan lebih maksimal dilakukan merata di seluruh wajah.



 


Lupa Menggunakan Pelembap


Tujuan utama melakukan eksfoliasi adalah mengangkat sel kulit mati. Artinya kulit lapisan kulit luar terkelupas. Sehingga membuat kulit wajah semakin sensitif, terutama terhadap paparan sinar UV. Kondisi ini mengharuskan Ladies menggunakan pelembap atau sunscreen. Bukan hanya saat keluar rumah, gunakan pelembap setelah melakukan eksfoliasi untuk mencegah peradangan kulit dan menjaga kelembapan.


Foto: Istimewa


 


Menggosok Terlalu Keras


Kebiasaan buruk lain yang sering dilakukan, menggosok terlalu keras. Mulai sekarang buang jauh-jauh kebiasaan ini karena dapat membuat kulit kering dan luka. Gosok secara lembut dengan gerakan memutar. Gerakan ini dapat membuat wajah kencang dan melancarkan aliran darah. Bagian ini merupakan cara merawat wajah yang paling penting.



 


Jangan Melakukan Perawatan Saat Berjerawat


Eksfoliasi tidak baik dilakukan saat kulit berjerawat. Saat proses ekfoliasi bakteri penyebab jerawat dapat menyebar dengan mudah. Akibatnya jerawat semakin parah. Selain itu, eskfoliasi yang terlalu sering saat kulit berjerawat dapat meninggalkan noda hitam nantinya.


Foto: Istimewa


 


Rutin melakukan perawatan wajah memang baik untuk penampilan dan kesehatan kulit, Ladies. Tapi, tetap perhatikan cara merawat wajah dengan baik dan benar. Sebaiknya kenali terlebih dahulu kondisi kulit sebelum melakukan serangkaian perawatan.


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id