sign up SIGN UP

SKINCARE

Ketahui 5 Alasan yang Membuat Wajah Kamu Breakout

Intan Dwi | Minggu, 25 Apr 2021 19:00 WIB
Ketahui 5 Alasan yang Membuat Wajah Kamu Breakout
caption

Breakout pada kulit wajah disebabkan oleh jerawat yang dipicu oleh hormon dan produksi minyak yang berlebihan. Pada dasarnya, hormon meningkatkan produksi minyak yang menyumbat folikel rambut dan menyebabkan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat yang dikenal sebagai P. acne.

Kulit setiap orang berbeda, karena itu tidak ada bahan atau rutinitas yang dapat bekerja untuk semua orang. Tapi mungkin kamu bisa mempertimbangkan kembali beberapa pola kebiasaan yang dapat memicu munculnya jerawat baru.

Berikut ini adalah alasan yang membuat wajah kamu breakout, yuk simak!

Tidak cukup membersihkan wajah dan sarung bantal

Kalau kamu tidak mencuci muka sebelum tidur, maka semua kotoran itu nantinya pindah ke sarung bantal kamu yang dipindahkan lagi ke wajah kamu.
Tidak cukup membersihkan wajah dan sarung bantal/freepik.com

Setelah melakukan segudang aktivitas seharian, debu, minyak, riasan dan kotoran menumpuk di kulit. Kalau kamu tidak mencuci muka sebelum tidur, maka semua kotoran itu nantinya pindah ke sarung bantal kamu yang dipindahkan lagi ke wajah kamu.

Padahal jika kulit kamu terkena paparan jenis kotoran dalam jangka panjang, bersama dengan wajah yang bergesek dengan sarung bantal dapat meningkatkan peradangan dan jerawat. Selain itu, pada area kulit yang berminyak juga bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang dapat menginfeksi kulit.

Scrub wajah membuat jerawat kamu semakin parah

Bukannya membuat wajah semakin halus, justru scrub terlalu sering hanya akan membuat jerawat kamu bertambah buruk.
Scrub wajah membuat jerawat kamu semakin parah/freepik.com

Memang tidak melakukan eksfoliasi secara teratur merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat. Tetapi kalau kamu berpikiran bahwa semakin sering menggosok kulit, baik dengan washlap, scrub atau sikat pembersih itu akan menghilangkannya, kamu salah.

Bukannya membuat wajah semakin halus, justru itu hanya akan membuat jerawat kamu bertambah buruk. Jadi lebih baik lakukan seminggu sekali atau dua kali, dan perbaiki pelindung kulit untuk mencegah masuknya bakteri menjadi kunci utama.

Masker kain menyebabkan maskne

Biasanya jerawat maskne ini akan muncul di area dagu, garis rahang dan pipi. Hal itu disebabkan karena kulit mengalami gesekan berulang kali hingga membuat luka kecil.
Masker kain menyebabkan maskne/pexels.com

Penggunaan masker yang terlalu lama dapat menimbulkan kondisi maskne atau mask acne. Biasanya jerawat maskne ini akan muncul di area dagu, garis rahang dan pipi. Hal itu disebabkan karena kulit mengalami gesekan berulang kali hingga membuat luka kecil.

Keringat, minyak, bakteri dan kelembapan yang terperangkap di bawah penutup wajah juga bisa menjadi tempat berkembang biak yang sempurna untuk jerawat.

Stres

Stres dapat menyebabkan munculnya jerawat dan jerawat menghasilkan lebih banyak stres, lingkaran itu memang berbahaya.
Stres/freepik.com

Stres dapat menyebabkan munculnya jerawat dan jerawat menghasilkan lebih banyak stres, lingkaran itu memang berbahaya. Ketika kamu berada di bawah tekanan, maka kulit menghasilkan hormon stres, termasuk kortisol, yang dapat merangsang kelenjar minyak kamu untuk membuat testosteron.

Hal ini yang kemudian akan meningkatkan produksi minyak kamu berlebih, menyumbat pori-pori dan dapat menyebabkan jerawat di bawah permukaan kulit.

Mengeringkan wajah dengan terlalu banyak krim

salicylic acid, benzoyl peroxide dan sulfur dapat mengeringkan kulit kamu dan memicu menghasilkan lebi banyak minyak yang kemudian di susul jerawat.
Mengeringkan wajah dengan terlalu banyak krim/pexels.com

Mungkin sebagian orang merasa risih dan terbebani dengan kemunculan jerawat, karena itu mereka akan segera membasminya atau mengeringkan kulit dengan krim untuk jerawat. Tapi tahu enggak sih, kalau cara itu justru akan memperparah kondisi kulit wajah kamu?

Lebih baik jangan bereaksi berlebihan dengan memperlakukan secara berlebihan. Perawatan over-the-counter dari penggunaan salicylic acid, benzoyl peroxide dan sulfur dapat mengeringkan kulit kamu dan memicu menghasilkan lebih banyak minyak yang kemudian di susul jerawat.

Selain itu, bahan aktifnya dapat sedikit membakar lapisan atas kulit kamu, membuatnya tampak merah jika kamu menggunakan semua bahan dan terlalu sering.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id