sign up SIGN UP

SKINCARE

Ketahui 5 Penyebab Jerawat Punggung

Intan Kumala | Rabu, 27 Jan 2016 05:00 WIB
Ketahui 5 Penyebab Jerawat Punggung
caption
Jerawat tak hanya muncul pada wajah tapi juga punggung dan dada. Dimanapun jerawat tumbuh tetap memberikan kesan tidak nyaman dan rasa gatal. Penyebabnya sama seperti jerawat di wajah, banyaknya produksi sebum atau minyak yang berlebihan sehingga menyumbat pori-pori. Ketika pori-pori tersumbat dapat menyebabkan komedo kemudian berkembang menjadi jerawat. Penyebab lainnya bisa terjadi karena beberapa hal berikut:

1. Bahan Baju


Baju yang terlalu ketat dan berbahan lycra dan polyester menyebabkan timbulnya jerawat punggung. Pasalnya bahan tersebut tidak dapat menyerap keringat dengan baik. Keringat menjadi salah satu penyebab jerawat yang bisa menjadi bakteri punggung. Sebaiknya pilih baju berbahan linen sehingga tidak mudah panas serta pilih baju yang longgar.
Foto: https://bajumodelbaru.com/blog/hal-hal-yang-perlu-diperhatikan-dalam-memilih-pakaian

2. Kondisioner


Memiliki rambut panjang tentu memerlukan perawatan khusus. Salah satunya dengan memakai kondisioner setelah keramas. Tapi, hati-hati kondisioner bisa menyebabkan timbulnya jerawat punggung. Kandungan silikon pada kondisioner untuk rambut berkilau bila terpapar pada tubuh dapat menimbulkan jerawat. Sebaiknya bilas rambut setelah menggunakan kondisioner dan bersihkan tubuh terutama punggung dengan sabun.

5. Pelembut Pakaian


Pelembut pakaian akan semakin membuat punggung berjerawat terutama untuk kulit sensitif. Untuk itu hindari mencuci baju dengan pelembut pakaian cukup menggunakan deterjen saja. Pelembut pakaian mengandung zat kimia yang membuat iritasi kulit.

6. Parfum yang Tidak Cocok


Beberapa bagian tubuh lain yang bisa menimbulkan jerawat adalah leher. Hal ini disebabkan karena parfum yang disemprotkan langsung berefek pada kulit terutama untuk kulit sensitif. Parfum terbuat dari bahan kimia yang dapat membakar kulit. Untuk itu hati-hati memilih parfum terutama untuk kulit sensitif.
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id