sign up SIGN UP

SKINCARE

Ketahui Beberapa Alasan yang Menyebabkan Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Intan Dwi | Minggu, 18 Oct 2020 10:00 WIB
Ketahui Beberapa Alasan yang Menyebabkan Bibir Kering dan Pecah-Pecah
Ketahui Beberapa Alasan yang Menyebabkan Bibir Kering dan Pecah-Pecah/instagram.com/nivea
Jakarta -

Tidak sedikit orang yang mengalami bibir kering dan pecah-pecah, karena itu mereka pun jadi gemar mengelupas bibir. Padahal itu cara yang salah, karena nantinya dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan bibir. Selain dehidrasi, bibir kering juga bisa disebabkan beberapa alasan. Berikut ini adalah lima alasan yang membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

Terlalu Lama Terpapar Sinar Matahari

Sama halnya seperti kulit, terlalu lama terpapar sinar matahari juga bisa membuat bibir menjadi kering dan kaku sehingga mengakibatkan pecah-pecah.
Terlalu Lama Terpapar Sinar Matahari/unsplash.com

Sama halnya seperti kulit, terlalu lama terpapar sinar matahari juga bisa membuat bibir menjadi kering dan kaku sehingga mengakibatkan pecah-pecah. Jadi kalau kamu tidak melindungi bibir dari sinar UV matahari, itu juga bisa menyebabkan peradangan. Nantinya peradangan yang diakibatkan sengatan matahari bisa membuat bibir kamu terkelupas saat sel-sel kulit membaik.


Kamu bisa menggunakan beberapa pengobatan kulit untuk bibir pecah-pecah untuk mengobatinya. Pastikan juga selalu aplikasikan lipbalm dengan SPF meskipun cuaca sedang mendung ataupun hujan.

Kekurangan Vitamin

Kalau kamu tidak mengkonsumsi vitamin B, mungkin kamu mengalami berbagai masalah kulit, seperti bibir kering.
Kekurangan Vitamin/pexels.com

Vitamin B memiliki peran penting dalam fungsi tubuh kamu secara teratur, seperti memberikan energi, membantu sistem kekebalan untuk melawan penyakit dan berkontribusi pada kesehatan kulit. Kalau kamu tidak mengkonsumsi vitamin B, mungkin kamu mengalami berbagai masalah kulit, seperti bibir kering.

Tak hanya membuat bibir kering, orang yang tidak mengkonsumsi vitamin B juga akan disertai dengan ruam yang tampak di sekitar mulut. Cara mengatasi agar vitamin B dalam tubuh tercukupi, makan banyak makanan yang kaya akan vitamin B, seperti telur dan daging tanpa lemak.

Sering Menjilat Bibir

Banyak orang yang berpikir dengan menjilat bibir dapat melembapkan bibir kering. Tapi apakah kamu tahu, kalau ini menjadi salah satu cara terburuk
Sering Menjilat Bibir/pexels.com

Banyak orang yang berpikir dengan menjilat bibir dapat melembapkan bibir kering. Tapi apakah kamu tahu, kalau ini menjadi salah satu cara terburuk untuk mengatasi bibir kering? Yap, lebih baik cara ini tidak dilakukan lagi karena air liur terdiri dari enzim yang mendorong pertumbuhan jamur.

Menjilat bibir secara berlebihan juga akan membuat penumpukan air liur di sudut mulut. Daripada menjilati bibir, lebih baik minum banyak air atau gunakan lipbalm.

Dehidrasi

Bibir, mulut, kulit dan mata kering merupakan tanda-tanda kalau kamu dehidrasi atau kekurangan air.
Dehidrasi/pexels.com

Bibir, mulut, kulit dan mata kering merupakan tanda-tanda kalau kamu dehidrasi atau kekurangan air. Karena itu, untuk menghindari dehidrasi kamu bisa konsumsi air putih setidaknya delapan gelas dalam sehari. Selain itu, kamu juga harus mengaplikasikan pelembap bibir dengan bahan-bahan yang melembapkan, seperti jojoba oil atau shea butter.

Terlalu Banyak Vitamin A

Selain alasan di atas, terlalu banyak mengonsumsi vitamin A juga menjadi penyebab dari bibir kering.
Terlalu Banyak Vitamin A/freepik.com

Selain alasan di atas, terlalu banyak mengonsumsi vitamin A juga menjadi penyebab dari bibir kering. Toksisitas vitamin A dapat terjadi kalau kamu terlalu banyak mengonsumsi suplemen, biasanya vitamin A terkandung dalam suplemen diet.

Jadi kamu harus berhati-hati dalam mengonsumsi suplemen vitamin A karena jumlah vitamin A yang berlebihan disimpan di hati dan itu akan menumpuk dari waktu ke waktu. Hal itu nantinya akan menyebabkan berbagai gejala, seperti keretakan di sudut mulut, kekeringan dan pengelupasan kulit.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id