sign up SIGN UP

SKINCARE

Ketahui Segala Hal Mengenai Allantoin, Bahan Skincare yang Menenangkan Kulit

Intan Dwi | Senin, 15 Feb 2021 10:30 WIB
Ketahui Segala Hal Mengenai Allantoin, Bahan Skincare yang Menenangkan Kulit
caption
Jakarta -

Allantoin atau aluminum dihydroxy allantoinate merupakan salah satu kandungan dalam produk perawatan kulit yang bekerja menenangkan kulit. Bagi kalian penggemar K-Beauty atau J-Beauty pasti tidak asing lagi dengan bahan yang satu ini. Biasanya bahan ini sering ditemukan dalam produk skincare yang ditujukan untuk kulit berjerawat.

Selain dapat menenangkan kulit, allantoin juga menjadi bahan anti-penuaan yang efektif dan menjadi kandungan skincare untuk meremajakan sel yang kuat. Berikut ini penjelasan mengenai allantoin yang harus kamu ketahui!

Apa itu Allantoin?

Bahan ini memiliki khasiat penyembuhan dan menenangkan, selama berabad-abad daun comfrey digunakan untuk membantu menyembuhkan luka kulit ringan
Apa itu Allantoin/freepik.com

Allantoin atau yang dikenal juga sebagai aluminum dihydroxy allantoinate merupakan ekstrak dari tanaman comfrey yang berasal dari daerah beriklim sedang di Asia dan Eropa. Bahan ini memiliki khasiat penyembuhan dan menenangkan, selama berabad-abad daun comfrey digunakan untuk membantu menyembuhkan luka kulit ringan dan bengkak.

Dilansir dari Byrdie, meskipun dapat diekstraksi untuk penggunaan kosmetik tapi dari sebagian besar sumber ini yang sering ditemukan dalam produk adalah versi buatan laboraturium. Tetapi kedua versi ini aman dan efektif bila digunakan dalam perawatan kulit tingkat lanjut dan menjadi semakin populer untuk kemanjuran dan hasil.

Allantoin hadir dalam bentuk bubuk dan juga ditemukan di banyak krim dan cairan, seperti pelembap, eksfoliator dan masker. Meskipun studi ilmiah mengenai allantoin masih kurang, tetapi ada bukti anekdot yang membantu melembapkan kulit dengan eksfoliasi dan mengangkat sel kulit mati yang mencegah humektan alami mengikat dan menahan air di kulit.

Manfaat-manfaat Allantoin

Kandungan ini bersifat multiguna untuk memperbaiki kulit, seperti menenangkan kulit, eksfoliasi, meremajakan sel
Manfaat Allantoin/freepik.com

Kandungan ini bersifat multiguna untuk memperbaiki kulit, seperti yang ada di bawah ini:

Menenangkan kulit, allantoin memiliki fungsi tambahan sebagai agen penenang. Selain menenangkan, ini juga melindungi kulit dengan membentuk kompleks dengan agen iritan dan peka.

Eksfoliasi, rupanya allantoin juga keratolitik yang berarti mengeksfoliasi sel kulit mati dan ini membantu deskuamasi, pelepasan membran terluar atau lapisan jaringan dari dalam ke luar.

Meremajakan sel, meski lembut bahan ini juga bisa menjadi bahan anti penuaan yang efektif, karena allantoin ini sangat bermanfaat dalam memfalisitasi sintesis kolagen. Allantoin merangsang fibroblast, sel yang bertanggung jawab untuk memproduksi kolagen dan meningkatkan sintesis matriks ekstraseluler. Itulah alasan kandungan ini menjadi peremajaan yang kuat.

Meningkatkan penyembuhan kulit, allantoin juga telah dikenal sebagai bahan yang dapat membantu menenangkan kulit yang terluka
Manfaat allantoin/freepik.com

Meningkatkan penyembuhan kulit, allantoin juga telah dikenal sebagai bahan yang dapat membantu menenangkan kulit yang terluka dan mempercepat penyembuhan luka dan sering digunakan untuk mengobati iritasi kulit dan ruam.

Menghidrasi, sifat keratolitik dari allantoin dapat meningkatkan kandungan air dalam sel, oleh karena itu dapat melawan kerusakan kehilangan air transepidermal di dermis yang membuat kulit tampak plump dan awet muda.

Efek samping Allantoin

Secara umum, allantoin tidak beracun dan aman untuk penggunaan kosmetik. Selain itu, ini juga tidak menyebabkan iritasi, karena ini adalah anti penuaan
Efek samping Allantoin/freepik.com

Secara umum, allantoin tidak beracun dan aman untuk penggunaan kosmetik. Selain itu, ini juga tidak menyebabkan iritasi, karena ini adalah anti penuaan yang lembut dalam skincare. Bahan ini baik untuk sebagian besar jenis kulit, termasuk kulit sensitif karena memiliki fungsi tambahan sebagai agen penenang.

Tetapi ada kemungkinan sebagian orang alergi pada ramuan ini, terutama jika digunakan langsung dari daun comfrey yang dihancurkan dan ini harus dihindari. Karena itu, uji tempel tetap harus kamu lakukan sebelum menambahkan produk baru ke rutinitas harian kamu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id