sign up SIGN UP

SKINCARE

Kulit di Area Mata Kering? Rawat dengan Cara Ini

Jovita | Selasa, 28 Jul 2020 19:00 WIB
Kulit di Area Mata Kering? Rawat dengan Cara Ini
caption

Dimanapun kemunculannya, kulit kering tidak menyenangkan. Tapi saat berada di bawah mata, tentu bisa sangat menyusahkan. Jika kamu mendapati kulit mengencang atau terkelupas di area mata, kamu perlu melakukan perawatan yang tepat.

Kulit di area mata lebih tipis dan lebih halus daripada bagian tubuh lainnya. Kulit di area mata tidak mampu mempertahankan kelembapan dan lebih rentan kering.

Tidak hanya tidak sedap dipandang, kulit kering juga pastinya terasa tidak nyaman. Kulit yang terkelupas dapat dengan cepat memunculkan rasa gatal, iritasi, pecah-pecah, memerah, atau bahkan berubah warna. Yuk, segera atasi dengan sejumlah cara ini!


Jangan pakai produk yang kasar di kulit

Scrub/ Foto: Pexels.com
Scrub/ Foto: Pexels.com

Kamu mungkin sudah familiar dengan pernyataan "hindari area mata" dari berbagai produk skincare yang kamu gunakan. Bukan tanpa alasan, kamu tidak boleh sembarangan mengaplikasikan produk skincare di area mata karena kulit di area wajah satu ini 40% lebih tipis dari area wajah lain dan jauh lebih sensitif, Ladies.

Karena mata, kelopak mata, dan kulit di sekitar mata sangat halus, sebagian besar produk skincare tidak aman untuk area ini, khususnya produk yang terlalu kasar seperti scrub atau peeling.

Kamu perlu menggunakan produk yang memang diformulasikan khusus untuk area mata. Jawaban tepatnya tentu saja adalah eye cream. Pastikan kamu menggunakan produk eye cream dengan bahan yang sesuai dan cocok untuk kulitmu, ya.

Biar lebih nyaman digunakan, kamu bisa menyimpan eye cream dalam kulkas. Cara ini terutama bermanfaat jika kamu memiliki mata bengkak karena dapat merangsang sirkulasi. Oleskan di area mata dengan jari kelingking dan dengan lembut ya, Ladies.

Hidrasi dan perawatan wajah dasar

Produk Perawatan Wajah/ Foto: Pexels.com
Produk Perawatan Wajah/ Foto: Pexels.com

Dehidrasi dapat menyebabkan pembengkakan dan kekeringan di area mata, Ladies. Jadi, pastikan kamu mengonsumsi banyak air sepanjang hari dan perhatikan juga asupan garam, ya.

Selain menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik, penting juga bagimu untuk secara rutin menggunakan produk perawatan wajah yang dasar. Pastikan kamu selalu menggunakan cleanser, toner, pelembap, dan sunscreen setiap hari untik menjaga kesehatan kulit wajah secara menyeluruh.

Penggunaan skincare dengan kandungan tertentu bisa berpengaruh terhadap kondisi kulit di area mata. Jadi, pastikan kamu menggunakan skincare yang memang cocok dengan jenis kulitmu.

Istirahat yang cukup dan basuh wajah dengan air hangat

Tidur & Air Hangat/ Foto: Pexels.com
Tidur & Air Hangat/ Foto: Pexels.com

Pastikan kamu mendapatkan 7-8 jam mata tertutup per malam sehingga mata kamu memiliki cukup waktu untuk meremajakan dirinya. Penting juga untuk selalu menggunakan air hangat (bukan air panas) saat membilas area mata.

Jangan stres dan hindari kebiasaan buruk

Stres/ Foto: Pexels.com
Stres/ Foto: Pexels.com

Aneh tapi nyata, hampir semua penyakit dan masalah-masalah sekitar kesehatan dan kecsntikan dihubungkan dengan stres, termasuk keringnya kulit di area mata. Jadi, sebisa mungkin berusahalah untuk menghindari stres dengan cara menerapkan pola makan dan pola hidup sehat, ya.

Penting juga bagimu untuk menghindari benerapa kebiasaan buruk sederhana seperti terlalu sering mengucek mata atau membasuh wajah menggunakan air panas. Kebiasaan buruk seperti itu dapat membuat area mata lebih cepat lelah dan stres.

Pastikan produk makeup mata belum kadaluarsa

Riasan Mata/ Foto: Pexels.com
Riasan Mata/ Foto: Pexels.com

Mungkin karena bukan makanan, banyak orang kerap lupa mengecek secara berkala tanggal kadaluarsa produk makeup yang digunakan, termasuk produk makeup untuk area mata. Meskipun sepertinya sepele, hal ini sangat signifikan dampaknya terhadap kondisi kulit di area mata, Ladies. 

Selain memperhatikan tanggal kadaluarsa, penting juga bagimu untuk memastikan kebersihan produk yang kamu gunakan. Rutinlah juga membersihkan kuas dan permukaan produk makeup yang digunakan secara berkala agar penggunaannya tidak menyebabkan mata jadi iritasi dan menunjukkan reaksi alergi, ya.

Semoga bermanfaat!

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id