sign up SIGN UP

SKINCARE

Kulit Perlu Eksfoliasi, Ada 3 Cara yang Bisa Kamu Lakukan

Dyah Na | Rabu, 03 Jun 2020 09:00 WIB
Kulit Perlu Eksfoliasi, Ada 3 Cara yang Bisa Kamu Lakukan
caption
Jakarta -

Mungkin sudah banyak dari kamu yang tahu kalau kulit kita terus beregenerasi untuk memastikan kulit baru menggantikan fungsi dari kulit mati. Sayangnya, seiring bertambahnya usia, kemampuan kulit untuk beregenerasi secara alami akan mengalami penurunan. Akibatnya, kulit mati akan sulit terlepas dan membuat kulitmu tampak lebih kusam. Untuk mengatasinya, kamu bisa membantu proses regenerasi kulit dengan melakukan eksfoliasi. Afa 3 cara eksfoliasi yang bisa kamu lakukan nih, Ladies. Apa saja?


Eksfoliasi Menggunakan Scrub

image
Eksfoliasi Menggunakan Scrub / Freepik.com

Cara eksfoliasi kulit wajah yang paling umum dilakukan adalah dengan menggunakan scrub. Dengan cara ini, kamu akan menggunakan butiran-butiran scrub yang lembut untuk mengangkat sel kulit mati dari wajah. Cara ini ampuh untuk mengangkat kulit mati, kotoran, dan kulit kering secara instan. Tapi buat kamu yang punya kulit sensitif atau kulit berjerawat, sebaiknya hindari eksfoliasi kulit dengan scrub. Sementara untuk kamu yang berjenis kulit normal, bisa lakukan scrub setidaknya 1 kali seminggu.


Eksfoliasi Menggunakan Chemical Exfoliator

image
Eksfoliasi Menggunakan Toner / Freepik.com

Selain dengan scrub, kamu bisa mengeksfoliasi kulit dengan menggunakan chemical exfoliator atau dengan bahan-bahan kimia yang aman untuk kulit. Beberapa produk chemical exfoliator biasanya mengandung AHA (Alpha Hydroxy-Acids)  atau BHA (Beta Hydroxy-Acids). Kebanyakan, kandungan ini ada di dalam exfoliating toner yang nyaman digunakan pada kulit, cara pengaplikasiannya pun hanya tinggal diusap menggunakan kapas. Produk eksfoliasi ini lebih lembut dan ramah di kulit. Karena itu, chemical exfoliator cenderung lebih aman untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif dan berjerawat. Meskipun begitu, produk chemical exfoliator sebaiknya tidak digunakan secara berlebihan.



Eksfoliasi Menggunakan Exfoliating Tools

image
Eksfoliasi Menggunakan Exfoliating Tools / Freepik.com

Selain menggunakan produk skincare, kamu juga bisa mengeksfoliasi kulit dengan exfoliating tools. Produk pembersih wajah ini bisa bantu membersihkan kulit wajahmu dari kotoran dan kulit mati. Exfoliating tools biasanya hadir dalam bentuk brush yang lembut. Kamu bisa memilih exfoliating brush yang digerakkan secara manual atau yang bisa bergetar secara otomatis menggunakan baterai. Keduanya sama-sama bisa membersihkan wajah sekaligus mengangkat kulit mati dengan lembut dan maksimal. Namun sebaiknya, cukup gunakan alat pembersih wajah ini seminggu sekali agar kulit tidak over exfoliating ya, Ladies.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id