sign up SIGN UP

SKINCARE

Lactic Acid, Kandungan dalam AHA yang Punya Segudang Manfaat

Intan Dwi | Rabu, 07 Oct 2020 08:00 WIB
Lactic Acid, Kandungan dalam AHA yang Punya Segudang Manfaat
caption

Saat ini banyak orang yang menggunakan produk kecantikan untuk anti-penuaan, baik itu serum maupun krim. Salah satu kandungan skincare yang saat ini sedang digilai oleh banyak orang adalah lactic acid.

Lactic acid merupakan alpha hydroxy acid (AHA), bahan kimia yang berfungsi mengelupas kulit dengan lembut. Acid yang satu ini sebenarnya sama dengan jenis acid lainnya, tapi lactic acid ini lebih ramah digunakan untuk mereka yang memiliki kulit sensitif. Karena lactic acid berasal dari berbagai sumber termasuk vegan yang membuat jenis acid ini lebih ringan dibandingkan dengan jenis acid lainnya.

Berikut ini adalah manfaat lactic acid untuk kulit:


Eksfoliator Terbaik

Lactic acid akan bekerja untuk kulit dengan mengelupas lapisan luar kulit kamu dengan lembut.
Eksfoliator Terbaik/freepik.com

Lactic acid akan bekerja untuk kulit dengan mengelupas lapisan luar kulit kamu dengan lembut. Dengan begitu lactic acid dapat meningkatkan pergantian sel kulit yang akan membersihkan kulit mati secara mendalam. Nantinya, pengelupasan sel-sel kulit yang kusam dan mati akan menghasilkan kulit baru yang lebih cerah dan halus.

Mengurangi Jerawat

Dengan mengelupas sel kulit mati ditambah minyak berlebih, bisa mencegah pembentukan jerawat,
Mengurangi Jerawat/pexels.com

Pengelupasan kulit dengan lactic acid ini juga akan membantu menjaga pori-pori tetap bersih. Dengan mengelupas sel kulit mati ditambah minyak berlebih, bisa mencegah pembentukan jerawat, komedo atau komedo putih.

Mengurangi Garis Halus dan Kerutan

5% formula lactic acid yang dioleskan ke kulit dua kali sehari akan meningkatkan ketebalan dan kekencangan kulit. sehingga menghasilkan lebih sedikit garis halus dan kerutan.
Mengurangi Garis Halus dan Kerutan/pexels.com

Seringkali, kulit yang mengalami penuaan pasti membutuhkan bantuan untuk pengelupasan kulit. Karena biasanya sel-sel kulit normal dan sehat yang berada di lapisan luar kulit terlepas setiap dua hingga tiga minggu. Hal ini mungkin melambat karena terjadinya penuaan, dehidrasi dan stres lingkungan. Sehingga nanti muncul kulit yang kasar, bersisik dan membuat kulit tampak kusam.

Jika kamu ingin menghindari masalah yang satu ini, gunakan lactic acid untuk meningkatkan kekencangan dan kekenyalan kulit kamu. Karena 5% formula lactic acid yang dioleskan ke kulit dua kali sehari akan meningkatkan ketebalan dan kekencangan kulit. sehingga menghasilkan lebih sedikit garis halus dan kerutan.

Mengatasi Benjolan Pada Kulit

Selain untuk wajah, lactic acid ternyata juga sering dimasukkan ke dalam produk body lotion.
Mengatasi Benjolan Pada Kulit/freepik.com

Selain untuk wajah, lactic acid ternyata juga sering dimasukkan ke dalam produk body lotion. Terutama digunakan untuk mengobati keratosis pilaris yang muncul di punggung lengan atau kaki. Meskipun tidak berbahaya, tapi benjolan ini seringkali mengganggu karena itu gunakan lactic acid untuk mengatasinya.

Membunuh Bakteri

lactic acid ini bisa membantu membunuh infeksi kulit
Membunuh Bakteri/unsplash.com

Sebuah penelitian menemukan bahwa lactic acid ini bisa membantu membunuh infeksi kulit pada bayi baru lahir. Tentu ini juga akan berfungsi pada orang dewasa, termasuk jenis bakteri yang menjengkelkan dan menyebabkan jerawat.

Efek Samping Lactic Acid

jika ternyata bahan tersebut membuat kulit kamu merah dan iritasi. Lebih baik pertimbangkan kembali untuk menggunakan produk ini
Efek Samping Lactic Acid/unsplash.com

Lactic acid dikenal lebih lembut dan lebih menghidrasi kulit dibandingkan dengan AHA lainnya. Sehingga kandungan ini mungkin akan cocok untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Meskipun demikian, jika ternyata bahan tersebut membuat kulit kamu merah dan iritasi. Lebih baik pertimbangkan kembali untuk menggunakan produk dengan kandungan lactic acid yang lebih rendah atau tidak menggunakannya sama sekali.

Selain itu, karena semua AHA dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif saat terkena paparan sinar matahari. Jadi jangan lupa selalu gunakan sunscreen sebelum mulai aktivitas dan aplikasikan lactic acid saat pagi atau malam hari.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id