sign up SIGN UP

SKINCARE

Makna di Balik Istilah SPF pada Produk Sunblock

Lifia Mawaddah | Rabu, 29 Apr 2020 05:00 WIB
Makna di Balik Istilah SPF pada Produk Sunblock
caption
Indonesia adalah salah satu negara tropis. Nah, bagi kita yang tinggal di wilayah tropis, penting sekali untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari. Sebab, paparan sinar matahari dapat mengakibatkan penuaan dini, bahkan berisiko terkena kanker kulit.

Salah satu cara untuk melindungi kulit adalah dengan menggunakan sunblock. Biasanya pada kemasan produk sunblock terdapat istilah SPF beserta angka yang bervariasi. Buat kamu yang belum mengerti perbedaannya, yuk simak ulasan berikut ini!
 


Arti SPF dan PA


Sun Protection Factor atau SPF adalah indikator pelindung matahari dalam sebuah produk sunblock. Sedangkan angka yang tercantum adalah informasi tentang berapa lama sunblock tersebut akan bertahan untuk melindungi dirimu dari paparan sinar matahari. Tingginya angka SPF sebenarnya enggak terlalu menjamin melindungi kulitmu dari sinar UVA dan UVB. Tapi, sunblock yang memiliki angka tinggi mampu memberikan perlindungan dari risiko kerusakan kulit jangka panjang.


Foto: Istimewa

Selain itu, PA yang biasanya juga tertera pada sunblock artinya protection grade of UVA atau tingkat perlindungan dari UVA. Selain itu, tanda plus yang tertera juga menandakan tingkat perlindungan dari sunblock tersebut. Semakin banyak tanda plus maka semakin tinggi tingkat perlindungannya.
 



Perbedaan UVA dan UVB


Pernah enggak kamu mendengar atau melihat istilah UVA dan UVB. Nah kedua istilah ini adalah tipe sinar matahari. Huruf A pada UVA berarti “aging” sementara huruf B pada UVB berarti “burning”. Untuk gelombang UVB yang diserap sunblock juga bervariasi sesuai dengan tingkat SPF-nya. Misalnya SPF 15 memiliki kemampuan proteksi 93,3 persen terhadap sinar UVB. SPF 30 memiliki kemampuan proteksi 96,7 persen, dan SPF 50 memiliki kemampuan proteksi 98 persen terhadap sinar UVB. Sebaiknya, pilihlah sunblock yang melindungi dari keduanya agar proteksi lebih maksimal.


Foto: Istimewa


 


Berapa Lama Sunblock Dapat Bertahan?


Angka SPF yang tertera pada kemasan sunblock menunjukkan waktu proteksi dari produk tersebut. Tapi angka tersebut enggak langsung menunjukkan waktunya. Contohnya seperti SPF 15. Cara untuk mengetahui waktu proteksinya adalah, misal membutuhkan 10 menit hingga terbakar dan kamu memilih sunblock SPF 15. Jadi sunblock tersebut akan melindungi kulitmu selama 15x10 menit = 150 menit atau setara dengan 2,5 jam. Artinya, sunblock dengan SPF 15 akan melindungi kulitmu selama 2,5 jam dan kamu harus retouch lagi setelahnya.


Foto: Istimewa


 


Tips Memilih Sunblock


Jika kamu masih bingung memilih sunblock yang tepat, hal pertama yang harus kamu ketahui adalah jenis warna kulitmu. Untuk yang memiliki warna kulit pucat, kamu bisa menggunakan sunblock dengan tingkat SPF yang beragam. Namun, jika kulitmu pucat dan mengandung melanin yang sangat sedikit, kamu harus memilih sunblock dengan kandungan SPF minimal 30.

Selanjutnya, ketahui jenis kulit yang kamu miliki. Untuk pemilik kulit berminyak, pilihlah sunblock spray agar kulitmu enggak semakin berminyak. Sebaliknya untuk pemilik kulit kering, gunakanlah sunblock krim. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, pilihlah sunblock yang bebas kandungan PABA dan oxybenzone.


Foto: Istimewa
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id