sign up SIGN UP

SKINCARE

Manfaat dan Cara Menggunakan Kulit Pisang untuk Wajah

Sulistiani | Selasa, 06 Oct 2020 11:00 WIB
Manfaat dan Cara Menggunakan Kulit Pisang untuk Wajah
caption

Kebiasaan mengonsumsi pisang adalah hal baik yang dapat kita lakukan. Dalam satu buah pisang terdapat berbagai macam kandungan vitamin dan mineral. Jika kamu suka makan pisang, jangan dibuang kulitnya ya Ladies.

Ternyata bukan hanya dagingnya saja yang bermanfaat, tapi bagian kulit juga bisa kamu gunakan untuk kecantikan kulit lho! Berikut sederet manfaat dan cara menggunakan kulit pisang untuk wajah. 

Manfaat Kulit Pisang untuk Wajah

acne-treatment-acne-woman-young-woman-squeezing-her-pimple-removing-pimple-from-her-face-woman-skin-care-acne-spot-pimple-spot-skincare-beauty-care-girl-pressing-skin-problem-face
acne-treatment-acne-woman-young-woman / freepik.com

1. Menghilangkan penuaan dini

Seiring bertambahnya usia, kita akan mengalami kerutan pada wajah. Hal ini dapat diatasi menggunakan kulit pisang.


Dalam satu buah pisang baik buah maupun kulitnya mengandung vitamin E. Kandungan ini dapat mencegah kerutan pada kulit wajah dan penuaan dini. Selain itu wajah juga akan lebih kencang karena kandungan kalium yang terdapat di dalamnya. Tidak perlu repot-repot membayar mahal ke salon untuk melakukan perawatan botox karena dapat dikatakan juga, kulit pisang sebagai botox alami.

2. Menghilangkan Jerawat

Sudah tidak menjadi rahasia kalau jerawat sering menjadi masalah bagi sebagian orang. Wajar karena jerawat membuat kulit terlihat lebih kusam. Obat jerawat yang dijual pasaran kadang kala memiliki efek negatif pada tubuh maupun  kulit. Untuk mengatasi hal ini kita dapat menggunakan kulit pisang sebagai "obat" alami. 

Kulit pisang dipercaya kaya dengan kandungan antioksidan seperti lutein dan asam lemak yang membantu mengobati masalah seperti jerawat. Cara alami dengan menggunakan kulit pisang seperti ini diyakini dapat mengurangi efek samping dari masalah kulit tersebut.

 

Sudah Tahukah Ladies Kalau Kulit Pisang Miliki Banyak Manfaat untuk Kulit Wajah?Sudah Tahukah Ladies Kalau Kulit Pisang Miliki Banyak Manfaat untuk Kulit Wajah?/ Foto: Pinterest

3. Melembapkan Wajah

Untuk kamu yang memiliki kulit kering,  kulit pisang juga cocok banget untuk mengatasi masalah ini. Kulit pisang mengandung nutrisi pelembap yang bisa menjaga agar kulit tidak kering. Meskipun kulit namun di dalamnya juga terdapat berbagai vitamin dan mineral yang sangat baik untuk melembabkan kulit.

Cara Menggunakan Kulit Pisang untuk Wajah

mengolah kulit pisang untuk kecantikan
peeling-bananas / freepik.com
  1. Siapkan kulit pisang yang akan kita gunakan, pastikan bersih dari kotoran.
  2. Giling kulit pisang hingga menjadi pasta.
  3. Jika ada, boleh campur dengan salah satu bahan lain seperti madu, kunyit, atau telur. 
  4. Oleskan pasta kulit pisang ke wajah yang sudah dibersihkan, tunggu hingga kering lalu bilas dengan air bersih dan mengalir.
  5. Apabila ragu dengan kadar sensitivitas kulit wajah, dapat dicoba terlebih dahulu di kulit bagian belakang telinga. 
  6. Biasanya satu buah pisang raja, kulitnya dapat dibuat masker untuk dua kali pakai. Jika masih ada sisa, masukan ke dalam lemari pendingin. Ulangi penggunaan setelah dua hari.
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id