sign up SIGN UP

SKINCARE

Manfaat Pemakaian Toner yang Belum Kamu Tahu

Kiki Herlina | Rabu, 30 Sep 2020 22:05 WIB
Manfaat Pemakaian Toner yang Belum Kamu Tahu
caption

Beberapa orang mengabaikan penggunaan toner dalam rutinitas skincare sehari-hari. Padahal, jika diteliti lebih dalam, toner memiliki beragam manfaat yang sangat baik untuk kulit wajah, lho.

Penggunaan toner secara rutin bisa membuat kulit terlihat lebih sehat, Ladies. Ketahui beberapa manfaat toner yang belum banyak diketahui di bawah ini, yuk!

1. Membersihkan Kulit Wajah 

Toner merupakan salah satu rangkaian skincare yang mampu membersihkan wajah sekaligus membuat wajah jadi lebih cerah.
Membersihkan Wajah/ Foto:Pinterest.com

Manfaat toner yang pertama adalah membersihkan kulit dari kotoran yang masuk ke pori-pori. Toner mengangkat kotoran, minyak dan sisa makeup yang menempel di wajah.


Membersihkan wajah tidak hanya cukup menggunakan facial wash dan micellar water, namun juga perlu menambahkan toner supaya hasilnya lebih maksimal. Kandungan toner juga bisa bikin kulit wajah terlihat semakin cerah dan kencang.

2. Menyeimbangkan pH Kulit 

Toner bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar ph kulit supaya tetap terjaga dan terhindar dari kulit kering.
Menyeimbangkan Kadar pH Kulit/ Foto:Pinterest.com

Nilai pH netral sebenarnya adalah 7. Namun, kulit manusia sendiri normalnya mempunyai nilai pH 5,5. Nilai pH 5,5 menunjukkan bahwa kulit manusia memiliki nilai keasaman. Zat asam sendiri berfungsi melindungi kulit dari berbagai masalah seperti iritasi dan mencegah terjadinya kekeringan pada kulit. 

Nah, salah satu manfaat toner yang belum banyak diketahui adalah penggunaannya dapat menyeimbangkan nilai pH keasaman serta menjaga tingkat produktifitas zat asam pada kulit, Ladies. Hasilnya, kulit akan tetap sehat, cerah, dan bercahaya. 

3. Mencegah Jerawat

Banyak yang nggak tahu, tonner memiliki peran yang penting untuk mencegah timbulnya jerawat. Maka dari itu, jangan skip penggunaan toner sebagai rangkaian skincare rutin ya.
Mencegah Timbulnya Jerawat/ Foto:Pinterest.com

Penggunaan toner secara rutin dapat membersihkan wajah dan meminimalisir jerawat. Jerawat biasanya muncul akibat produksi minyak yang berlebih.

Salah satu bahan aktif yang ada pada toner mampu membuat produksi kelenjar minyak berkurang. Sayang banget kan kalau kamu tidak rutin pakai toner?

4. Melembapkan Kulit 

Selain alkohol, ada beberapa toner yang mengandung hyaluronic acid. Dimana kandungan tersebut bikin kulit jadi lebih lembap.
Melembapkan Kulit/ Foto:Pinterest.com

Toner yang memiliki komposisi alkohol memang akan membuat kulit menjadi kering, namun tidak semua toner berbahan alkohol. Kamu bisa menggunakan toner dengan kandungan hyaluronic acid yang memiliki fungsi melembapkan kulit wajah supaya tetap terlihat kenyal dan awet muda. 

5. Meminimalisir Pelebaran Pori-pori

Penggunaan toner juga bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori dan mencegah adanya penyumbatan kotoran pada kulit.
Meminimalisir Pelebaran Pori-pori/ Foto:Pinterest.com

Terakhir, banyak yang enggak tahu bahwa toner memiliki khasiat mencegah pelebaran pori-pori kulit. Toner sangat berguna meminimalisir adanya kotoran yang menumpuk dan menyumbat di kulit. Hasilnya, wajah akan terlihat lebih bersih, mulus, dan bebas dari masalah-masalah kulit. 

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id