sign up SIGN UP

SKINCARE

Masih Banyak yang Keliru, Ini Beda Blackhead vs Whitehead

Friska NR | Senin, 08 Jun 2020 20:00 WIB
Masih Banyak yang Keliru, Ini Beda Blackhead vs Whitehead
caption

Blackhead dan whitehead dikenal juga sebagai komedo hitam dan komedo putih. Komedo sendiri sejatinya merupakan salah satu dari jenis jerawat. Hanya saja, komedo tidak mengalami pembengkakan seperti jenis-jenis jerawat yang lain.

image Tipe-tipe jerawat/Freepik.com

Lantas, apa sebenarnya perbedaan antara komedo blackhead dan whitehead? Serta, bagaimana cara mengatasi kedua masalah kulit ini? 

Blackhead

Baik blackhead maupun whitehead terbentuk akibat penyumbatan pori-pori. Meski begitu, keduanya memiliki bagian bukaan pori yang berbeda.


Pada blackhead, bagian bukaan pori yang mengalami penyumbatan terbuka dan terlihat seperti memiliki bintik kehitaman. Bagian berwarna hitam ini berisi tumpukan sel-sel kulit mati, bakteri dan minyak yang teroksidasi karena terlalu lama terpapar polusi dan udara sehingga menjadi menghitam.

Whitehead

Berbeda dengan blackhead, whitehead memiliki bagian bukaan pori yang tertutup sehingga disebut juga sebagai "komedo tertutup", sementara blackhead disebut "komedo terbuka".

Whitehead terjadi saat sel-sel kulit mati dan kotoran menyumbat serta menutupi bagian bukaan pori sehingga terbentuk benjolan kecil berwarna putih.

Mengatasi Blackhead dan Whitehead

image
Membersihkan wajah/Freepik.com

Jika mengalami masalah komedo, baik itu blackhead maupun whitehead, kamu sebaiknya menggunakan cleanser dengan kandungan bahan eksfoliasi atau bahan acne-fighting seperti salicylic acid. Pilih cleanser dengan bahan eksfoliasi yang lembut sehingga dapat membersihkan sekaligus mengeksfoliasi kulit tanpa membuat iritasi.

image
Menggunakan pelembab/Freepik.com

Untuk menghindari minyak berlebih yang dapat menyumbat pori, pastikan kamu tidak membuat kulit dehidrasi dengan terlalu sering membersihkan wajah atau tidak memakai moisturizer.

Hal ini karena saat terlalu sering membersihkan wajah, minyak alami kulit akan terangkat sehingga kulit justru akan memproduksi lebih banyak minyak. Selain itu, penggunaan moisturizer juga jangan sampai terlewat agar kulit tetap terhidrasi dengan baik. Pilih moisturizer berbahan non-comedogenic dan memiliki formula water-based agar ringan dan tidak justru menyumbat pori.

image
Retinol Cream/Freepik.com

Kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapat pilihan obat jika blackhead dan whitehead tak kunjung hilang. Solusi pengobatan seperti menggunakan cream vitamin A (retinoid) dapat mencegah pori-pori menjadi tersumbat serta mencegah terbentuknya jerawat yang lebih besar.

Satu hal terpenting saat kamu memiliki komedo atau jerawat; usahakan untuk tidak memencetnya! Meski menimbulkan rasa puas, tindakan ini akan dapat memperparah kondisi jerawat, membuat pori-pori lebih besar dan beresiko merusak kulit lho, Ladies. Jadi sebaiknya tahan diri ya!

Sumber : www.makeup.com

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id