sign up SIGN UP

SKINCARE

Maskne Masih Mengganggu? Lakukan 5 Hal Ini Untuk Mencegahnya!

Intan Dwi | Jumat, 01 Jan 2021 16:30 WIB
Maskne Masih Mengganggu? Lakukan 5 Hal Ini Untuk Mencegahnya!
caption
Jakarta -

Selama masa pandemi ini semua orang di dunia memiliki kebiasaan baru saat ingin pergi keluar rumah, yaitu menggunakan masker. Karena untuk menghindari terjangkitnya virus yang saat ini sedang mewabah dimana-mana. Tapi penggunaan masker yang terlalu lama bisa menyebabkan berbagai masalah pada kulit wajah, salah satunya adalah maskne.

Maskne sendiri singkatan dari mask acne, kondisi ini dapat menimbulkan jerawat akibat penggunaan masker yang terlalu lama. Sehingga kulit pun mengalami gesekan berulang kali hingga membuat luka kecil. Akibatnya pun bakteri dan kotoran akan mudah masuk dan menyumbat pori-pori. Berikut ini ada cara-cara untuk mencegah masalah maskne:

Lepas Masker Setiap Empat Jam Sekali

Melepas masker selama 15 menit setiap empat jam bisa membantu kulit kamu terasa lebih ringan dan mengurangi iritasi.
Lepas Masker Setiap Empat Jam Sekali/pexels.com

Melepas masker selama 15 menit setiap empat jam bisa membantu kulit kamu terasa lebih ringan dan mengurangi iritasi. Terutama saat kamu mengenakan masker dalam waktu lama, tapi bukan berarti kamu bisa melepas masker dimana saja.

Lepas masker saat berada di luar ruangan atau ruangan terbuka, dimana kamu jauh dari kerumunan orang atau lepas saat sendirian di dalam mobil.

Cuci Masker

kalau kamu menggunakan masker kain yang bisa dipakai berkali-kali jangan lupa untuk mencucinya.
Cuci Masker/freepik.com

Banyak orang memilih menggunakan masker kain yang bisa dipakai berkali-kali daripada masker yang sekali pakai. Karena selain menghemat, kamu juga bisa menjaga lingkungan dari sampah masker yang dibuang dan masker kain saat ini memiliki desain yang lucu dan unik.

Nah, kalau kamu menggunakan masker kain yang bisa dipakai berkali-kali jangan lupa untuk mencucinya. Alasan penting kenapa masker kain harus dicuci adalah untuk menghilangkan minyak, kulit mati dan kotoran yang menempel.

Gunakanlah deterjen hipoalergenik yang bebas pewangi saat mencuci masker kain untuk mencegah terjadinya iritasi kulit pada wajah.

Gunakan Produk Antibakteri

Bakteri penyebab jerawat biasanya hidup di permukaan kulit dan bakteri yang mengganggu ini menunggu kesempatan untuk membuat kulit kamu rusak.
Gunakan Produk Antibakteri/freepik.com

Bakteri penyebab jerawat biasanya hidup di permukaan kulit dan bakteri yang mengganggu ini menunggu kesempatan untuk membuat kulit kamu rusak. Jadi saat kamu pergi, lebih baik simpan produk yang memiliki sifat antibakteri di tas kamu untuk menjaga kulit tetap sehat.

Pilihlah produk dalam bentuk apapun yang kamu suka, seperti mist atau wipes, produk dengan sifat antibakteri biasanya secara menyeluruh mengelupas kulit, menghilangkan kulit mati, bakteri, riasan dan kotoran.

Aplikasikan Makeup yang Ringan

Coba perimbangkan kembali saat ingin berias dengan makeup yang lumayan tebal, lebih baik gunakan riasan yang ringan
Aplikasikan Makeup yang Ringan/freepik.com

Hampir semua wanita pasti gemar mengenakan makeup yang lumayan tebal saat hendak pergi.tapi karena saat ini kita memiliki kebiasaan baru, yaitu mengenakan masker. Coba pertimbangkan kembali saat ingin berias dengan makeup yang lumayan tebal, lebih baik gunakan riasan yang ringan sebagai gantinya.

Pastikan juga produk riasan kamu mengandung bahan yang tidak menyumbat pori-pori dan menyebabkan maskne. Kamu bisa gunakan produk yang terdapat label “non-comedogenic”, sehingga kamu bisa yakin bahwa produk tersebut tidak akan menumpuk di pori-pori.

Gunakan Pembersih Antibakteri Setiap Hari

Sebelum mengenakan masker ada baiknya untuk membersihkan kulit dengan produk pembersih yang lembut tapi juga efektif.
Gunakan Pembersih Antibakteri Setiap Hari/freepik.com

Sebelum mengenakan masker ada baiknya untuk membersihkan kulit dengan produk pembersih yang lembut tapi juga efektif. Pembersih wajah dengan sifat antibakteri akan membantu membuka pori-pori yang kelebihan sebum, sel kulit mati, dan bakteri yang menyebabkan jerawat.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id