sign up SIGN UP

Mau Mencoba Skincare Baru? Lakukan 5 Kiat Ini Agar Lebih Aman

Hijria Khatimi | Kamis, 02 Sep 2021 09:30 WIB
Mau Mencoba Skincare Baru? Lakukan 5 Kiat Ini Agar Lebih Aman

Mencoba skincare baru, tentunya hal yang lumrah dilakukan dalam usaha mendapatkan kulit sehat dan flawless. Entah karena kondisi kulit yang mulai berubah, atau sekedar penasaran gara-gara ‘racun’ skincare di berbagai media sosial. Apapun alasannya, mencoba skincare baru memang mengasyikkan, bukan?

Meski begitu, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan saat mencoba skincare baru, Beauties. Jangan sampai niat ingin mendapat kulit flawless, yang terjadi malah kulit jadi makin bermasalah. Sebagai langkah pencegahan, kiat-kiat berikut ini bisa kamu lakukan saat mencoba produk skincare baru.

1. Perhatikan Jenis dan Keadaan Kulitmu

Ketahui jenis kulit sebelum mencoba skincare baru
Ketahui jenis kulit sebelum mencoba skincare baru/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Beda jenis kulit, tentunya butuh produk yang berbeda pula. Melansir dari The Skin Experiment, jenis kulit dibagi ke dalam 4 jenis yaitu normal, kering, berminyak, dan kombinasi. Tak cuma jenis kulit, penting juga untuk mengetahui seberapa sensitif kulit wajah kamu. Contohnya, apakah kulit pernah mengalami breakout, iritasi, atau reaksi negatif lainnya terhadap kandungan skincare tertentu.

Selain itu, perhatikan juga keadaan kulit sebelum mencoba skincare baru. Apakah saat itu keadaan kulitmu sedang berjerawat, kusam, atau normal saja. Jika kulit sedang mengalami masalah tertentu, kamu mungkin harus lebih hati-hati menggunakan produk baru.

2. Pahami Kandungan Skincare

Perhatikan kandungan sebelum mencoba skincare baru
Perhatikan kandungan sebelum mencoba skincare baru/Foto: Freepik/minervastudio

Setelah memastikan jenis dan keadaan kulit, saatnya memperhatikan kandungan skincare baru yang akan kamu coba. Sebaiknya, kamu memahami apakah bahan aktif dalam skincare baru tersebut cocok untuk jenis kulitmu. Penting juga untuk mencari tahu bahan aktif apa saja yang boleh digunakan bersamaan, serta bahan aktif yang harus digunakan secara terpisah.

3. Lakukan Patch Test

Mencoba skincare baru dengan patch test
Mencoba skincare baru dengan patch test/Foto: Freepik/jcomp

Dikutip dari Insider, patch test adalah langkah mencoba suatu produk di bagian tubuh seperti belakang telinga atau bagian dalam siku, kemudian mendiamkannya selama kurang lebih 24 jam. Ini dilakukan untuk mengetahui apakah produk tersebut berpotensi memicu reaksi negatif seperti alergi maupun iritasi. Sebelum memakai skincare baru di kulit wajah, metode patch test ini bisa kamu lakukan untuk berjaga-jaga.

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id