sign up SIGN UP

SKINCARE

Mencerahkan Kulit Wajah, Apasih Kandungan Sabun Pepaya?

Budi Rahmah Panjaitan | Jumat, 02 Oct 2020 16:00 WIB
Mencerahkan Kulit Wajah, Apasih Kandungan Sabun Pepaya?
caption

Jika biasanya sabun hanya dikhususkan pada bagian tertentu tubuh saja, maka berbeda hal nya dengan sabun pepaya. Sabun dengan warna oranye khas pepaya matang ini aman digunakan ke seluruh bagian tubuh, tidak terkecuali untuk wajah.

Kandungan bahan alami di dalam sabun pepaya, diklaim mampu memberikan manfaat yang baik pada kulit. Salah satu manfaat yang begitu diidamkan ialah mencerahkan kulit. Lalu, kandungan apa saja yang ada di dalam sabun pepaya ini?

Apa Itu Sabun Pepaya?

sabun pepaya merupakan sabun bahan alami yang memiliki manfaat baik pada kulit
sabun pepaya/shoope.co.id

Sabun pepaya merupakan salah satu sabun yang terbuat dari bahan alami yaitu pepaya dengan banyak khasiat di dalamnya. Bahkan, sabun pepaya ini sempat populer beberapa tahun silam. Hingga saat ini, sabun pepaya tetap mendapatkan tempat di hati para konsumen karena manfaat baik yang diberikannya.

Sabun pepaya ini aman digunakan untuk badan maupun wajah. Sudah bukan rahasia pula jika adanya enzim papain dan berbagai vitamin di dalamnya menjadi kunci khasiat dari sabun ini.

Kandungan Sabun Pepaya

enzim papain khas dari pepaya ini mampu memecah protein sehingga mampu mengelupas sel-sel kulit mati dan meremajakan kulit.
sabun pepaya/shoope.co.id

Terdapat banyak kandungan di dalamnya yang menjadikan manfaat sabun pepaya bagus untuk kulit. Adapun kandungan-kandungan tersebut ialah sebagai berikut:

  • Enzim papain; enzim khas dari pepaya ini mampu memecah protein sehingga mampu mengelupas sel-sel kulit mati dan meremajakan kulit. Alhasil, kulit yang sudah kering ataupun rusak bisa kembali seperti awalnya.
  • Vitamin E; bukan rahasia lagi jika kandungan vitamin yang satu ini memang sangat baik bagi kulit. Menutrisi kulit dengan lebih baik tentu bisa didapatkan dengan adanya kandungan vitamin E dalam sabun pepaya.
  • Antioksidan; kandungan alami berupa antioksidan di dalam sabun pepaya memang sangat baik untuk memberikan perlindungan bagi kulit sehingga terhindari dari paparan radikal bebas. Dengan begitu kulit akan lebih sehat terawat.
  • Vitamin A; Selain Vitamin E, sabun pepaya juga mengandung Vitamin A yang sangat baik untuk membantu proses regenerasi sel serta menghilangkan bekas luka. Dengan begitu, kulit akan terlihat lebih terawat.
  • Vitamin C; kandungan vitamin C dalam buah pepaya memang sangat baik untuk mengatasi hiperpigmentasi dan menunjang produksi kolagen secara lebih baik.

Manfaat Sabun Pepaya

kandungan bahan-bahan alami di dalam sabun pepaya mampu memberikan manfaat yang baik bagi kulit
mandi/freepik.com

Adanya kandungan bahan-bahan alami di dalamnya yang menjadikan manfaat sabun pepaya baik bagi kulit. Adapun manfaat-manfaat yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Mencerahkan kulit; manfaat ini bisa didapatkan karena adanya kandungan enzim papain di dalam sabun pepaya. Enzim papain memiliki kemampuan untuk mengangkat sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih cerah dan terbebas dari kekusaman. Walaupun secara alami pengelupasan sel kulit mati bisa terjadi, namun prosesnya bisa dipercepat dengan bantuan sabun pepaya ini. Alhasil, kulit akan menjadi lebih cerah, bercahaya dan juga halus.
  • Mengatasi dan menghilangkan bekas jerawat; adanya kandungan enzim di dalam sabun pepaya dapat melarutkan protein sehingga bisa membantu menghilangkan bekas jerawat sekaligus mengurangi potensi kemunculannya. Untuk itulah, sabun pepaya aman digunakan pada wajah. Sabun pepaya juga bisa dijadikan sebagai produk eksfoliasi untuk pengangkatan sebum berlebih pada wajah sehingga mencegah terjadinya jerawat.
  • Mengurangi kemerahan pada kulit; lagi-lagi, kandungan papain di dalam sabun pepaya mampu mengatasi permasalahan kuliti seperti kemerahan. Bahkan untuk kulit gatal dan bengkak pun, sabun pepaya bisa digunakan untuk mengatasinya. Zat papain sendiri memang memiliki kemampuan untuk meredakan peradangan sehingga mempercepat terjadinya penyembuhan. Jika misalnya kulit digigit serangga beracun, maka otomatis racun tersebut akan membentuk protein. Dengan kemampuan memecah proteinnya, sabun pepaya bisa memberikan solusi untuk hal tersebut.

Cara Menggunakan Sabun Pepaya

Menggunakan sabun pepaya cukup simpel supaya mendapatkan hasil maksimal
mandi/freepik.com

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, sabun pepaya harus digunakan secara benar. Berikut adalah tahapan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat terbaik dari sabun pepaya.

  • Singkirkan semua hal yang bisa menghalangi sabun pepaya pada permukaan kulit. Misalnya seperti rambut, maka ikatlah sebelum mandi.
  • Sebelum mandi, bersihkanlah sisa kotoran pada wajah dengan pembersih andalan kamu agar nantinya kandungan sabun pepaya tidak terhalang lagi untuk meresap
  • Gosokkan sabun pepaya pada wajah dan juga kulit serta pijat dengan perlahan
  • Beri jeda waktu selama 5 menit agar enzim papainnya menerap dengan sempurna
  • Bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk yang bersih pula
Pilihan Redaksi
    (kik/kik)

    Our Sister Site

    mommyasia.id