sign up SIGN UP

SKINCARE

Mengenal Cleansing Cream, Pembersih Wajah Lembut dan Anti Bikin Kering

Hijria Khatimi | Sabtu, 03 Apr 2021 15:00 WIB
Mengenal Cleansing Cream, Pembersih Wajah Lembut dan Anti Bikin Kering
caption

Membersihkan wajah merupakan langkah paling dasar dalam perawatan wajah. Pembersih wajah sendiri memiliki banyak jenis, seperti sabun pembersih wajah, susu pembersih wajah, cleansing oil, hingga micellar water. Tapi, pernahkah kamu mendengar tentang cleansing cream?

Seperti jenis pembersih wajah lainnya, cleansing cream hadir dengan keunikan, kelebihan, dan kekurangannya sendiri. Yuk, kenal lebih jauh tentang cleansing cream!

1. Apa itu Cleansing Cream?

Ilustrasi Menggunakan Cleansing Cream
Menggunakan Cleansing Cream/freepik.com

Cleansing cream merupakan pembersih wajah berbentuk krim yang biasanya terbuat dari campuran air, wax, petrolatum dan minyak. Produk ini juga dikenal sebagai salah satu pembersih wajah dengan daya melembapkannya yang tinggi. Teksturnya yang creamy menjadikan cleansing cream pembersih wajah yang lembut dan cocok digunakan pada kulit sensitif dan kulit kering.

Ketika diaplikasikan pada wajah, kandungan petrolatum dan minyak pada cleansing cream akan meluruhkan kotoran dan sisa-sisa makeup yang menempel pada kulit. 

2. Kelebihan dan Kekurangan Cleansing Cream

Ilustrasi Menggunakan Cleansing Cream
Menggunakan Cleansing Cream/freepik.com

Salah satu kelebihan dari cleansing cream adalah formulanya yang lebih lembut dibandingkan dengan sabun pembersih wajah. Sehingga dapat meminimalisir efek kulit wajah yang terasa kering, kaku, dan tertarik setelah membersihkan wajah.

Cleansing cream juga dapat membersihkan kulit wajah tanpa merusak pH alami kulit ataupun skin barrier wajah kamu. Teksturnya yang berupa krim juga akan membantu menghidrasi kulit wajah.

Meski begitu, cleansing cream juga punya kekurangan lho, Ladies. Dengan formulanya yang lembut, efek membersihkan dari cleansing cream ini tidak seefektif sabun pembersih ataupun cleansing oil. Karena itu, cleansing cream kurang cocok digunakan untuk membersihkan make-up yang tebal. 

Selain itu, cleansing cream juga kurang cocok digunakan untuk jenis kulit berminyak. Hal ini dikarenakan formulanya yang kurang efektif dalam mengangkat minyak berlebih di wajah. Sehingga bagi pemilik kulit berminyak cenderung akan merasa wajahnya seakan belum cukup bersih setelah penggunaan cleansing cream ini.

3. Tips Memilih Cleansing Cream

Ilustrasi Membersihkan Wajah
Membersihkan Wajah/freepik.com

Sebelum memutuskan untuk membeli cleansing cream, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, Ladies. Pertama, ketahui dulu bahwa terdapat cleansing cream yang praktis karena hanya perlu dibersihkan dengan kapas dan ada pula yang perlu dibilas dengan air. Setelah mengetahui ini, kamu bisa pilih tipe cleansing cream sesuai referensimu.

Selanjutnya, kamu sebaiknya juga memperhatikan kandungan dalam cleansing cream tersebut. Misalnya, apakah terdapat kandungan yang dapat mengiritasi seperti alkohol dan pewangi. Kemudian perhatikan juga apakah cleansing cream yang kamu incar mengandung bahan yang berpotensi menyumbat pori seperti silikon dan mineral oil.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id