sign up SIGN UP

SKINCARE

Mengenal Kebaikan Kandungan Glycerin dalam Skincare

Budi Rahmah Panjaitan | Selasa, 01 Sep 2020 20:15 WIB
Mengenal Kebaikan Kandungan Glycerin dalam Skincare
caption

Salah satu kandungan yang cukup sering ditemukan dalam skincare adalah glycerin. Kandungan ini disinyalir punya porsi terbanyak setelah air dan pewangi. Ada banyak manfaat yang ditawarkan oleh glycerin ini sehingga banyak produk skincare yang menggunakannya.

Lantas apa itu glycerin dan bagaimana manfaatnya? Simak selengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Glycerin

glycerin punya sifat yang dapat mengikat air sehingga menjaga kelembaban kulit
glycerin/freepik.com

Glycerin merupakan senyawa lemak yang sifatnya humektan. Oleh sebab itulah, glycerin punya kemampuan untuk menarik air dari udara yang ada di sekelilingnya dan membuatnya bertahan dalam kulit. Glycerin ini bersumber dari hewani dan juga nabati bahkan juga bisa dibuat secara kimiawi.


Sementara itu, untuk ciri-cirinya ialah tebal seperti sirup, tidak lengket, tidak berbau dan juga tidak berwarna. Glycerin yang biasanya digunakan untuk produk kecantikan biasanya diperoleh dari tebu, gula jagung dan juga kacang kedelai. Glycerin ini sudah cukup lama digunakan dan manfaatnya pun sudah tidak diragukan lagi.  

Manfaat Glycerin

glycerin mempunyai sejumlah manfaat yang membuatnya kerap dipakai dalam pembuatan skincare
manfaat glycerin/freepik.com

Kandungan yang terdapat pada skincare tentu saja memiliki manfaat tertentu sehingga dipilih untuk dimasukkan. Nah, hal ini juga berlaku pada glycerin yang ternyata punya ragam manfaat pada kulit. Adapun manfaat-manfaat yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Melembapkan kulit; karena sifatnya mampu menahan air, maka glycerin ini sangat ampuh untuk menghidrasi kulit. Sangat cocok digunakan untuk kulit kering. Bahkan glycerin juga aman untuk area kulit yang mengelupas. Saat diaplikasikan, kulit akan terasa lebih lembab, lembut dan menjadikannya lebih sehat. 
  • Mengurangi Peradangan; glycerin juga ampuh untuk mengatasi peradangan yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada kulit seperti eczema, acne prone dan juga psoriasis. Namun satu hal yang harus diingat adalah jangan menyamakan glycerin dengan obat totol jerawat karena glycerin lebih berorientasi untuk membantu dan merangsang sel kulit mati untuk beregenerasi lebih cepat.
  • Memperkuat skin barrier; glycerin dapat menyerupai kinerja pertahanan kulit dan meningkatkan kemampuan dalam menjaga kulit dari iritasi. Hal ini dilakukan dengan cara mengunci kelembapan kulit. 
  • Menjaga keseimbangan minyak dan air dalam kulit ;  glycerin memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan minyak dan air dalam kulit sehingga otomatis kulit akan terasa lembab dan sehat. Bagi kulit kering, glycerin ini akan sangat membantu kinerja kulit. Alhasil, kulit tidak perlu lagi mengirim sinyal untuk memproduksi minyak agar tetap terasa lembab.

Efek Samping

jika dipakai berlebihan ataupun pencampuran yang salah, glycerin bisa tidak baik
efek glycerin/freepik.com

sendiri juga bisa menimbulkan efek samping jika dipakai secara berlebihan. Apalagi menjadikan glycerin sebagai single ingredient tanpa adanya bahan pelarut akan membuat kulit menjadi kembung. Pada akhirnya, hal ini bisa memicu alergi, gatal dan juga kemerahan. Bahkan jika terlalu lengket pun malah akan cenderung menarik partikel kotoran di udara untuk menempel pada wajah. 

Penggunaan glycerin pun harus diperhatikan. Tidak semua bahan bisa dipakai bersamaan dengan glycerin. Untuk itu, glycerin tidak boleh dicampur sembarangan dengan kandungan skincare lainnya yang memiliki sifat hampir sama dengannya.

Hal ini dilakukan agar pemakaiannya tidak berlebihan. Karena seyogyanya sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Nah, sekarang coba deh, cek item skincare yang kamu punya. Ada berapa banyak kira-kira yang menggunakan glycerin. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id