sign up SIGN UP

SKINCARE

Mengenal Penyebab Munculnya Tratak atau Pityriasis Alba

Ika Dyah | Kamis, 31 Dec 2015 10:00 WIB
Mengenal Penyebab Munculnya Tratak atau Pityriasis Alba
caption
Apakah kamu ada yang pernah mengalami masalah kulit satu ini? Ya, tratak atau pityriasis alba adalah salah satu masalah kulit yang biasanya muncul di wajah, berupa bercak putih. Awalnya mungkin hanya bulatan kecil, Namun seiring berjalannya waktu dan ketika tidak segera diatasi, maka tratak akan menjadi bulatan yang lebih besar atau melebar. Sekilas mungkin akan tampak seperti panu, namun bukan panu. Jika panu disebabkan oleh jamur, maka tratak ini bukan disebabkan jamur. Lalu apa saja penyebab munculnya tratak?

Sering Terpapar Sinar Matahari Secara Langsung


Salah satu hal yang sering menjadi penyebab masalah kulit adalah paparan sinar matahari. Hal satu ini memang tidak bisa dianggap sepele, bahkan sinar matahari juga bisa menjadi pemicu kanker kulit. Tratak memang paling banyak dijumpai terjadi pada anak-anak dan remaja. Mengapa demikian? Hal ini bisa disebabkan karena aktivitas mereka yang cenderung banyak di luar ruangan sehingga sering terpapar sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, untuk anak dan remaja masih belum mengenal kosmetik, jadi kemungkinan besar adalah mereka tidak menggunakan sunscreen.
Foto: https://www.blogalaxie.com/2014/12/dampak-positif-dan-negatif-sinar-uv.html

Keringat yang Berlebih


Ketika kamu berkeringat, maka akan rentan menyebabkan penumpukan kotoran di kulit. Oleh karena itu ketika kita berkeringat, usahakan untuk langsung dikeringkan agar tidak membuat penumpukan kotoran di kulit.
Foto: https://www.investorindonesia.com/gayahidup/empat-manfaat-berkeringat-bagi-kesehatan/68723

Sel Kulit Mati


Ketika kotoran banyak menumpuk di kulit, maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi penumpukan sel kulit mati juga. Ketika sel kulit mati menumpuk, maka sinar matahari tidak bisa merata menyinari kulit. Hal ini menyebabkan efek yang terjadi dari paparan sinar matahari juga tidak merata atau bisa dikatakan terjadi belang pada wajah. Inilah yang kemungkinan juga bisa menjadi tratak atau pityriasis alba. Oleh karena itu rajin-rajinlah membersihkan muka ketika selesai beraktivitas atau sebelum tidur.
Foto: https://memutihkan-wajah.blogspot.co.id/

Kulit Berminyak


Bagaimana kulit berminyak bisa menjadi penyebab tratak? Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak sama halnya dengan kasus ketika berkeringat, kotoran juga akan mudah menempel. Kotoran-kotoran yang berasal dari udara atau residu bahan-bahan kimia tersebut akan membuat efek paparan sinar matahari juga tidak merata. Sehingga, pada beberapa spot-spot yang terdapat penumpukan kotoran tersebut matahari tidak dapat menyinari dan mengakibatkan belang.
Foto: https://gulalives.com/2015/08/16/bye-bye-kulit-berminyak-ini-caranya/
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id