sign up SIGN UP

SKINCARE

Menghilangkan Acne Scars Gak Boleh Sembarangan, Ini yang Harus Kamu Perhatikan!

Anindya Milagsita | Sabtu, 09 May 2020 15:00 WIB
Menghilangkan Acne Scars Gak Boleh Sembarangan, Ini yang Harus Kamu Perhatikan!
caption
Jerawat yang membandel memang bikin sebel, ladies. Tapi dibalik hadirnya jerawat ternyata ada yang gak kalah bikin gemes. Apa lagi kalau bukan bekas jerawat atau bisa juga disebut bopeng. Biar gak salah, yuk kenali serba serbi dan cara mengatasinya lewat artikel berikut ini!

Mengenal Acne Scars




Foto: https://www.freepik.com/

Bekas jerawat alias bopeng bisa juga disebut sebagai acne scars. Acne scars adalah kondisi kulit wajah yang berlubang atau berpori-pori besar disebabkan oleh jerawat. Ini biasanya terjadi akibat luka yang cukup dalam pada kulit wajah. Acne scars gak bisa hilang dengan sendirinya, ladies.


Jenis-jenis Acne Scars




Foto: https://www.freepik.com/

Bekas jerawat atau acne scars yang terbentuk di kulit wajah ternyata punya bentuk dan jenis yang berbeda, Ladies. Perbedaan inilah yang nantinya bisa membantu kamu buat memilih perawatan kulit wajah yang sesuai kebutuhan. 


Lima Jenis Acne Scars



        
  • Boxed Scar: berbentuk cenderung gak begitu dalam tapi ukurannya melebar. Batas-batas bekasnya yang terlihat jelas membuatnya terlihat seperti box. Bekas luka ini terjadi karena jerawat yang meradang. 
  •     
  • Rolling Scarberbentuk lebih dangkal dengan bekas yang gak terlihat jelas. Jenis ini membuat tekstur kulit wajah gak rata yang naik-turun seperti berombak. Bekas jerawat yang ini bisa terjadi karena jerawat meradang dalam waktu yang cukup lama. 
  •     
  • Ice Pick Scarberbentuk seperti bekas lubang yang dihasilkan oleh alat pemecah es atau ice pick. Jenis ini cenderung lebih dalam dan bahkan bisa mencapai lapian dermis. 

Foto: Istimewa
        
  • Hypertrophic Scarberbentuk seperti keloid atau bekas luka yang menonjol pada kulit wajah. Bekas luka ini terjadi karena kelebihan protein (kolagen) pada kulit selama penyembuhan.
  •     
  • Hyperpigmentation Scarberubahnya warna kulit wajah karena peradangan. Ini bisa terjadi saat kulit memproduksi kolagen secara berlebihan. 

Cara Mengatasi Acne Scars yang Efektif




Foto: https://www.freepik.com/

Nah kalau udah tahu jenis-jenisnya, waktunya buat mengatasi acne scars, ladies. Cara yang paling efektif buat mengatasi permasalahan kulit wajah ini adalah dengan melakukan perawatan ke dokter kecantikan profesional. Ada banyak perawatan wajah khusus yang bisa bantu kamu menghilangkan acne scars ini. Seperti chemical peeling, filler, micro needling, injeksi, mesotherapy, dan laser. Perawatan yang seuai kebutuhan kulit wajah kamu nantinya bisa dikonsultasikan langsung dengan dokter kecantikan, Ladies!



Mengatasi Acne Scars dengan Bahan Alami




Foto: https://www.freepik.com/

Last but not least, buat kamu yang lebih memilih melakukan perawatan sendiri di rumah bisa dilakukan. Tapi dengan catatan hasilnya belum tentu semaksimal dan efektif dibanding pergi ke dokter kecantikan, ya. Caranya dengan menggunakan masker wajah buatan sendiri dari bahan-bahan alami yang ada di rumah. Kamu bisa memanfaatkan lidah buaya, madu, oatmeal, bahkan es batu buat melakukan perawatan acne scars sendiri di rumah. 


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id