sign up SIGN UP

SKINCARE

Meratakan Warna Kulit Hingga Mengatasi Bekas Jerawat, Ini Manfaat Tranexamic Acid dalam Skincare

Dian Purnamasari | Rabu, 06 Jan 2021 11:30 WIB
Meratakan Warna Kulit Hingga Mengatasi Bekas Jerawat, Ini Manfaat Tranexamic Acid dalam Skincare
caption

Bicara tentang kandungan dan manfaat skincare memang tidak ada habisnya, salah satunya adalah kandungan acid. Acid atau zat asam dipercaya dapat mengatasi beberapa masalah kulit yang umum terjadi pada wanita. Di antara kandungan acid yang sudah biasa kamu dengar, ada satu lagi turunannya yaitu tranexamic acid.

Sebenarnya apa itu tranexamic acid dan apa manfaatnya? Berikut manfaat menggunakan skincare yang mengandung tranexamic acid yang bisa kamu dapatkan:

1. Dapat Mengatasi Iritasi Akibat Jerawat Pada Wajah

Mengatasi iritasi jerawat
Source: Pexels.com

Tranexamic acid atau asam traneksamat adalah salah satu bentuk dari asam amino, yang memberikan efek antiplasmin yang menekan produksi plasmin. Yaitu sebuah enzim yang dapat menyebabkan inflamasi pada kulit. Sehingga menggunakan skincare yang mengandung tranexamic acid dapat mengatasi iritasi kulit akibat jerawat di wajah.

2. Tranexamic Acid Dapat Meratakan Warna Kulit

Meratakan warna kulit
Source: Pexels.com

Tranexamic acid sudah dipakai di dalam dunia medis, sebagai obat untuk mengurangi atau menghentikan perdarahan yang terjadi pada pasien yang sedang menjalani operasi. Penggunaan tranexamic acid ini, ternyata dapat meratakan warna kulit pada luka pasien setelah operasi. Karena hal tersebut, akhirnya banyak dermatolog yang mulai melirik tranexamic acid untuk kandungan skincare, yang bermanfaat meratakan warna kulit.

3. Melindungi Kulit Wajah dari Sengatan Sinar Matahari

Melindungi dari sinar matahari
Source: Pexels.com

Karena mampu meratakan warna kulit, kandungan tranexamic acid akan sangat bagus jika dipadukan dengan vitamin C dan sunscreen. Kombinasi ketiganya menjadi sun protection yang mampu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

Kulitmu akan terhindar dari iritasi akibat paparan sinar matahari berkat efek antiplasmin yang terdapat pada tranexamic acid, terlindung dari partikel bebas dengan vitamin C sebagai antioksidan, dan kulit akan terlindungi dari sinar matahari berkat sunscreen.

4. Dapat Menghilangkan Bekas Jerawat dan Dark Spots di Wajah

menghilangkan dark spots
Source: Pexels.com

Tidak hanya dapat mengatasi iritasi akibat jerawat di wajah, tranexamic acid juga dapat menghilangkan bekas jerawat dan dark spots di wajah. Sehingga membuat kulit wajahmu tampil lebih flawless.

5. Rekomendasi Skincare yang Mengandung Tranexamic Acid

Produk skincare Maharis
Source: Instagram.com/maharisskincare

Jika kamu penasaran ingin merasakan langsung manfaat dari tranexamic acid ini, kamu bisa mencoba beberapa produk skincare di antaranya Maharis Skincare Sublime Sun Defense, SkinCeuticals Discoloration Defense, Shiseido White Lucent Brightening Protective Emulsion Broad Spectrum SPF 18, Su-Man Velvet Skin Brightening Serum atau Good Molecules Discoloration Correcting Serum. Selamat mencoba!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id