sign up SIGN UP

SKINCARE

Minum Kopi untuk Dapatkan Kulit Sehat dan Cantik

Heldi Winar | Jumat, 21 Aug 2015 05:00 WIB
Minum Kopi untuk Dapatkan Kulit Sehat dan Cantik
caption
Minuman hitam yang satu ini dianggap kurang baik bagi kesehatan, khususnya bagi wanita. Padahal, banyak manfaat kecantikan yang dikandung oleh segelas kopi. Bukan hanya dari sisi kecantikan, kopi pun juga sebenarnya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Apa sajakah itu?

Benarkah Kopi Bermanfaat untuk Kecantikan?


Minasan mungkin gemar meminum kopi karena dapat menghilangkan rasa kantuk dan memberikan energi di saat badan terasa lesu. Namun kandungan kafein yang tinggi di dalamnya menjadi alasan minuman yang satu ini dihindari orang-orang karena memiliki image yang buruk. Rasanya enak dan berbagai minuman olahan kopi menjadi minuman yang wajib dipesan saat hang out di cafe.
Tapi tahukah Minasan bahwa kopi mengandung polifenol? Kandungan inilah yang memiliki manfaat terhadap kecantikan kulit. Selain itu, kafein yang terdapat pada kopi juga dapat mencegah pembengkakan, bahkan membantu membakar lemak. Kombinasi polifenol dan kafein dari kopi merupakan kombinasi yang sempurna untuk kecantikan wanita.

Kandungan Polifenol Pada Kopi


Kandungan polifenol yang terdapat pada kopi berperan sebagai antioksidan yang dapat menjaga elastisitas kulit dan melindungi terbentuknya flek hitam. Selain itu juga dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan pembentukan melanin yang dapat berakibat buruk bagi kulit.
Foto: https://stzlifestyle.com/bluebottlecoffee-300
Dengan kata lain, polifenol yang terkandung pada kopi ini secara tidak langsung membantu merawat kulit cantikmu dari dalam. Coba Minasan perhatikan orang-orang yang suka minum kopi di sekitarmu, bagaimana keadaan kulitnya? Perhatikan dengan orang yang tidak minum kopi, bukankah kulitnya terlihat lebih bersih?
2. Minum Kopi dari Biji yang Baru Digiling
Mungkin cara yang satu ini agak sulit dipraktekkan, tapi biji kopi yang baru digiling dan langsung diseduh memiliki kadar polifenol yang paling tinggi. Kalau Minasan punya mesin penggiling kopi sendiri di rumah, belilah biji kopi dari coffee shop langganan Minasan dan seduh sendiri kopinya untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.
Foto: https://coffeana.blogspot.com/2015/06/a-complete-guide-to-brewing-coffee.html
3. Hindari Kopi Instan
Hindari meminum kopi dalam bentuk bubuk instan karena telah melewati proses kimia dan kemungkinan besar kandungan polifenol maupun kafeinnya telah banyak berkurang. Agar lebih maksimal, sebaiknya pilih cara minum kopi yang terbaik misalnya seperti drip coffee khas Vietnam ini. Selain rasanya lebih enak, kandungan polifenol dan kafeinnya juga terjaga dengan baik. Kalau tidak punya drip coffee maker, Minasan bisa mampir ke cafe favorit Minasan yang menyediakan minuman ini.

Hati-Hati!


Walaupun sudah mengetahui manfaat kopi, Minasan tetap perlu berhati-hati saat mengkonsumsi agar tidak berlebihan.

1. Bahaya Kafein Berlebih
Kelebihan kafein dapat mengakibatkan jantung berdegup kencang, perasaan cemas, tubuh bergetar, kurang tidur, diare, hingga mual. Belum lagi, kopi yang bersifat diuretik ini juga dapat menyerap kalsium yang ada di dalam tubuh. Sehingga terlalu banyak minum kopi juga dapat mengakibatkan kekurangan kalsium dan menyebabkan tulang keropos.
2. Maksimal 3 Cangkir Sehari
Setiap cangkir kopi mengandung 140 mg kafein. Batas konsumsi kafein dalam sehari adalah 400 mg. Walaupun Minasan adalah penggemar kopi, batasi konsumsi kopi hingga 3 cangkir saja dalam sehari.
Foto: https://www.medicalnewstoday.com/articles/9155.php
3. Jangan Minum Kopi di Atas Jam 5 Sore
Kafein dapat mengganggu jam tidurmu. Hindari minum kopi di atas jam 5 sore jika Minasan tidak ingin tetap terjaga sampai pagi. Kalau tidak harus begadang, hindari minum kopi sebagai teman makan malam dan batasi konsumsinya hingga jam 5 sore saja.
Yuk, jadikan minum kopi kebiasaan sehari-hari untuk dapatkan kulit sehat dan cantik dengan cara yang lezat!
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id