sign up SIGN UP

SKINCARE

Minyak Zaitun Sedang Trend Jadi Kandungan Skincare, Ini Fakta dan Efek Samping Untuk Perawatan Kulit

Astari Dewi Larasati | Minggu, 10 Jan 2021 15:15 WIB
Minyak Zaitun Sedang Trend Jadi Kandungan Skincare, Ini Fakta dan Efek Samping Untuk Perawatan Kulit
caption
Jakarta -

Selama bertahun-tahun lamanya, minyak zaitun terkenal punya banyak khasiat. Bahkan saat ini sedang trend untuk dijadikan kandungan skincare. Bahan alami ini dijadikan sebagai pembersih serta pelembap dalam perawatan kulit.

Namun sebelum mencoba minyak zaitun, ada yang wajib diketahui mengenai fakta dan efek samping untuk perawatan kulit sebagai berikut. Jangan sampai ke depannya jadi menyesal, Ladies.

Manfaat perawatan kulit dari minyak zaitun

Minyak zaitun digunakan untuk perawatan kulit, karena memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.
Freepik.com

Minyak zaitun sudah digunakan untuk perawatan kulit selama berabad-abad, karena memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Selain itu, sifat emolien minyak bukan hanya untuk melembapkan kulit tapi juga membantu penyembuhan luka bakar.

Minyak zaitun memiliki asam essensial untuk kulit yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Tetapi bisa didapatkan melalui makanan yang dikonsumsi. Sayangnya, hal ini berpotensi meningkatkan resiko dehidrasi dan penyumbatan pori-pori.

Efek samping dari minyak zaitun

Bagi wanita yang memiliki kulit sensitif atau berjerawat menghindari pemakaian minyak zaitun.
Freepik.com

Penelitian pernah menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat mengganggu pelindung kulit. Jadi, bagi wanita yang memiliki kulit sensitif atau berjerawat sebaiknya hindari pemakaian minyak zaitun. Masih ada banyak bahan yang jauh lebih baik, antara lain asam hialuronat hingga ciramides. Selain itu, minyak zaitun bersifat komedogenik sehingga dapat menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat pada jenis kulit berminyak dan sensitif.

Jadi, apakah minyak zaitun aman untuk kulit?

Masih ada banyak bahan pelembap lain selain minyak zaitun yang hanya diperuntukan wanita kulit kering.
Freepik.com

Sebenarnya banyak dokter kulit yang merekomendasikan bahan pelembap lain untuk dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan kulit. Misalnya minyak jojoba dan minyak mineral yang berfungsi untuk menghaluskan dan melembutkan kulit. Minyak zaitun lebih diperuntukkan bagi wanita yang mempunyai kulit normal dan kulit kering. Karena akan bekerja dengan maksimal dan efektif pada wajah.

Sebelum memasukkan produk perawatan kulit dengan minyak zaitun, cobalah untuk mencoba dalam jumlah sedikit. Sehingga tidak menimbulkan efek samping yang dapat merusak kulit wajah. Selain itu, hindari memakai masker DIY karena meskipun secara umum aman. Namun bukan yang paling efektif dan beresiko membuat kulit berjerawat dan dehidrasi. Sebaiknya pakai kandungan minyak zaitun dalam produk skincare yang telah teruji aman.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id