sign up SIGN UP

Mitos Atau Fakta, Terlalu Sering Bercermin Bisa Bikin Wajah Jerawatan? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Zeyra Haya | Selasa, 10 Aug 2021 09:30 WIB
Mitos Atau Fakta, Terlalu Sering Bercermin Bisa Bikin Wajah Jerawatan? Ini Penjelasan Ilmiahnya
caption

Saat sedang tidak punya pekerjaan alias menggabut, seringkali kebiasaan-kebiasaan baru muncul begitu saja. Salah satunya adalah bercermin.

Bercermin memang diperlukan agar kita bisa melihat dan menilai penampilan. Namun faktanya, terlalu sering melihat pantulan diri lewat cermin dapat memicu hal-hal berdampak buruk terjadi pada kita. 

Pernah dengar mitos kalau terlalu sering bercermin bisa membuat wajah cepat tua? Tidak sepenuhnya mitos, faktanya terlalu sering bercermin benar bisa menimbulkan penuaan pada kulit wajah serta jerawat lho, Beauties!

Terlalu lama bercermin bisa picu jerawat/Foto: freepik.com
(Terlalu lama bercermin bisa picu jerawat/Foto: freepik.com)

Memandang wajah pada pantulan kaca terus-terusan ternyata bisa memicu timbulnya jerawat dan membuat muka kusam serta timbulnya noda hitam. Hal ini disebabkan karena saat bercermin, seringkali secara tidak sadar kita memegang wajah kita tanpa membersihkan tangan terlebih dahulu.

Lebih parahnya, saat bercermin biasanya kita juga "gemas" memencet jerawat atau komedo secara tidak sadar. Risikonya, jerawat akan terdorong ke dalam dan akan semakin parah akibat kotoran di tangan kita yang menempel di wajah.

Keseringan bercermin bikin cepat tua, mitos atau fakta?/Foto: freepik.com
(Keseringan bercermin bikin cepat tua, mitos atau fakta?/Foto: freepik.com)

Menyentuh wajah saat berjerawat akan menimbulkan banyak dampak buruk. Sebab akan menyebabkan infeksi yang mendalam dan meninggalkan bekas jerawat yang sulit hilang.

Saat bercermin dan secara reflex memegang wajah, tentu kita tidak sadar bagaimana kondisi tangan kita. Menyentuh kulit wajah dengan tangan kotor dapat pula mengurangi elastisitas kulit yang lama kelamaan akan menyebabkan pembuluh darah rusak.

Tanpa sadar memegang wajah saat bercermin picu timbulnya jerawat/Foto: istockphoto.com
(Tanpa sadar memegang wajah saat bercermin picu timbulnya jerawat/Foto: istockphoto.com)

Hal ini yang menyebabkan akan timbulnya noda hitam, komedo, hingga menimbulkan kantung mata karena area-area berkulit tipis seperti sekitar mata akan menghitam. Alhasil, kulit akan terlihat kusam dan menua.

Bahaya memegang wajah saat bercermin dapat pula memperbesar risiko terkena penyakit kulit lainnya. Seperti penyakit dermatitis kontak dan herpes simpleks. Perlu diketahui bahwa penularan penyakit kulit sangatlah mudah, terlebih melalui tangan yang kotor.

Jadi tidak pede, hal ini yang bisa terjadi jika terlalu sering bercermin/Foto: freepik.com
(Jadi tidak pede, hal ini yang bisa terjadi jika terlalu sering bercermin/Foto: freepik.com)

Terlalu sering atau terlalu lama bercermin juga bisa menurunkan rasa percaya diri. Dengan begitu, akan muncul ide-ide mencoba hal baru untuk lebih mempercantik wajah. Seperti menggunakan skincare baru dan metode-metode lain.

Nyatanya, hal ini justru berbahaya! Terlalu sering mencoba produk baru bisa membuat kulit wajah iritasi. Sehingga bukannya sehat, kondisi kulit malah semakin memburuk.

Namun, bukan berarti kita tidak boleh bercermin. Jika bercermin sewajarnya hanya untuk melihat penampilan sih tidak apa-apa, Beauties. Hanya saja, jangan terlalu lama ya atau bermain dengan wajah bersih menggunakan tangan kotor.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id