sign up SIGN UP

SKINCARE

Morning Skincare Routine untuk Kulit Sensitif ala Kiara Leswara

Friska NR | Selasa, 13 Oct 2020 07:00 WIB
Morning Skincare Routine untuk Kulit Sensitif ala Kiara Leswara
caption

Dalam memilih produk skincare, pemilik kulit sensitif perlu lebih selektif karena kondisi kulitnya yang mudah mengalami iritasi, gatal, sensasi terbakar hingga berjerawat jika salah menggunakan produk. Begitu pun saat melakukan skincare routine di pagi hari, pemilik kulit sensitif perlu memerhatikan beberapa hal agar rangkaian skincare tak justru bereaksi dan menimbulkan masalah kulit baru.

Nah, beauty vlogger Kiara Leswara membagikan beberapa tips dan urutan skincare routine andalannya untuk kulit sensitif. 

Pilih Produk Berformula Basic

Tips skincare routine untuk kulit sensitif.
Produk berformula basic/Foto: freepik.com

Seperti yang dikatakan sebelumnya, kulit sensitif lebih rentan mengalami reaksi jika salah memilih produk perawatan. Oleh karena itu, kamu sebaiknya memilih produk dengan formula basic yang ringan untuk menghindari munculnya reaksi seperti iritasi, kemerahan hingga gatal yang dapat terjadi ketika formula produk yang kamu gunakan terlalu kuat.


Pastikan juga produk yang kamu pilih tidak mengandung alkohol dan fragrance karena kedua bahan ini dapat memperparah kondisi kulit sensitif.

Hindari Over-Exfoliate

Tips skincare routine untuk kulit sensitif.
Eksfoliasi wajah/Foto: freepik.com

Apapun jenis kulitmu, melakukan eksfoliasi merupakan tahap penting dalam skincare routine agar kulit terbebas kotoran dan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori dan membuat wajah tampak kusam. Namun kamu perlu memastikan untuk tidak melakukan eksfoliasi secara berlebihan alias over-exfoliating, Ladies.

Jika kamu sedang menggunakan produk cleanser yang mengandung butiran scrub atau memiliki kandungan acid (AHA atau BHA), hindari menggunakan exfoliating toner setelahnya karena dapat memicu iritasi pada kulit.

Gunakan Hydrating Toner

Tips skincare routine untuk kulit sensitif.
Hydrating Toner/Foto: freepik.com

Jika kamu memiliki kulit sensitif, kamu sebaiknya menghindari penggunaan exfoliating toner di pagi hari. Sebab, toner ini mengandung bahan acid yang bikin kulit menjadi photosensitive alias lebih rentan terhadap paparan sinar matahari.

Agar lebih aman, sebaiknya gunakan hydrating toner yang berfungsi untuk melembapkan dan membantu menenangkan kulit. Selain itu, hydrating toner juga dapat membuat tahapan skincare selanjutnya lebih meresap secara optimal.

Tidak Memakai Niacinamide dan AHA Bersamaan

Tips skincare routine untuk kulit sensitif.
Serum Niacinamide/Foto: freepik.com

Niacinamide merupakan kandungan skincare yang tengah digandrungi karena memiliki banyak manfaat bagi kulit. Namun saat memakai produk skincare dengan kandungan bahan ini, pastikan kamu tidak menggunakannya bersamaan dengan produk skincare lain yang mengandung AHA karena dapat memicu iritasi dan kemerahan pada kulit.

Sebaiknya gunakan produk mengandung niacinamide di pagi hari, sementara produk mengandung AHA, BHA maupun vitamin C di malam hari.

Urutan Skincare Routine ala Kiara Leswara

Tips skincare routine untuk kulit sensitif.
Morning skincare routine ala Kiara Leswara/Foto: instagram.com/kiaraleswara

Memiliki kulit yang sensitif dan rentan berjerawat membuat Kiara Leswara memilih menjaga urutan skincare routine-nya tetap minimalis dan basic.

  • Cleanser

Saat kulit sedang kusam, Kiara menggunakan produk cleansing dengan kandungan lactic acid / AHA seperti Bioderma Sebium Gel Moussant. Sedangkan jika kulit sedang kering ia memilih menggunakan cleanser yang melembabkan seperti Krave Beauty Matcha Hemp Hydrating Cleanser.

  • Toner

Setelah mencuci wajah dengan cleanser, Kiara melanjutkan tahapan skincare-nya dengan mengaplikasikan COSRX Hydrium Watery Toner yang dapat melembabkan sekaligus menyegarkan kulit.

  • Serum

Selanjutnya, ia mengaplikasikan serum Somethinc Niacinamide + Moisture Beet yang dapat membantu mencerahkan dan menenangkan kulit, serta membantu menyingkirkan noda hitam dan bekas jerawat di wajah.

  • Moisturizer

Memakai pelembab merupakan salah satu tahapan paling penting dalam morning skincare routine. Dalam tahapan ini, beauty vlogger yang memiliki lebih dari 250 ribu pengikut di instagram ini menggunakan produk Krave Beauty Oat So Simple Water Cream.

  • Eye Cream

Untuk merawat kulit di area sekitar mata, ia kemudian mengaplikasikan For Skin Sake Matrixyl 3000 Eye Gel yang ringan dan cepat meresap di kulit. 

  • Sunscreen

Terakhir, Kiara mengaplikasikan sunscreen sebelum memulai aktifitas. Ia memilih produk For Skin Sake Weightless Sunscreen yang ringan, tidak meninggalkan whitecast serta mengandung centella asiatica yang dapat membantu menenangkan kulit sensitif.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id