sign up SIGN UP

SKINCARE

Muncul Jerawat Muncul di Punggung? Kenali 5 Penyebabnya Berikut Ini!

Resti Agustiani | Rabu, 14 Aug 2019 03:10 WIB
Muncul Jerawat Muncul di Punggung? Kenali 5 Penyebabnya Berikut Ini!
caption
Munculnya jerawat tentu menjadi salah satu hal yang menyebalkan bagi wanita. Apalagi bukan hanya di wajah, jerawat juga bisa muncul di bagian tubuh lain yaitu punggung. Bagi kamu yang pernah punya pengalaman dengan jerawat di punggung dan bingung dengan penyebabnya, berikut Beautynesia akan berbagi informasi penting buat kamu. Nah, bagi kamu yang belum pernah merasakannya, cegah sebelum terjadi, ya!

Mengenakan Pakaian Berkeringat


Jika kamu suka berolahraga dan mungkin memiliki badan yang mudah berkeringat bisa menjadi penyebab munculnya jerawat punggung. Pakaian yang dibasahi keringat tidak boleh digunakan lebih dari 15 menit, ya.

Dalam kondisi lembap, bakteri bisa dengan cepat berkembang dan menyebabkan infeksi kulit. Jika memang badanmu sangat mudah berkeringat, usahakan untuk selalu membawa baju dalam pengganti. Jika terus dibiasakan dipakai dalam kondisi basah, jangan heran jika dalam waktu singkat jerawat-jerawat akan tumbuh subur.


Foto: https://cdn1.flrunning.com/2016-09/sweating_woman.jpg

Punggung Tidak Dibersihkan dengan Baik


Punggung memang salah satu bagian tubuh yang cukup sulit terjangkau oleh tangan, termasuk ketika mandi. Padahal, di punggung banyak tertinggal kotoran serta minyak berlebih yang sangat berrisiko menimbulkan jerawat. Untuk tetap menjaga kebersihan punggung, kamu bisa menggunakan alat bantu, seperti spons mandi dengan gagang. Lebih baik lagi jika kamu juga menggunakan scrub atau lulur mandi satu minggu sekali agar punggungmu bebas dari sel kulit mati yang menumpuk.


Foto: https://www.drleonards.com/

Mengenakan Pakaian yang Belum Dicuci Berkali-kali


Menggunakan pakaian berkali-kali memang merupakan satu kebiasaan yang sangat buruk. Mungkin terkadang kamu merasa pakaian yang baru kamu pakai sebentar tidaklah kotor dan bisa digunakan kembali. Namun, sebenarnya saat pakaian tersebut digunakan, tubuh kita tetaplah mengeluarkan kotoran. Menunda mencuci pakaian sama dengan membiarkan bakteri berkembang biak. Kebayang dong, bagaimana buruknya akibat jika pakaian tersebut malah digunakan lagi?


Foto: https://gloimg.gbtcdn.com/

Salah Memilih Pakaian Olahraga


Lagi-lagi, inilah poin penting bagi kamu yang hobi berolahraga. Pemilihan bahan pakaian yang tepat adalah kunci untuk mencegah munculnya jerawat di punggung. Bahan pakaian yang mengikat keringat dan memicu kelembapan merupakan salah satu penyebab jerawat. Contohnya, ketika kamu menggunakan bahan spandeks. Selain berefek buruk pada kesehatan kulit, bahan ini juga akan menimbulkan bau badan yang tak sedap karena sirkulasi keringat dan udara tubuh yang kurang baik.


Foto: https://www.crispconcepts.co.uk

Penggunaan Lotion yang Berlebihan


Ladies, kamu salah satu wanita yang hobi menggunakan lotion enggak, sih? Kalau ya, kamu harus memperhatikan hal ini. Penggunaan lotion yang berlebihan akan membuat pori-pori kulit tersumbat dan kulit jadi sulit bernapas. Apalagi jika lotion kamu gunakan di tempat yang selalu tertutup pakaian seperti bagian punggung. Keringat yang keluar akan tertahan dan bercampur dengan kandungan lotion. Terlalu banyak menerima zat kimia juga tidak baik buat kulitmu. Usahakan untuk menggunakan lotion seperlunya saja.


Foto: https://www.mobilitywithlove.com/
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id