sign up SIGN UP

SKINCARE

Muncul Tanda-Tanda Ini di Wajahmu? Ada Skincare yang Tidak Cocok Ladies!

Annisa Balqis | Kamis, 10 Sep 2020 12:30 WIB
Muncul Tanda-Tanda Ini di Wajahmu? Ada Skincare yang Tidak Cocok Ladies!
caption

Kebutuhan akan merawat kulit wajah alias skincare seakan tidak bisa lepas dari keseharian wanita. Ragam jenis skincare bermunculan dan menawarkan solusi atas permasalahan kulit serta kandungan ingredients yang lebih banyak dieksplorasi.

Dengan klaim-klaimnya, tidak sedikit yang penasaran ingin mencoba. Tapi, belum tentu skincare kekinian bisa cocok di kulit setiap orang. Jika ada hal berikut muncul di wajahmu, ada kemungkinan skincare yang kamu gunakan tidak cocok di wajah.

1. Kulit Wajah Memerah, Iritasi, dan Terasa Panas

Kulit Wajah Memerah, Iritasi, dan Terasa Panas
Kulit Wajah Memerah, Iritasi, dan Terasa Panas/Photo: freepik.com

Skincare yang cocok di kulit tidak menimbulkan reaksi panas dan kulit memerah saat dipakai. Ada beberapa jenis kandungan aktif yang menimbulkan reaksi tersebut di awal pemakaian dan hanya sebentar.


Jika merasakan sensasi tersebut dalam rentang waktu lama, kemungkinan skincare tidak cocok di kulit kamu. Segera cuci wajah dengan air dan gunakan pelembab untuk menenangkan kulit.

2. Muncul Jerawat dan Bintik Kemerahan

Muncul Jerawat dan Bintik Kemerahan
Muncul Jerawat dan Bintik Kemerahan/Photo: freepik.com

 

Jerawat adalah salah satu permasalahan kulit yang kerap muncul. Seringkali jerawat yang muncul sebagai reaksi kulit wajah yang tidak cocok pada satu skincare. Pada saat mencoba skincare baru pertama kali sering disertai dengan purging atau munculnya jerawat sebagai proses detoksifikasi sekitar dua sampai 3 minggu.

Jerawat karena purging umumnya muncul di spot yang sering timbul jerawat. Perlu diwaspadai jika jerawat muncul di spot wajah yang jarang berjerawat. Selain jerawat di tempat baru, munculnya bintik kemerahan di seputar wajah menunjukkan tanda ketidakcocokan dengan skincare. Segera hentikan pemakaian dan mulai obati jerawat. Gunakan juga skincare yang non comedogenic dan water base.

3. Ruam Pada Wajah

Ruam Pada Wajah
Ruam Pada Wajah/Photo: freepik.com

Munculnya ruam pada wajah akibat skincare sebagai reaksi alergi. Ruam bisa muncul akibat ketidakcocokan salah satu ingredients pada produk ataupun kadarnya terlalu tinggi untuk kulit. Jika ruam dirasa cukup parah, konsultasikan ke dokter kulit untuk pengobatan lebih lanjut.

4. Tidak Terlihat Perubahan Pada Wajah

Tidak Terlihat Perubahan Pada Wajah
Tidak Terlihat Perubahan Pada Wajah/Photo: freepik.com

Klaim yang ditawarkan skincare untuk memberikan perubahan pada wajah memerlukan waktu dan proses yang bervariasi tergantung kondisi kulit dan kandungan ingredients nya serta kombinasi pemakaian.

Jika selama pemakaian tidak ada tanda-tanda alergi atau iritasi, pemakaian bisa dilanjutkan minimal satu bulan. Belum menunjukkan perubahan yang berarti meski sudah lebih dari sebulan atau repurchase? Hmm, sepertinya kamu harus beralih dari produk yang digunakan. 

5. Kulit Wajah Berubah Kusam, Lebih Berminyak atau Kering dari Sebelumnya

Kulit Wajah Berubah Kusam, Lebih Berminyak atau Kering dari Sebelumnya
Kulit Wajah Berubah Kusam, Lebih Berminyak atau Kering dari Sebelumnya/Photo: freepik.com

Sebelum menggunakan skincare baru, kenali kondisi kulitmu terkini. Hal ini penting untuk mengetahui perubahan kulitmu sebelum dan setelah memakai skincare baru.

Apakah kondisi kulit wajah sedang berminyak, penuh jerawat, kusam, dan sebagainya. Begitu juga tingkat keparahannya. Kalau skincare tidak membantu mengurangi permasalahan di wajah dan malah memperparah, lebih baik kamu hentikan segera pemakaiannya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id