sign up SIGN UP

Nyaman dan Bebas Jerawat, Ini Tips Memilih Bahan Seprai Sesuai dengan Jenis Kulitmu!

Febriyani Rahmania | Jumat, 19 Nov 2021 08:45 WIB
Nyaman dan Bebas Jerawat, Ini Tips Memilih Bahan Seprai Sesuai dengan Jenis Kulitmu!
caption
Jakarta -

Kulit merupakan bagian terluas dari tubuh manusia. Setiap yang menempel, bersentuhan, dan bergesekan dengannya bisa memengaruhi kondisi dan kesehatannya, termasuk seprai, yang menempel pada tubuh dan kulit wajah setiap malam. 

Pemilik kulit sensitif yang terlalu banyak mendapat gesekan dari seprai tentu berpeluang tinggi iritasi pada kulit. Begitu juga ketika kamu memilih seprai dengan bahan yang panas, kamu akan berkeringat sepanjang malam, yang memicu kelembapan, sehingga menimbulkan minyak, kotoran, dan bakteri menumpuk di seprai kamu.

Kebisaan sebelum tidur yang dapat membantu menurunkan berat badan/ Foto: Freepik.comIlustrasi seprai. (Foto: Freepik.com)/ Foto: Budi Rahmah Panjaitan

Mengingat pentingnya kesehatan kulit, maka penting pula untuk kamu memilih kain seprai yang tepat untuk kulitmu. Yasss! Setiap kain dirancang untuk kebutuhan kulit tertentu, dan setiap kulit membutuhkan treatment khusus untuk merawatnya, termasuk kain seprai yang tepat. Dihimpun dari Well and Good, berikut tipsnya.

Seprai untuk Kulit Kering dan Anti-aging

Joshua Zeichner, MD, MD, dokter kulit bersertifikat yang berbasis di New York City, mengatakan jika kamu memiliki concern pada penuaan dini, kamu bisa memilih seprai berbahan sutra yang terkenal dengan kelembutannya. Semakin lembut kain, semakin sedikit gesekan antara kulitmu dan bantal itu sendiri.

Tidur TengkurapIlustrasi seprai. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)/ Foto: Phanie Fauziah

Kendati demikian, bukan berarti sutra akan melindungimu dari kerutan dan kulit yang kering, tetapi kelembutan alami dari kain sutra membantu menahan gesekan dan iritasi. Tertarik untuk mencobanya?

Seprai untuk Kulit Berjerawat

Buat kamu yang memiliki kulit berjerawat, Zeichner menyarankan untuk memilih bahan dengan anti-mikroba, seperti silver-lining yang membantu melindungi dari bakteri, jamur, dan mikroba lainnya.

Lemak perut akan berkurang jika tidur telentangIlustrasi seprai. (Foto: Freepik/ Lookstudio)/ Foto: Raudiya Nurfadilah H

Selain itu, menggunakan seprai yang tahan terhadap benzoil peroksida, sejenis antiseptik yang membunuh bakteri penyebab jerawat, mampu mengoptimalkan kesehatan kulit kamu saat tidur.

Seprai untuk Kulit Sensitif

Pemilik kulit sensitif, terutama dengan eksim, disarankan oleh Zeichner untuk menghindari seprai dengan bahan nilon atau poliester, karena dapat menyebabkan trauma mikroskopis pada lapisan luar kulit, yang menyebabkan peradangan.

Tidur Telungkup bisa mengurangi lemak perutIlustrasi seprai. (Foto: Freepik/ Pressfoto)/ Foto: Raudiya Nurfadilah H

"Jika kamu memiliki kulit sensitif atau kondisi seperti eksim, dan kamu ingin mencari bahan yang paling lembut, saya biasanya merekomendasikan katun atau flanel dengan jumlah benang yang tinggi," jelas Zeichner, dikutip dari Well and Good.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id