sign up SIGN UP

SKINCARE

Obat Serba Guna, Benarkah Aspirin Bisa Menghilangkan Jerawat?

Friska NR | Jumat, 11 Sep 2020 20:30 WIB
Obat Serba Guna, Benarkah Aspirin Bisa Menghilangkan Jerawat?
caption

Jerawat merupakan masalah kulit yang kerap mengganggu penampilan. Oleh karena itu, banyak orang yang rela mencoba berbagai macam cara untuk bisa mengobatinya, salah satunya dengan menggunakan aspirin.

Selama ini kita mengenal aspirin sebagai obat penurun demam dan pereda nyeri untuk sakit kepala maupun nyeri pada tubuh. Namun di samping itu, obat multifungsi ini juga disebut-sebut dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat lho, Ladies. Benarkah demikian?

Aspirin untuk Hilangkan Jerawat

Benarkah aspirin dapat dimanfaatkan untuk mengobagi jerawat?
Aspirin untuk menghilangkan jerawat/Foto: freepik.com

Aspirin memiliki kandungan acetylsalicylic acid yang dapat mengatasi rasa nyeri dan berfungsi sebagai zat anti-inflamasi untuk membantu meredakan peradangan. Kandungan ini memiliki fungsi yang mirip dengan salicylic acid yang sering dimanfaatkan dalam obat-obat jerawat.


Beberapa fungsi acetylsalicylic acid diantaranya dapat membantu menghilangkan kemerahan pada jerawat akibat peradangan, meningkatkan produksi kolagen yang berguna untuk memudarkan noda bekas jerawat serta dapat mengontrol minyak berlebih di wajah.

Bagaimana Cara Menggunakan Aspirin untuk Jerawat?

Benarkah aspirin dapat dimanfaatkan untuk mengobagi jerawat?
Cara menggunakan aspirin untuk jerawat/Foto: freepik.com

Meski merupakan obat dalam, cara menggunakan aspirin untuk mengobati jerawat bukanlah dengan cara diminum, Ladies. Obat ini bekerja dengan diaplikasikan langsung pada jerawat dalam bentuk masker wajah.

Bagaimana cara membuatnya? 

  1. Tumbuk 3 - 5 butir tablet aspirin hingga halus.
  2. Campurkan bubuk aspirin dengan 1 sdm air hangat, kemudian aduk hingga membentuk pasta.
  3. Aplikasikan secara tipis-tipis pada seluruh wajah yang telah dibersihkan atau pada bagian yang sedang berjerawat saja.
  4. Tunggu 10 – 15 menit sampai masker kering.
  5. Bilas dengan air bersih.

Untuk hasil lebih maksimal, kamu juga dapat mencampurkan masker aspirin dengan madu murni, sebab madu memiliki zat anti-bacterial yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat sekaligus membantu memudarkan noda jerawat.

Efek Samping

Benarkah aspirin dapat dimanfaatkan untuk mengobagi jerawat?
Efek samping aspirin untuk mengobati jerawat/Foto: freepik.com

Penggunaan aspirin sebagai masker jerawat sebenarnya aman dilakukan asal tidak melebihi dosis, yaitu tidak lebih dari satu kali pemakaian sehari.

Namun, masker ini juga dapat membuat kulit terasa lebih kering setelah pemakaian. Untuk itu, pastikan kamu mengaplikasikan pelembab setelah pemakaian agar kulit tetap terhidrasi. Pastikan juga kamu menggunakannya di malam hari karena masker ini dapat membuat wajah jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. 

Namun kembali lagi ke kulit wajah masing-masing ya. Jangan sembarang menggunakan, apalagi untuk kulit berjerawat.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id