sign up SIGN UP

SKINCARE

Pakai Masker Tanpa Takut Maskne, Terapkan Tips Ini Aja!

Dyah Na | Selasa, 04 Aug 2020 20:00 WIB
Pakai Masker Tanpa Takut Maskne, Terapkan Tips Ini Aja!
caption
Jakarta -

Pernah dengar maskne? Maskne adalah singkatan dari mask acne, atau berarti jerawat yang disebabkan karena penggunaan masker dalam jangka waktu yang panjang. Pada masa pandemi ini, masker memang menjadi benda yang wajib kita pakai saat ke luar rumah. Akibatnya, penggunaan masker dalam jangka panjang pun berpengaruh pada kondisi kulit wajah kita. Kemunculan maskne adalah hal yang wajar terjadi pada masa sekarang ini. Meski begitu, kamu tetap bisa mencegah maskne agar tak muncul di wajah kamu.


Tetap Gunakan Skincare 

Urutan skincare yang tepat dapat membuat wajahmu glwoingTetap Gunakan Skincare / Foto: Freepik.com

Untuk mencegah maskne, kamu tentunya harus tetap rajin menggunakan skincare. Beberapa orang mungkin malas menggunakan skincare saat harus menggunakan masker karena wajah akan lebih mudah berkeringat. Namun, penggunaan skincare bisa memperkuat skin barrier kamu sehingga terhindar dari maskne. Untuk mengakalinya, sebaiknya gunakan skincare setidaknya 15-30 menit sebelum kamu memasang masker. Dengan begitu, skincare sudah terserap ke dalam kulit dan tidak akan meninggalkan sensasi lengket di kulit.


Langsung Bersihkan Wajah

Beragam Pembersih Wajah yang Perlu Kamu Tahu, Sesuaikan dengan Jenis Kulit Kamu ya!Langsung Bersihkan Wajah/Freepik.com

Menjaga kebersihan wajah juga sangat diperlukan untuk mencegah maskne. Setelah beraktivitas dengan masker seharian, segera bersihkan wajah dengan metode double cleansing. Cara ini bisa membantu membersihkan semua kotoran, minyak, dan kotoran yang menempel pada kulit sehingga tidak menimbulkan maskne.


Kurangi Penggunaan Makeup

Rekomendasi Powder Brush yang Terjangkau/Powder Brush Multifungsi/Freepik.comKurangi Penggunaan Makeup/Freepik.com

Berbeda dengan skincare yang sebaiknya tetap kamu gunakan secara lengkap, kamu lebih baik mengurangi penggunaan makeup. Makeup terlalu tebal yang tertutup masker akan membuat minyak dan keringat lebih mudah mengendap ke dalam pori-pori. Akibatnya, pori-pori akan tersumbat dan menyebabkan maskne. Karena itu saat menggunakan masker, lebih baik kamu mengurangi penggunaan makeup, Ladies. Apalagi, makeup kamu pun tak akan terlihat karena tertutup masker. 


Rutin Mengganti Masker

Tips mix and match hijab x masker/Foto: instagram.com/vivizubedidailyRutin Mengganti Masker/Foto: instagram.com/vivizubedidaily

Masker kain sebaiknya diganti setiap 4 jam sekali. Selain untuk mencegah kontaminasi virus, masker yang rutin diganti juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Bayangkan saja Ladies, masker kain akan menempel langsung ke kulit wajah kamu. Jika tidak rutin diganti, maka semua kotoran akan menempel di kulit dan menyebabkan beragam gangguan kulit seperti maskne.


Penyucian Masker yang Benar

Cara Mencuci Masker Kain Agar Bersih dan Terhindar BakteriPenyucian Masker yang Benar/Freepik.com

Selain harus sering diganti, kamu juga perlu memastikan penyucian masker dilakukan dengan benar. Cara untuk mencuci masker yang benar adalah dengan direndam menggunakan detergen terlebih dahulu. Setelah itu, kucek bagian depan dan belakang masker hingga bersih. Setelahnya, bilas dengan air mengalir hingga seluruh busa hilang. Sebaiknya, kamu tak perlu menambahkan pelembut ataupun pewangi pakaian pada masker, Ladies. Karena pelembut dan pewangi pakaian bisa menyebabkan iritasi pada kulit wajah kamu, terutama untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id