sign up SIGN UP

SKINCARE

Panduan Pemula: Bahaya Penggunaan Masker Wajah Setiap Hari, Hati-hati Ladies!

Resti Agustiani | Senin, 19 Aug 2019 13:30 WIB
Panduan Pemula: Bahaya Penggunaan Masker Wajah Setiap Hari, Hati-hati Ladies!
caption
Memakai masker merupakan salah satu bentuk perhatian kepada kulit wajah. Masker memiliki banyak manfaat, seperti membersihkan kulit secara mendalam, menghidrasinya serta relaksasi agar tetap sehat. Tapi tahukah kamu bahwa masker wajah juga memiliki beberapa efek jika digunakan setiap hari?

Menyebabkan Iritasi


Sebagai bentuk perawatan wajah, masker dibuat dengan kandungan tertentu yang memiliki fungsi khusus bagi kecantikan. Kebanyakan masker mengandung zat kimia, baik itu ringan maupun berat, yang akan berefek buruk jika digunakan setiap hari. Kandungan bahan kimia dalam kadar rendah dan intensitas yang tepat akan menjadi obat bagi masalah kulitmu. Namun jika terus-menerus dipaparkan ke dalam kulit, jangan heran bila akan terjadi iritasi di kemudian hari.


Foto: https://perfectbeauty.id/

Memicu Timbulnya Jerawat


Jerawat bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya penyumbatan pori. Ketika kamu memakai masker setiap hari, ada kemungkinan terjadi penumpukan sisa-sisa masker. Belum lagi jika masker tidak dibersihkan secara sempurna setelah menggunakannya. Zat sisa tersebut akan menyumbat pori, mengganggu sirkulasi udara di kulit wajah dan akhirnya memicu timbulnya jerawat.


Foto: https://cdn.cdnparenting.com/articles/2018/06/475453180-H.jpg

Menghilangkan Kelembapan Kulit


Salah satu efek dirasakan setelah menggunakan masker adalah kulit wajah yang lebih kencang serta terasa bersih dan ringan. Bagi wanita dengan kulit berminyak, rasanya minyak akan sangat berkurang setelah memakai masker, karena telah terserap sempurna. Meskipun awalnya nyaman, namun efek ini bukan efek baik, lho, Ladies. Jika terus-menerus digunakan, masker akan menyerap minyak dan kelembaban kulit secara berlebihan. Alhasil, kulitmu akan kehilangan kelembapannya dan menimbulkan efek buruk lainnya.



Foto: https://2ih05e2qd64c2o7jyamsccd1-wpengine.netdna-ssl.com/wp-content/uploads/2018/08/dry-skin-1080x675.jpeg

Menyebabkan Penuaan Dini


Penuaan dini merupakan efek lanjutan yang terjadi ketika kulit wajahmu telah kehilangan kelembampannya. Kulit yang tidak terhidrasi dengan baik akan menjadi kering dan kaku sehingga mudah berkerut. Selain itu, pertahanan kulit juga menjadi lemah dan mudah rusak karena faktor dari luar, seperti paparan sinar matahari. Jika tetap dibiarkan, bisa-bisa muncul keriput sebelum waktunya, nih.


Foto: https://www.kanal247.com/images/media/photo/2018/09/17/0020291.jpg

Tidak Terkontrolnya Kadar Minyak di Wajah


Efek buruk selanjutnya masih berhubungan dengan kelembapan kulit, yaitu tidak terkontrolnya kadar minyak di wajah. Ketika wajah tidak terhidrasi dan menjadi kering, tipe kulit yang berminyak secara otomatis akan berusaha memproduksi lebih banyak cairan. Kebutuhan cairan menjadi tidak seimbang sehingga menyebabkan produksi minyak di wajah tidak terkontrol.


Foto: https://www.elemis.com/us/wp/wp-content/uploads/sites/6/2017/08/header-oily-skin.jpg

Kulit Menjadi Sensitif


Ladies, kulit memiliki beberapa lapisan yang berfungsi sebagai pelindung dari bahaya luar. Kulit yang setiap hari dipakaikan masker berresiko mengalami penipisan yang dapat meruntuhkan lapisan-lapisan pelindung. Penipisan ini tentunya akan membuat kulit lebih mudah rusak dan menyebabkan permasalahan lainnya seperti beruntusan, kemerahan atau bahkan mengelupas. Duh, enggak mau, kan?


Foto: https://cetaphil.co.id/wp-content/uploads/2018/04/2.A.png
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id