sign up SIGN UP

SKINCARE

Panduan Pemula: Jangan Salah, Ini Perbedaan Serum dan Ampoule!

Adinda Tami | Jumat, 04 Sep 2020 15:00 WIB
Panduan Pemula: Jangan Salah, Ini Perbedaan Serum dan Ampoule!
caption

Selain basic skincare, kamu bisa menambahkan produk lain seperti serum dan ampoule untuk mendapatkan hasil maksimal dalam rutinitas perawatan kulit kamu. Namun, apakah kamu tahu perbedaan keduanya? Simak yuk biar nggak bingung lagi. 

Perbedaan Serum dan Ampoule

Perbedaan serum dan ampul
Sumber gambar https://www.instagram.com/cosrx_indonesia

Ampoule adalah serum yang terkonsentrat sehingga ampoule mampu menangani masalah kulit lebih cepat. Tak heran jika ampoule banyak dijadikan andalan oleh perempuan Korea saat mereka harus tampil prima di hari-hari penting namun keadaan kulit sedang bermasalah.

Cara kerja ampoule yaitu meningkatkan kolagen serta kelembapan kulit. Mengingat kandungan ampoule lebih terkonsentrat, maka tak perlu menggunakannya setiap hari dalam jangka waktu lama.


Selain itu, ampoule biasanya hanya terdiri dari satu bahan aktif dalam konsentrasi tinggi yang menargetkan satu masalah kulit. Sedangkan serum memiliki kandungan yang beragam sehingga dapat mengatasi berbagai masalah kulit.

Tekstur

Perbedaan ampul dan serum
Sumber gambar https://www.instagram.com/somethincofficial

Tekstur ampoule biasanya ringan dan licin. Ampoule lebih mudah diserap kulit dibanding serum karena tekstur ringan yang dimilikinya sehingga produk kecantikan ini digunakan sebelum step serum.  Sementara serum biasanya bertekstur gel tebal dan ringan. Serum berbahan dasar air atau minyak dan memiliki partikel kecil sehingga membuatnya mudah terserap kulit.

Kamu bisa menggunakan ampoule dan serum secara bersamaan atau hanya cukup menggunakan serum saja.

Langkah Perawatan Kulit agar Kandungan Skincare Terserap Optimal 

Perbedaan serum dan ampul
Sumber gambar https://www.freepik.com

Dalam melakukan perawatan kulit agar kandungan skincare dapat bekerja optimal, kamu harus memperhatikan beberapa hal seperti, memastikan kulitmu dalam keadaan bersih sebelum mengaplikasikan produk skincare, terjaga kelembapannya sehingga kandungan bahan aktif yang dimiliki produk skincare dapat bekerja optimal, beri perlindungan terhadap sinar UV dan jangan lupa untuk selalu membersihkan kulit secara tuntas sebelum tidur.

Tahap Perawatan Kulit Menggunakan Serum dan ampoule

Perbedaan serum dan ampul
Sumber gambar https://www.freepik.com

Seperti yang telah disinggung di atas, pastikan kulitmu dalam keadaan bersih sebelum menggunakan produk skincare. Cuci dengan produk pencuci muka yang memiliki formula ringan. Salah satu tanda produk pencuci muka yang kamu gunakan  memiliki formula ringan adalah tidak menimbulkan kesan 'ketarik' setelah penggunaanya.

Kesan seperti 'ketarik' timbul karena minyak alami kulit hilang saat proses mencuci kulit sehingga kulit menjadi kering. Namun yang terpentin selalu perhatikan kondisi kulit ya. Kamu bisa membersihkan wajah setelah bangun tidur hanya dengan air biasa tanpa bantuan sabun lho jika kulitmu dirasa tidak membutuhkan sabun. 

Lanjutkan dengan langkah skincare basic selanjutnya yaitu toning. Baru deh kamu gunakan ampoule kemudian dilanjutkan tahap mengaplikasikan serum. Jangan lupa tutup dengan pelembap dan lindungi kulit dari paparan sinar UV dengan bantuan sunscreen.

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id