sign up SIGN UP

SKINCARE

Panduan Pemula: Sama-Sama Melembapkan, Apa Bedanya Moisturizer dan Hydrating?

Tria Oktyana | Sabtu, 14 Sep 2019 09:00 WIB
Panduan Pemula: Sama-Sama Melembapkan, Apa Bedanya Moisturizer dan Hydrating?
caption
Banyak yang masih bingung antara moisturizer dan hydrating. Sama-sama dapat melembapkan kulit, apa sih perbedaan dari kedua skincare ini?

Beautynesian, pastinya kamu udah enggak asing saat mendengarkan kata pelembap wajah. Tapi masih banyak juga orang yang menyimpulkan bahwa pelembab wajah sama dengan moisturizer. Tidak salah memang tapi pelembap wajah itu sendiri punya defisini yang lebih general. Jadi saat kita menyebutkan pelembap wajah itu tidak hanya merujuk pada moisturizer tetapi juga bisa berarti hydrating


Jadi Siapakah Pelembap Wajah?


Moisturizer dan hydrating sama-sama memiliki manfaat membuat kulit lembap, tetapi keduannya memiliki cara yang berbeda. Moisturizer adalah pelembap kulit yang membuat kulit lembap dengan cara mengunci cairan dalam tubuh. Jadi moisturizer tidak memberikan kelembapan tambahan, tetapi hanya menjaga kelembapan alami kulit kita.
 


Foto: https://id.pinterest.com/prettyasapeonyb/

Hal ini berbeda dengan hydrating yang melembabkan kulit dengan cara memberikan kelembapan tambahan dari kandungannya. Gimana udah ada gambaran tentang apa itu moisturizer dan hydrating


Kandungan Moisturizer dan Hydrating


Perbedaan lain dari moisturizer dan hydrating juga ada pada kandungannya. Jika caranya berbeda pasti juga kandungannya berbeda. Kandungan yang biasanya ada dalam moisturizer adalah petroleum jelly, mineral oil, beeswax, olive oil, silicones, lanolin, dan zinx oxide.

Kandungan dalam moisturizer ini akan memblok kelembapan alami dalam kulit kita agar kulit kita tetap lembap dan tidak kering. Tapi tidak semua moisturizer menggunakan semua kandungan ini, karena ada beberapa kandungan yang tidak baik untuk kesehatan kulit seperti mineral oil


Foto: https://id.pinterest.com/terrymkim/

Untuk hydrating yang dapat memberikan kelembapan dari luar biasannya mengandung glycerin, hyularonic acid, tremella mushroom, sugars, honey, collagen, amino acid, AHA's, Urea, dan PCA. Kandungan dalam hydrating ini akan memberikan kelembapan tambahan pada kulit sehingga kulit keringpun akan berubah menjadi lembap.


Pelembap Mana yang Kita Butuhkan?


Pertanyaan yang paling penting saat kita memilih kedua pelembap ini adalah kebutuhan. Mana yang paling tepat untuk kita gunakan. Apabila kita membutuhkan moisturizer adalah saat kita merasa kulit membutuhkan penjagaan untuk tetap lembap. Moisturizer ini hanya menjadi pencegah ataupun merawat kulit agar tetap lembap, jadi kurang cocok untuk yang memiliki permasalahan kulit kering. Untuk itu menggunakan moisturizer menjadi skincare routine yang selalu kita lakukan setiap hari. 
 


Foto: https://id.pinterest.com/sushikk8731/

Berbeda dengan hydrating, pelembap ini memberikan efek tambahan kelembapan sehingga kita membutuhkannya saat kulit kita sangat kering ataupun berminyak. Hydrating tidak hanya dapat memberikan kelembapan tambahan saat kulit kering tapi juga dapat memberikan tambahan air pada kulit agar produksi minyak dapat berkurang.

Jadi saat memilih moisturizer yang bagus ataupun hydrating kita dapat memilih berdasarkan manfaat yang kita perlukan. Apabila kulit kamu masih kenyal dan lembut, cukup menggunakan moisturizer yang tepat. Berbeda saat kamu memutuhkan pelembab wajah saat kulit kamu kering, pecah-pecah ataupun mengelupas. Jangan sampai salah pilih, untuk mendapatkan manfaat yang tepat.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id