sign up SIGN UP

SKINCARE

Penyebab Alergi Pada Kulit (Bagian 2)

Ika Dyah | Rabu, 19 Aug 2015 05:00 WIB
Penyebab Alergi Pada Kulit (Bagian 2)
caption
Apakah Minasan sering bersin ketika mencium wewangian bunga atau merasa gatal saat memakai perhiasan logam selain emas? Itu adalah gejala-gejala dari alergi pada kulit. Alergi adalah salah satu masalah pada kulit yang banyak dijumpai. Gatal-gatal, ruam atau sesak napas adalah gejala-gejala yang ditimbulkan ketika Minasan mengalami alergi. Alergi pada kulit ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Jika Minasan mengetahui apa saja penyebab alergi terutama alergi yang dialami, maka Minasan bisa mencegah terjadinya alergi. Nah, kira-kira apa saja penyebab alergi pada kulit? Simak ulasan berikut ini, ya, Minasan. Bagian 2.

6. Obat


Hal yang paling mengkhawatirkan adalah ketika seseorang alergi pada obat-obatan tertentu. Apalagi jika tidak diketahui riwayat kesehatan di tempat perawatan yang baru ketika Minasan sakit. Obat juga menjadi salah satu penyebab alergi yang berbahaya. Beberapa antibiotik ditengarai dapat menyebabkan alergi pada kulit. Gejalanya yaitu gangguan pernapasan seperti asma dan alergi rinitis (bersin dan pilek terutama sering terjadi di pagi hari) serta alergi yang timbul pada kulit. Alergi obat tidak bisa dianggap sepele, karena jika terlambat penanganannya akan berakibat fatal dan berujung pada kematian.
Foto: https://health.detik.com/read/2012/09/05/073814/2008186/775/antibiotik-itu-jahat-nggak-sih
Reaksi alergi tidak hanya terjadi dalam jangka waktu pendek. Terkadang penderita bisa mengalaminya dalam jangka panjang. Alergi juga dapat berkembang menjadi penyakit lain. Contohnya alergi rinitis, selain bersin dan pilek dapat juga berbentuk gatal, kemerahan, dan berair pada mata. Jika dibiarkan gangguan ini dapat berkembang menjadi sinusitis.https://www.pesona.co.id/sehat/kesehatan/kenali.penyebab.alergi/002/002/12

7. Serbuk Sari Bunga


Alergi pada serbuk bunga juga bisa, lho. Jika Minasan memiliki alergi serbuk bunga dalam skala ringan mungkin akan mengalami bersin atau gatal-gatal. Sedangkan untuk tingkat yang lebih parah, Minasan akan mengalami sesak napas. Untuk mengantisipasinya, Minasan bisa menggunakan masker untuk meminimalisasi terjadinya alergi. Jadi Minasan tidak perlu khawatir lagi saat dekat-dekat dengan bunga-bunga yang cantik, ya!

8. Kosmetik


Kosmetik biasanya memiliki kandungan bahan kimia di dalamnya yang juga bisa menjadi pemicu alergi. Gatal-gatal dan ruam akan muncul jika Minasan alergi pada kosmetik tertentu. Hendaknya sebelum membeli kosmetik, Minasan meneliti dahulu kandungan di dalam kosmetik tersebut. Apabila ada kandungan dalam kosmetik yang memang akan menimbulkan alergi pada kulit Minasan, jangan pernah coba-coba untuk memakainya. Bukan cantik yang Minasan dapatkan, namun justru masalah kulit yang serius. Untuk mengetahui apakah suatu kosmetik dapat menimbulkan alergi pada kulit Minasan, bisa mencoba mengoleskan di daerah belakang telinga. Jika terjadi gatal atau ruam artinya Minasan alergi pada kosmetik tersebut.
Foto: https://infosehattt.blogspot.com/2012/06/hati-hatilah-di-balik-kosmetik.html

9. Perhiasan


Perhiasan juga terbuat dari logam dan ada beberapa orang yang memiliki alergi pada logam-logam tertentu. Mungkin ada orang-orang di sekitar Minasan yang tidak bisa menggunakan perhiasan selain yang terbuat dari emas karena dapat menimbulkan gatal-gatal. Jadi, jika Minasan memiliki alergi terhadap logam tertentu hindarilah memakainya terlebih dalam jangka waktu yang lama.

10. Parfum


Minasan sering menggunakan parfum untuk meningkatkan kepercayaan diri? Parfum memang mengandung wewangian yang khas, akan tetapi parfum juga bisa menjadi pemicu alergi. Bisa karena aromanya atau kandungan yang ada di dalamnya. Apabila Minasan ingin membeli parfum mungkin bisa mencoba mengoleskan sedikit di belakang telinga untuk dicoba dan menunggu reaksinya. Jika muncul ruam atau terjadi gatal, jangan dibeli.
Foto: https://emvulufmparfum.blogspot.com/2013/10/hati-hati-dengan-parfum-palsutidak-jelas.html
Parfum tertentu yang mengandung zat balsam peru (Myroxylon pereirae) mampu memicu adanya alergi. Bahan ini ada pada getah potoh. Menurut penelitian yang dilaksanakan di klinik Mayo, dari 1500 pasien, allergen getah pohon paling berpengaruh ini menduduki posisi nomor 3.https://halosehat.com/penyakit/alergi/penyebab-alergi-kulit
Nah, cukup bermanfaat bukan? Apabila Minasan ingin mengetahui lebih lanjut alergi apa saja yang kemungkinan diderita Jika Minasan ingin mengetahui lebih lanjut kemungkinan alergi yang diderita, bisa dites di klinik yang melayani tes alergi. Jika masih ragu lebih baik melakukan tes alergi, ya, Minasan.
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id